Huawei Kabarnya Tengah Mengerjakan Chipset 10nm Kirin 970


Detekno.com – Salah satu komponen utama dalam smartphone yang memegang peranan penting yaitu chipset. Vendor chipset saat ini saling berlomba menciptakan chip yang powerfull namun mengkonsumsi sedikit daya sehingga lebih efisien kinerja nya. Vendor yang cukup kompeten memproduksi chipset adalah Huawei dimana beberapa waktu lalu merilis seri Kirin 960 untuk smartphone flagship. Hasli benchmark yang dihasilkan Kirin 960 termasuk mumpuni jika dibandingkan dengan pesaing lain seperti Snapdragon maupun Exynos.

Dilansir dari PhoneArena (23/11/2016) Huawei kabarnya tengah mengerjakan chipset baru bernama Kirin 970. Sesuai informasi dari media Taiwan, chipset Kirin 970 akan menjadi seri pertama dari Huawei yang dibangin dengan proses TSMC 10nm. Soal arsitekturnya Kirin 970 akan tetap mempertahankan octa-core namun akan terintegrasi dengan baseband support untuk Cat. 12 global LTE. Jika dibandingkan dengan seri 960 tentunya terdapat peningkatan kinerja dari beberapa sektor.

Kirin 970

Kirin 970

Saat ini Kirin 960 sendiri memiliki dukungan processor quad-core Cortex-A73 dan quad-core Cortex-A53. Sedangkan soal grafisnya mengandalka octa-core Mali-G71 dimana soal performa mampu menandingi beberapa seri Snapdragon. Kirin 960 sendiri diproduksi mengggunakan proses TSMC 16nm dan hadir dengan performa CPU terbaik. Sayangnya soal grafis atau GPU tak dapat bekerja secara penuh karena kurang optimalisasi.

Kirin 970 yang menggunakan proses 10nm dikatakan mampu mengurangi suhu panas dan mengoptimalkan kinerja GPU secara penuh. Saat membangun Kirin 970 nampaknya Huawei mengikuti trend dimana sama persis seperti Qualcomm yang menghadirkan Snapdragon 835. Untuk Qualcomm dan Exynos sendiri sudah diumumkan akan menjadi chipset andalan Samsung Galaxy S8. Tak mau kalah ternyata MediaTek juga tengah mempersiapkan Helio X30 yang juga dibangun menggunakan proses TSMC 10nm.

Keputusan Huawei untuk berganti ke proses 10nm tantunya akan menjadi pesaing ketat untuk Qualcomm Snapdragon 835 dan Samsung Exynos 8895 dimana sangat mempengaruhi smartphone flagship tahun depan. Sampai saat ini belum disebutkan kapan Kirin 970 akan memulai debutnya, nampaknya Huawei akan menyimpannya untuk smartphone flagship tahun 2017 nanti. Jadi kita tunggu saja bagaimana persaingan chipset 10nm antara Huawei, Samsung, Qualcomm dan MediaTek siapa yang lebih unggul nantinya.


Advertisement