Ini Dia Harga Tablet Jolla Dengan OS Sailfish 2.0

Detekno.com – Tablet Jolla akhirnya siap dipasarkan melalui sistem pre-order pada situs resmi Jolla di alamat http://shop.jolla.com/. Tablet dengan sistem operasi Sailfish 2.0 ini mulai ditawarkan dengan harga €267.00 untuk varian 32 GB, dan €299.00 untuk versi 64 GB. Harganya memang cukup mahal, karena apabila kita rupiahkan maka harga termurha dari tablet ini adalah sebesar Rp. 4.1 Jutaan. Lalu sebenarnya apa yang menarik dari tablet berlayar 7.85 inci tersebut ?

Berekal sistem operasi Sailfish yang dioptimalkan untuk perangkat berlayar besar, tablet Jolla siap menawarkan kemudahan pengoperasian dengan antar muka berbasis gesture. Selain itu, tablet ini juga dibekali kemampuan untuk menjalankan aplikasi Android, seperti facebook, twitter, dan instagram, yang tersedia gratis pada Jolla Store, sehingga sobat deteknokers tak usah khawatir terhadap ekosistem aplikasi pada sistem operasi terbaru ini.

Tablet Jolla

Tablet Jolla

Kemudahan mulitasking menjadi andalan tablet Jolla untuk menarik minat konsumen yang selama ini memakai tablet berbasis sistem operasi Android. Kemudian untuk dapur pacunya, tablet Jolla mengandalkan prosesor 64-bit Intel Atom Z3735 yang memiliki clock speeed Quad Core 1.8 Ghz. Processor tersebut telah dikombinasikan dengan Ram 2GB dan memori internal berukuran 32 GB atau 64 GB yang bisa diperluas lewat slot microSD.

Menariknya, tablet ini memiliki layar IPS berukuran 7.85 inchi dengan resolusi 2048 x 1536 pixels yang membentuk kepadatan pixel sebesar 330 pixel setiap inchinya. Selain itu, layarnya juga mendukung 5 titik sentuhan dan teknolgi full lamination. Sementara untuk tampilan luar tablet Jolla, memiliki berat 385 gram dengan rasio body berdimensi (Panjang 203 mm, lebar, 137 mm, dan ketebalan 8.3 mm).

Sayangnya tablet ini belum dilengkapi konektivitas 4G LTE, dan hanya mengandalkan jaringan Wifi sebagai akses internetnya. Untungnya, suda disediakan Wifi berteknologi Dual Band, sehingga kebutuhan akan internet bisa terpenuhi secara cepat. Kemudian untuk konektivitas pendukungnya, sudah ada Bluetooth V3.0, dan GPS berteknologi A-GPS serta Glonass. Selanjutnya untuk daya tahan baterainya, mengandalkan baterai berdaya 3.8 volt atau setara 4.450 mAh.

Spesifikasi tablet Jolla diatas tergolong lumayan, untuk tablet berbanderol 4 Jutaan. Sayangnya untuk sektor fotografi, hanya disediakan kamera depan 2 Megapixel dan kamera belakang 5 Megapixel dengan fitur rekaman video Full HD 1080p. Jadi bisa dikatakan, kualitas kamera tablet Jolla masih kalah dibandingkan tablet Nokia N1 yang memiliki kamera  belakang 8 MP dan 5 MP pada sisi depan.

Nah sudah tahu kan apa saja kelebihan talbet ini, sayangnya Indonesia tidak termasuk negara yang bisa melakukan pre-order tablet berbasis sistem operasi Sailfish ini. Karena untuk sementara hanya keran pre-order hanya tersedia untuk negar seperti AS, Kanada, Uni Eropa, Norwegia, Swiss, Rusia, India, Australia, dan Hong Kong. Sementara waktu pengiriman tablet ini akan dilakukan pada akhir Oktober 2015


Advertisement