Ini Dia Kirin 970 Chipset Artificial Intelligence Pertama Di Dunia

Detekno.com – Industri Chipset untuk smartphone memang ketat karena hanya beberapa vendor saja yang memproduksinya. Salah satu yang dapat bertahan hingga saat ini adalah Kirin yang memang diproduksi secara masa oleh vendor asal Taiwan yaitu Huawei. Seri chipset kirin terbaru kabarnya akan terungkap pada bulan September mendatang. Tentunya chipset Kirin 970 ini akan mendampingi seri flagship Huawei terbaru yaitu Huawei Mate 10. Informasi terbaru dari Taiwan menyatakan bahwa produksi masal seri chipset Kirin 970 sudah dimulai secara masal.

Kirin 970

Kirin 970

Rumor yang beredar Huawei Mate 10 akan dirilis pada bulan Oktober yang dibekali dengan layar lebar, dual kamera dan tentunya performa powerfull dari chipset Kirin 970. Meskipun peluncuran smartphone flagship Huawei ini masih lama, laporan dari retail Website Day Cat menyatakan bahwa banyak orang yang mencari kabar terbaru seputar Huawei Mate 10. Hal ini menandakan bahwa banyak konsumen yang tertarik untuk mengetahui seri flagship terbaru dari Huawei bahkan ketika belum dirilis.

Jika kita ingat kembali, rumor terdahulu menjelaskan bahwa Kirin 970 akan menggunakan processor octa-core. Susunan nya adalah 4 buah ARM Cortex-A73 cores dan 4 buah ARM Cortex-A53 cores yang mampu menghasilkan performa responsif. Selain itu ada yang mengatakan bahwa chipset ini akan dibekali performa lebih tinggi dengan Cortex-A75 cores yang tentunya memiliki performa lebih mantap lagi. Generasi chipset flagship terbaru ini kabarnya akan memiliki maximum clock speed diantara 2.8GHz – 3.0GHz sehingga dinilai memang mampu bersaing dengan beberapa seri smartphone flagship masa kini.

Dengan clockspeed tinggi secara otomatis berbagai aktivitas termasuk gaming kelas berat dapat ditangani dengan lancar. Huawei mengklaim bawah Kirin 970 adalah chipset Artificial Intelligence pertama di dunia yang mampu mempelajari lebih detail kebiasaan pengguna nya. Keunggulan lain dari chipset ini adalah support jaringan LTE Cat. 12 sehingga akses mobile data lebih cepat. Disamping itu Kirin 970 akan  menjadi chipset Huawei pertama yang menggunakan 10nm process. Selain Huawei Mate 10, chipset ini kemungkinan besar akan kita jumpai pada seri smartphone flagship Huawei di tahun depan.


Advertisement