Inilah Asus VR, Perangkat Virtual Reality Terbaru

Detekno.com – Asus tak hanya merilis Zenfone 3, namun mereka juga memperkenalkan Asus VR yang notabennya merupakan perangkat Virtual Reality. Asus VR dipersiapkan untuk mendampingi Zenfone 3 dalam mengeksekusi konten virtual reality, seperti game VR, video 360, hingga film berbasis 3D. Perangkat ini akan memberikan pengalaman multimedia secara maksimal bagi pengguna Zenfone 3, namun kemungkinan Asus akan memasarkannya secara terpisah, dan harganya tidak akan berbeda jauh dari Samsung Gear VR.

Asus VR Device

Asus VR Device | Foto : engadget.com

Perangkat Virtual Reality semakin populer dengan hadirnya Samsung Gear VR yang mengoptimalkan pengalaman menikmati konten multimedia berbasis virtual reality dengan tambahan touchpad dan user interface lebih baik. Fungsionalitasnya memang sama dengan Google Carboard, namun Samsung Gear VR dioptimalkan dengan berbagai konten yang bisa diunduh secara langsung melalau perangkat tersebut. Hal yang sama kemungkinan juga dilakukan Asus, sehingga Asus VR mampu menyaingi Gear VR.

Untuk saat ini, belum ada informasi resmi mengenai spesifikasi Asus VR. Namun yang pasti, Asus VR memiliki desain lebih elegan, karena memiliki strap berbahan kulit yang terlihat seperti strap milik Asus ZenWatch. Selain itu, pada bagian samping juga disediakan touchpad dan beberapa tombol pengaturan di sisi samping. Dikutip dari engadget.com, Asus VR kabarnya akan mendukung platform Google Daydream yang diracang secara khusus untuk perangkat virtual reality.

Hadirnya perangkat ini menjadi kabar gembira bagi pengguna smartphone Asus, karena mereka semakin mudah menikmati konten virtual reality dengan kualitas lebih baik dibandingkan memakai Google Cardboards. Sayangnya belum diketahui kapan perangkat ini akan mulai dipasarkan, dan sampai saat ini belum ada informasi lebih lanjut mengenai fitur-fitur, spesifikasi dan harga Asus VR secara lengkap.Asus Virtual Realty Asus VR,

Setiap vendor smartphone sedang berusaha mati-matian untuk mengembangkan perangkat virtual reality terbaiknya. Setelah Samsung Gear VR dan Asus VR, sebelumnya Lenovo dan ZTE juga merilis perangkat serupa, dan kabarnya OnePlus akan ikut merilis perangkat Virtual Reality bebarengan dengan perilis OnePlus 3. Kemunkinan semua vendor smartphone akan memiliki perangkat serupa, karena semakin banyak konten virtual reality yang bisa dinimati pengguna smartphone Android.


Advertisement