Hyperkin Smartboy Bisa Ubah Ponselmu Jadi Gameboy


Detekno.com – Bagi pecinta game retro tentunya rindu masa masa nostalgia dengan perangkat lawas seperti Gamebot, Sega, Nintendo bahkan Gameboy. Saat ini berbagai Developer android menawarkan berbagai game retro namun bagi sebagian orang masih canggung memainkanya karena bentuk kontroller yang sangat berbeda. Salah satu vendor yang memproduksi bentuk kontroller retro adalah Hyperkin.

Dilansir dari PhoneArena (16/6/2016) Hyperkin mengeluarkan seri kontroller game terbaru bertajuk Hyperkin Smartboy. Perangkat ini secara fisik dan tombolnya sangat mirip dengan gameboy serta dapat digunakan langsung pada smartphone masa kini. Tentunya ini adalah pengalaman baru dimana deteknokers akan mendapatkan rasa Gameboy namun memiliki performa sesuai ponsel yang sobat miliki.

Hyperkin Smartboy

Hyperkin Smartboy

Diatas adalah bentuk Hyperkin Smartboy  yang menggunakan katrid fisik untuk terkoneksi dengan smartphonenya. Setengah layar smartphone terbenam pada kontroler yang menimbulkan kamuflase sehingga cukup mirip dengan gameboy. Memang layar tak digunakan sepenuhnya karena dari bagian atas memberikan kesan retro kepada penggunanya.

Hyperkin Smartboy sendiri muncul pada event E3 2016 Gaming Converence yang memang sangat menarik untuk diikuti beritanya. Sebenarnya perangkat konsol ini bermula dari lelucon April Mop namun akhirnya menjadi kenyataan karena Hyperkin memproduksinya.

Soal tombol yang disajikan susunanya sama dengan GameBoy yaitu D-pad, START, SELECT serta B dan A . Inovasi yang cukup menakjubkan karena sisi perangkat ini bergerigi sehingga sangat mirip GameBoy klasik. Sisi catridge nya mampu disesuaikan dengan ukuran smartphone yang dimiliki pengguna sehingga support untuk beberapa smartphone android, seperti S7 Edge diatas salah satunya.

Untuk konektor Hyperkin Smartboy menggunakan Micro USB Versi 2.0. Sayangnya belum diketahui apakah ada suport untuk USB Type-C dan iPhone, tapi kemungkinan besar Hyperkin sedang mempersiapkanya untuk mencakup semua pasar smartphone.

Hyperkin Smartboy Controller

Hyperkin Smartboy Controller

Hyperkin Smartboy rencananya pertama kali akan dirilis sebagai development kit yang bekerjasama dengan beberapa Developer Indie. Versi Developer Kit ini akan dibekali dengan aplikasi open source dan firmware yang akan memungkinkan siapa saja melakukan perubahan sebelum versi retailnya siap rilis.

Hyperkin menawarkan royalti untuk siapa saja yang memberikan kontribusi terhadap peningkatan aplikasi dan firmwarenya setelah membeli Hyperkin Smartboy. Sampai saat ini memang belum ada kejelasan soal harga maupun waktu rilis kontroller unik yang satu ini. Jadi untuk sobat pecinta game retro apakah siap menunggu datangnya kontroller gameboy yang satu ini?


Advertisement