Ini Dia Fitur Android N Developer Preview


Detekno.com – Android N Developer Preview akhirnya resmi dirilis dan siap sobat deteknokers uji coba, namun untuk saat ini hanya di peruntungkan bagi pengguna Nexus 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9, dan Pixel C. Kehadiran penerus Android Marshmallow ini memang cukup mengejutkan, karena biasanya Google baru merilis sistem operasi Android terbaru setelah mengadakan acara Google I/O. Namun sepertinya tradisi tersebut telah berubah, dan kini kita sudah bisa mencicipi berbagai fitur terbaru pada OS Android N.

Sampai saat ini Google belum mengungkap nama resmi dari Android N, namun beragam fitur baru sudah tersedia pada sistem operasi Android ini, dan siap memaksimalkan kemampuan smartphone Android yang memakainya. Apabila melihat secara keseluruhan, fitur baru Android N akan terfocuskan pada kemampuan multitasking, peningkatan fungsionalitas notifikasi, serta peningkatan daya tahan baterai. Nah untuk melihat lebih jelasnya, mari kita bahas pada ulasan dibawah ini.

Fitur-Fitur Android N Developer Preview

Fitur Android N Developer Preview

Fitur Android N Developer Preview

1. Fitur Split-screen multitasking

Fitur baru Android N yang paling menarik adalah fitur Split-screen multitasking. Fitur ini memang bukan fitur baru, karena sebelumnya Samsung telah mengadopsinya pada jajaran smartphone flagship buatannya. Jadi bisa dikatakan Google telat dalam mengadopsi fitur yang bisa menampilkan dua aplikasi atau lebih pada satu layar secara bersamaan ini. Walaupun begitu, hadirnya fitur Split-screen multitasking akan menjembati semua smartphone yang mengadopsi Android N untuk bisa merasakan kemudahan multitasking dalam menjalankan banyak aplikasi.

2. Peningkatan Fitur Notifikasi Peningkatan Notifikasi

Selain menambahkan kemampuan multitasking, Google juga meningkatkan kemampuan notifikasi Android N. Dimana nantinya semua notifikasi baik itu chating, sms, dll, akan dibundle menjadi satu sehingga lebih simple dan terkesan lebih sederhana. Selain itu, pengguna Android N juga bisa langsung membalas notifikasi yang masuk, karena Google sudah menggunakan API (Applications Programming Interface) yang sebelumnya mereka adaptasikan pada Android Wear, sehingga tak perlu lagi masuk ke aplikasi untuk membuka pesan yang masuk.

3. Peningkatan Kemampuan Mode Doze and Project Svelte

Peningkatan Mode Doze

Fitur Doze yang sebelumnya telah tersedia pada sistem operasi Android Marshmallow juga ditingkatkan agar kemampuannya semakin maksimal. Fitur ini diberikan agar daya tahan baterai semakin awet, karena secara otomatis akan meningkatkan kemampuan menghemat baterai dengan melakukan pengaturan notifikasi ataupun aplikasi yang berjalan pada background proces saat layar dimatikan atau ketika standby. Tidak hanya itu saja, Google juga meningkatkan kemampuan Project Svelte yang berguna untuk mengurangi pemakaian memori Ram, sehingga Android N bisa bekerja secara maksimal dan lebih efisien dalam urusuan daya tahan baterai serta managemen memori Ram.

4. Mendukung Pemograman Java 8 language

Para developer aplikasi kini bisa mengembangkan aplikasi dengan dukungan bahasa pemrogaman Java 8 pada Android N. Hadirnya Java 8 sudah mendukung Android’s Jack compiler yang memiliki beragam fitur seperti default and static methods, streams, dan functional interfaces, sehingga para pengembang bisa lebih bebas berkreasi dalam menghasilkan aplikasi Android terbaik. Selain ke empat fitur Android N ini, tentunya Google akan terus meningkatkan kemampuan Android N sampai tahap final, jadi tak ada salahnya sobat mencobanya 😀

Informasi yang kami lansir dari gsmarena.com, Google menggunakan megaknisme beta tester bagi pengguna smartphone Nexus Google 6, Nexus 5X, Nexus 6P, Nexus Player, Nexus 9 dan tablet Pixel C. Namun terlebih dahulu penggunan perangkat nexus harus melakukan sign up ke akun Google agar mendapatkan pembaharuan sistem lewat update Over The Air (OTA). Bagaimana, apakah sobat deteknoker tertarik mencoba fitur Android N Developer Preview yang kami sampaikan diatas ?


Advertisement