Harga Xiaomi Redmi 2A : HP LTE Murah 1,2 Jutaan


Harga Xiaomi Redmi 2A – Satu lagi smartphone fenomenal dari Xiaomi yaitu seri Xiaomi Redmi 2A. Smartphone ini dirilis bertepatan dengan ulang tahun Xiaomi yang kelima tahun. Secara khusus Xiaomi menghadirkan ponsel ini sebagai versi murah dari Redmi 2 dengan banderol dibawah $100. Secara mengejutkan, smartphone ini juga dilengkapi teknologi LTE dan komponen hardware software setara dengan yang dimiliki Xiaomi Redmi 2 versi reguler.

Yang menjadikan harganya lebih murah dari Redmi 2 adalah penggunaan Chipset Leadcore L1860C yang didukung processor berkecepatan Quad Core 1.5 Ghz Cortex A7. Processornya masih menggunakan arisitektur 32 Bit, berbeda dengan Redmi 2 yang menggunakan processor Snapdragon 410 dengan arsitektur 64 Bit. Walaupun lebih rendah, namun kecepatannya processornya tergolong tinggi. Bagi anda yang penasarn spesifikasi lengkap Redmi 2A, mari kita bahas bersama-sama pada review detekno.com berikut ini.

Spesifikasi Dan Harga Xiaomi Redmi 2A

Review Xiaomi Redmi 2

Review Xiaomi Redmi 2

Desain & Layar

Dimensi / Berat 134 x 67.2 x 9.4 mm / 133 g
Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 4.7 inches 720 x 1280 pixels (~312 ppi pixel density)
Proteksi Corning Gorilla Glass 2

Harga Xiaomi Redmi 2A yang murah menjadi bekal utama untuk bersaing melawan smartphone-smartphone LTE yang lain. Selain itu Xiaomi juga membekalinya dengan layar IPS berukuran 4.7 inch beresolus HD  720 x 1280 pixels, untuk menampilkan gambar dengan kualitas terbaik. Kerapatan pixel yang mampu diraih Redmi 2A mencapai -312 ppi sehingga gambar akan terlihat lebih detail dan tajam. Sayangnya belum diketahui jenis kaca pelindung yang digunakan pada ponsel ini, dan kemungkinan adalah Gorilla Glass 2 sama seperti Redmi 2.

Bentuk layarnya yang tak terlalu besar membuat kita mudah mengoperasikan Redmi 2A saat mengetik ataupun bermain game. Untuk desainnya, sama pesis dengan yang dimiliki Redmi 2 yaitu dengan rasio panjang, lebar, dan tinggi berukuran 134 x 67.2 x 9.4 mm, sedangkan untuk beratnya sekitar 133 gram. Walaupun masih menggunakan material plastik, namun tetap terlihat cantik dengan desain elegan, dan memiliki beberapa pilihan warna, yang disesuaikan dengan selera penggunanya.

Memory

Memory Internal 8 GB
Memory Ekternal MicroSD maksimum 32 GB

Kapasitas memory internal yang disediakan sama besarnya dengan Xiaomi Redmi 2 yaitu sebesar 8 GB, hanya saja untuk kapasitas memory ekternalnya maksimum sebesar 32 GB. Penggunaan Chipset 32 Bit memang belum memungkinkan penggunaan memory microSD mencapai 64 GB seperti yang dimiliki Redmi 2. Namun tak perlu khawati memory internalnya akan cepat habis, karena Xiaomi menyediakan penyimpanan Cloud milikinya yaitu Mi Cloud secara gratis sebesar 10 GB.

Dapur Pacu Dan Performa

Xiaomi Redmi 2A (2)

Dapur Pacu

Operating System Android OS, v5.0 (Lollipop)
Ram 1 GB
Chipset Leadcore L1860C
Processor Quad-core 1.5 GHz
GPU Mali-T628 MP2

Dapur pacu yang dibawanya tetap cepat dan memiliki kinerja responsif, berkat perpaduan processor Leadcore L1860C  dengan kecepatan Quad Core 1.5 Ghz. Walaupun tergolong sebagai Chipset jenis baru, namun kualitasnya pasti sudah dipertimbangkan secara matang oleh Xiaomi agar produknya tetap memiliki peforma yang cepat, tak berbeda jauh dari Smartphone Redmi yang lainnya. Selain itu ponsel ini juga dibekali Ram berukuran 1GB yang dipadukan pengolahan grafis Mali-T628 MP2.

Komponen hardwarenya sudah lebih daru cukup untuk memenuhi kebutuhan mobile gaming dan sebagai sarana komunikasi sehari-hari. Peformanya juga semakin menawan, dengan hadirnya OS Android Lollipop dengan sentuhan user interface Miui V6. Sebenarnya Xiaomi tak hanya menjual smartphone, namun juga beberapa konten seperti thema, musik, dan layanan Cloud pada Miui V6, sehinga harga jual smartphone Xiaomi bisa dibanderol lebih murah, karena mereka tak terlalu banyak mengambil untung dari penjualan smartphone, dan keuntungannya digantikan oleh penjualan konten.

Kamera

Harga Xiaomi Redmi 2A

Kamera

Kamera Utama 8 MP, 3264 x 2448 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Kamera Geo-tagging, touch focus, face/smile detection, HDR, panorama
Kamera Depan 2 MP
Resolusi Video [email protected]

Spesifikasi kameranya juga tak kalah menggiurkan dibandingkan spesifikasi hardwarenya. Xiaomi memberikan kamera berkekuatan 8 Megapixel dengan teknologi Autofocus beserta LED Flash, selain itu kameranya juga dibekali face/smile detection beserta fitur HDR untuk memotret dengan warna lebih tajam. Belum diketahui kemampuan merekam videonya, namun apabila ponsel ini menggunakan sensor buatan Sony layaknya Redmi 2, makan kameranya mampu merekam video Full HD 1080p dengan kecepatan 30 fps.

Untuk kamera depannya sudah disediakan kamera 2 Megapixel untuk berfoto selfie dan video call. Bermodalkan kedua kamera tersebut, tentu sudah mampu menarik minat pengguna Android secara besar, mengingat Harga Xiaomi Redmi 2A dibanderol sangat murah, dan sudah tersedia 2 kamera berkualitas dengan resolusi diatas smartphone sekelasnya, yang sering kali hanya dibekali kamear depan VGA dan kamera belakang beresolusi 5 Megapixel.

Konektivitas Dan Internet

Xiaomi Redmi 2A

Konektivitas

Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM)
Internet HSPA, LTE Cat9 450/50 Mbps
Wireless Wi-Fi 802.11 b/g/n, hotspot
Transfer Data Bluetooth v4.0, A2DP, LE, microUSB v2.0
GPS A-GPS, GLONASS, Beidou

Tak tanggung-tanggung dalam membuat smartphone murah, Xiaomi juga memberikan teknologi LTE yang dibarengi fitur Dual Sim yang bisa aktif secara bersamaan. Untuk mengantisipasi jaringan LTE yang belum merata dinegara-negara berkembang, ponsel ini tetap dilengkapi jaringan 3G HSDPA dan jaringan GPRS beserta EDGE. Hadirnya teknologi LTE pada Xiaomi Redmi 2A, menjadi angin segar disaat vendor lain merilis smartphone LTE dengan harga diatas 1.5 Juta Rupiah.

Kemudian untuk fitur navigasinya, sudah disediakan GPS yang dilengkapi teknologi A-GPS, GLONASS, dan Beidou, sehingga lebih cepat dan akurat saat digunakan mencari lokasi, dan sebagai navigasi saat berpergian. Sementar itu untuk konektivitas transfer data, sudah ada Bluetooth V4.0 dan MicroUSB untuk menghubungkan Redmi 2A ke kompoter atau laptop. Sayagnya belum diketahui apakah ponsel ini juga mendukung USB OTG atau tidak, namun yang jelas sudah disediakan Wi-Fi 802.11 b/g/n sebagai alternatif mengakes internet.

Fitur Dan Baterai

Baterai
  • Kapasitas : Li-Ion 2200 mAh battery
Fitur
  • Fast battery charging: 30% in 30 min (Quick Charge 1.0)
  • Active noise cancellation with dedicated mic

Harga Xiaomi Redmi 2A yang sangat murah, tetap membuatnya didukung baterai cukup besar berukuran 2200 mah, dan dibekali teknologi Quaick Charger 1.0 untuk mempercepat pengisian baterai selama 30% dalam waktu 30 menit. Sebenarnya kualitas baterai Redmi 2A masih kalah dari Redmi 2 versi reguler, walaupun sama-sama dibekali baterai berukuran 2200 mah, namun ponsel ini menggunakan baterai bertipe Li-Ion, sedangkan Redmi 2 menggunakan baterai berjenis Li-Po.

Harga Xiaomi Redmi 2A

Harga Xiaomi Redmi 2A

Harga Xiaomi Redmi 2A

Harga Xiaomi Redmi 2A Baru $97 (1.2 jutaan)
Harga Xiaomi Redmi 2A Bekas
Harga Xiaomi Redmi 2A Terbaru Daftar Harga HP Xiaomi
Rate : $1 = Rp. 13.000

Harga Xiaomi Redmi 2A dibanderol lebih murah dari Redmi 2 yang dirilis resmi di Indonesia sebesar 1.6 Juta Rupiah. Namun untuk mendapatkan ponsel ini juga mengeluarkan uang sebesar $97 atau sekitar 1.2 Juta Rupiah. Sayangnya belum diketahui kapan ponsel ini akan dirilis di Indonesia, padahal harganya mampu menandingi vendor lokal seperti Advan, Evercoss, dan Mito, yang merilis smartphone murah dengan kisaran harga sama.

[wp-review]

Total : 7.1 / 10

Kelebihan Xiaomi Redmi 2A

  • Harga Xiaomi Redmi 2A dibanderol sangat murah, kurang dari 1.5 Juta Rupiah
  • Tetap dilengkapi spesifikasi hardware tinggi mengandalkan processor Quad Core 1.5 Ghz, Ram 1GB, dan pengolahan grafis Mali-T628 MP2
  • Sudah menggunakan OS Android Lollipop terbaru dengan user interface Miui V6
  • Didukung teknologi LTE dan mendukung fitur Dual Sim yang bisa aktif secara bersamaan
  • Layarnya sudah menggunakan resolusi HD 720p, jauh mengungguli smartphon sekelasnya yang dibanderol setara dengan Harga Xiaomi Redmi 2A

Kekurangan Xiaomi Redmi 2A

  • Kapasitas memory ekternalnya belum support mencapai 64 GB, dan hanya mendukung microSD maksimum sebesar 32 GB
  • Bentuknya cukup tebal namun tetap ringan
  • Tidak disediakan konektivitas NFC pada Redmi 2A
  • Kapasitas baterainya masih tergolong kecil, dan belum menggunakan baterai bertipe Li-Po

Dengan kelebihan yang dimilikinya, dan Harga Xiaomi Redmi 2A yang murah, tentu sudah lebih dari cukup untuk mendominasi pasar entry level diseluruh dunia. Tinggal menunggu kebijakan Xiaomi, apakah akan merilis smartphone murahnya di Indonesia, atau hanya dinegara tertentu seperti India dan China. Selain tipe ini, Xiaomi juga harus merilis Xiaomi Mi Note Pro di Indonesia, karena spesifikasinya jauh lebih tinggi mengandalkan Ram 4GB dan Processor Snapdragon 810, hanya saja harganya jauh lebih mahal dibandingkan Harga Xiaomi Redmi 2A


Advertisement