Ini Dia Fitur Android M Pada Smartphone Samsung

Detekno.com – Kabar gembira bagi pengguna smartphone Samsung, pasalnya Samsung telah mengkonfirmasikan beberapa perangkat smartphone yang terlebih dahulu mendapatkan update sistem operasi Android M. Walaupun sejatinya Android M bukan nama resmi, namun sistem operasi Android tebaru ini telah resmi dirilis pada ajang Google I / O dua bulan yang lalu. Bahkan untuk pengguna Smartphone Google Nexus sudah bisa mencicipi Android M versi Developer Preview.

Yups, Google memang selalu menghadirkan sistem operasi Android terbaru setiap tahunnya, dan ditahun 2015 mereka merilis Android M untuk mengantikan posisi Android Lollipop. Ada beberapa pembaharuan fitur yang ditanamkan pada Android M, dan semua fitur tersebut siap diadapatasikan pada smartphone Samsung yang memakai antar muka TouchWiz. Sayangnya, baru sedikit smartphone Samsung yang siap mendapatkan update Android M, diantaranya sebagai berikut :

  • Samsung Galaxy S6
  • Samsung Galaxy S6 Duos
  • Samsung Galaxy S6 Edge
  • Samsung Galaxy Note 4
  • Samsung Galaxy Note 4 Duos
  • Samsung Galaxy Note Edge
  • Samsung Galaxy ALPHA
  • Samsung Galaxy Tab A

Bagi sobat deteknokers yang memakai smartphone Android Samsung dengan tahun produksi dibawah 2014, sobat harus bersabar karena kemungkinan baru ditahun 2016 akan mendapatkan update sistem operasi. Namun tak menutup kemungkinan, Samsung akan bekerja secara ekstra untuk memberikan pembaharuan kepada semua seri smartphone butannya agar bisa cepat mendapatkan update Android M. Lalu apa saja fitur-fitur terbaru pada Android M yang siap dimasukan kedalam smartphone Samsung ?, mari kita simak informasi selengkapnya, sesuai informasi yang lansir dari GSMarena.

Fitur Android M App Permissions

Fitur Android M “App Permissions”

1. App Permissions

Fitur Android M ini akan memberikan kemudahan pada sobat deteknokers untuk mengatur ijin aplikasi dalam membaca permissions seperti lokasi, gambar, kontan dan lain-lain. Sehingga sobat bisa lebih bebas mengatur setiap aplikasi, tanpa perlu takut aplikasi tersebut mengambil data-data penting yang sobat miliki. Sebagai contoh, apabila sobat tak ingin aplikasi WhatsApp mengakses lokasi, sobat tinggal mematikan fungsi lokasi pada apps permision list di Android M.

2. Track Memory

Fitur Android M Track Memori

Fitur Android M “Track Memory”

Android M memiliki fitur untuk melihat beberapa jumlah memori yang dipakai pada aplikasi yang sobat pakai. Walaupun fitur ini sudah ada pada sistem operasi sebelumnya, namun kini Android M memiliki tampilan memori tab baru yang memungkinan sobat untuk memonitor jumlah pemakaian memori aplikasi berdasarkan frekuensi seringnya aplikasi berjalan. Sehingga otomatis dengan hadirnya fitur terbaru ini, kebutuhan memori Ram akan tetap terjaga, dan tidak membuat smartphone mengalami lag.

3. Quick Finger Print Access

Fitur Android M Quick Finger Print

Fitur Android M “Quick Finger Print”

Android M sudah sepenuhnya mendukung fitur pemindai sidik jari (Finger Print). Apabila pada Android Lollipip fitur pemindai sidik jari hanya bisa dipakai untuk mengunci lock screen, namun sekarang sobat bisa memakainya sebagai otorisasi masuk ke Google Play Store. Hadirnya fitur ini, pastinya semakin menambah fungsionalitas sensor sidik jari pada smartphone Samsung yang mendukung sensor sidik jari, sehingga setiap data yang tersimpan akan semakin aman.

4. Auto Backup

Fitur Android M Auto Backup

Fitur Android M “Auto Backup”

Fitur Auto Backup akan otomatis menyimpan user data dan setting setiap aplikasi ataupun game ke Google Drive dengan kapasitas hingga 25 mb. Jadi sobat deteknokers tak perlu takut kehilangan settingan aplikasi atuapun game, ketiga berpindah smartphone. Cukup login akun Google, maka setiap settingan aplikasi yang sobat miliki akan terload secara otomatis. Fitur Android M tersebut tentu sangat bermanfaat, terutama bagi maniac game Android yang tak ingin kehilangan data game yang mereka mainkan.

5. Power Saving

Fitur Android M Power Saving

Fitur Android M “Power Saving”

Kebutuhan daya baterai akan semakin efesien setelah smartphone Samsung memakai Android M sebagai sistem operasinya. Pasalnya Android mampu mengurangi proses latar belakang aplikasi yang berjalan, sehingga meminimalisir konsumsi daya baterai agar smartphone semakin awet dan tahan lama. Fitur ini menjadi fitur Android M terpenting, karena semakin kesini semakin banyak aplikasi Android yang menuntut untuk terus aktif, terutama aplikasi social media dan chating.

Nah itulah 5 fitur penting yang akan diberikan Samsung pada smartphone buatannya. Semua fitur tersebut pastinya membuat smartphone Samsung semakin perkasa, karena Google telah mengoptimalkan Android M agar support teknologi pemindai sidik jari, dan mobile payment yang menjadi andalan Samsung pada Smartphone terbarunya. Sekian informasi yang kami sampaikan kali ini, semoga Samsung bisa cepat memberikan update sistem operasi Android M pada smartphone buatannya. Amin. 😀


Advertisement