Ini Dia Bocoran Chipset Terbaru Qualcomm Snapdragon 653

Detekno.com – Qualcomm memang menjadi manufaktur chipset mobile terbesar saat ini yang hadir dalam berbagai macam seri smartphone maupun tablet. Tak heran jika banyak smartphone flagship menggunakan seri chipset Qualcomm karena sisi performa terbaik yang disajikan. Namun taukah deteknokers bila chipset terbaru Qualcomm muncul spesifikasi nya di dunia maya?

Dilansir dari GizmoChina (9/9/2016) bocoran chipset terbaru bernama Qualcomm Snapdragon 653 muncul dan menjadi headline. Kabarnya Qualcomm Snapdragon 653 akan mengusung kode nama MSM8976Pro dan menjadi suksesor Snapdragon 652 dimana dipakai di banyak seri flagship masa kini.

Qualcomm Snapdragon 653

Qualcomm Snapdragon 653

Kabar yang beredar Qualcomm Snapdragon 653 akan diproduksi menggunakan arsitektur 28nm yang sama dengan Snapdragon 652. Memang agak mengecewakan bagi sebagian pihak karena belum ada inovasi dari sisi arsitektur karena hanya mengandalkan kemampuan processor octa core.

Namun kabarnya Snapdragon 653 membawa performa lebih baik karena mengusung 2 buah inti Quad Core. Yang pertama adalah Quad  Core Cortex A73 berkecepatan 2 GHz, nilai yang besar. Sedangkan inti kedua adalah Quad Core Cortex A53 berkecepatan 1.4 GHz.

Jadi total performa octa core yang didapat dapat mencapai 3.4 GHz, mantap bukan sob? Tentunya sisi processor yang mumpuni mempengaruhi kinerja smartphone secara global. Sisi upgrade juga dapat deteknokers lihat dari GPU yang didukung Adreno 515 berkecepatan 550MHz.

Soal performa gaming tentunya lebih baik sehingga mampu diandalkan untuk menangani game kelas menengah keatas. Selain itu 2 buah LPDDR4 berkemampuan 1333 MHz juga menjadi andalan untuk memperoleh value RAM yang lebih besar. Penyimpanan menggunakan eMMC versi 5.1 yang merupakan varian terbaru sehingga kemungkinan besar memiliki daya tampung dan kecepatan tinggi.

Qualcomm Snapdragon 653

Qualcomm Snapdragon 653

Hal yang meenarik dari segi konektifitas juga cukup lengkap meliputi Cat LTE 9 3x60MHz CA, Bluetooth 4.1 dan Wi-Fi 802.11 ac. Kabarnya Qualcomm Snapdragon 653 juga hadir dengan dukungan sensor kamera hingga 24MP sehingga mampu meningkatkan sisi fotografi.

Snapdragon 653 memang membawa base spesifikasi yang cukup menarik untuk disimak.. Memang belum ada kabar resmi dari pihak Qualcomm, namun beberapa pihak berspekulasi Snapdragon 653 akan rilis akhir tahun ini. Tentunya deteknokers penasaran bukan seri smartphone apa akan pertama kali menggunakan chipset ini?


Advertisement