Inilah Segudang Fitur Yang Dimiliki Chipset Huawei Hisilicon Kirin 970

Detekno.com – Vendor China Huawei akan menggelar sebuah acara besar pada tanggal 16 Oktober. Acara tersebut akan memperkenalkan Huawei Mate 10, yang tidak lain adalah smartphone flagship unggulannya untuk menantang Samsung Galaxy Note 8 dan Galaxy S8 Plus. Selain itu Huawei juga akan mengumumkan sebuah chipset terbaru mereka yang diberi nama Huawei Hisilicon Kirin 970. Yang mana chipset tersebut akan digunakan oleh Huawei Mate 10.

Yang menjadi pertanyaan sekarang, apa saja fitur yang dimiliki oleh Huawei Hisilicon Kirin 970 ? mampukah ia disamakan dengan chipset kelas tertinggi dari Qualcomm yakni Snapdragon 830. Fitur utama dari Kirin 970 ini terletak dibagian prosesornya yang sudah memiliki sebuah unit pengolahan Articial Intelligence yang sudah terintegrasi. Fitur ini pun sudah dibicarakan oleh Yu Chengdong selaku Eksekutif Huawei.

Inilah Segudang Fitur Yang Dimiliki Chipset Huawei Hisilicon Kirin 970

Inilah Segudang Fitur Yang Dimiliki Chipset Huawei Hisilicon Kirin 970

Dilansir dari halaman Gizmochina, He Gang yang merupakan presiden Huawei pada divisi Smartphone mengatakan di halaman resmi Weibonya bahwa AI Mobile Huawei akan baru diluncurkan pada IFA Berlin 2017 mendatang. Pasalnya unit pemrosesan AI sudah terintegrasi dengan chip utamanya. Kemungkinan besar pula, Kirin 960 ini dibuat pada proses 10nm TSMC delapan inti yang terdiri dari 4x inti Cortex A73 dan 4x Inti Cortex A53 yang dapat mencapai kecepatan hingga 2,8 Ghz.

Selain itu chipset teranyar Huawei ini juga akan mempunyai GPU Mali G72 dan sudah mendukung LTE Cat 12. Tidak hanya itu saja, Kirin 960 juga mendukung dual kamera. Menariknya lagi, chip Huawei ini dirumorkan akan menjadi chip LTE Pre-5G atau 4.5 G. Jika ini benar maka bisa dipastikan chipset ini akan diburu oleh banyak vendor smartphone diseluruh Dunia. Karena fitur yang dimilikinya itu belum pernah ada pada chip sebelumnya yang sudah beredar dipasaran.

Lalu layakkah Huawei Hisilicon Kirin 930 menjadi pesaing kuat Snapdragon 835 ?. Tentunya dengan fitur dan hardware yang dimilikinya. Kirin 930 sangat layak menjadi penantang Snapdragon 835. Pangsa pasar yang ditujunya juga sama yakni mengarah ke smartphone flagship. Hal ini tentu menjadi kabar baik buat kita semua selaku konsumen yang membutuhkan opsi chipset lainnya.