Harga Sony Xperia E4 Dual : Quad Core Ram 1GB

Harga Sony Xperia E4 Dual – Sony kembali merilis jajaran smartphone murahnya dengan seri Sony Xperia E4 Dual. Smartphone ini menjadi smartphone Sony kedua yang mengandalkan processor buatan Mediatek. Bisa dikatakan Xperia E4 mengalami downgrade dibandingkan Xperia E3 yang menggunakan processor buatan Qualcomm, walaupun begitu peforma Xperia E4 Dual tetap kencang, dengan skor benchmark tinggi mencapai 19 Ribu.

Pemilihan processor Mediatek oleh Sony mungkin membuat kecewa pencintanya, karena banyak orang yang beranggapan miring terhadap processor asal China tersebut. Untungnya Sony tetap melengkapi Xperia E4 Dual dengan Ram berukuran 1GB, dan meningkatkan ukuran memory internal menjadi 8 GB. Bagi sobat detekno.com yang tertarik untuk mengetahui spesifikasi lengkapnya, silahkan simak review selengkapnya pada artikel dibawah ini.

Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia E4 Dual

Review Sony Xperia E4 Dual

Review Sony Xperia E4 Dual

Desain & Layar

Dimensi 137 x 74.6 x 10.5 mm / 144 g
Tipe Layar IPS LCD capacitive touchscreen, 16M colors
Ukuran Layar 5.0 inches 540 x 960 pixels (~220 ppi pixel density)
Proteksi Scratch-resistant glass
Warna Black, White

Desain Sony Xperia E4 dibaut lebih tebal dari Xperia E3, begitu pula dengan beratnya. Xperia E4 memiliki ketebalan 10.5 mm, dan berat sekitar 144 gram, padahal Xperia E3 didesain tipis dengan ketebalan 8.5 mm, dan bobot 143 gram. Untungnya framenya dibuat lebih tipis dan didukung layar lebih besar, sedangkan untuk bagian belakangnya terbuat dari bahan plastik berkualitas, yang tak licin saat dioperasikan,

Kemudian untuk layarnya menggunakan panel IPS Display berukuran 5 inch dengan resolusi qHD 540 x 960 pixels. Layarnay cukup tajam dengan kerapatan mencapai 220 ppi, dan untuk melindungi layarnya disediakan lapisan Scratch-resistant glass agar tidak mudah tergores, dan pecah saat terjatuh. Kualitas lapisan Scratch-resistant glass hampir sama dengan Gorilla Glass sehingga layar akan terlindung walaupun tak menggunakan screen guard.

Memory

Memory Internal 8 GB
Memory Ekternal microSD maksimum 32GB

Untuk mengikuti perkembangan aplikasi dan game yang ukurannya semakin membesar, Sony melengkapi ponselnya dengan ruang penyimpanan internal sebesar 8 GB. Tentu tak seutuhnya tersisa 8GB, karena sebagai memory akan digunakan menyimpan kebutuhan file dan system. Untuk mengatisipasi sisa memory internal yang sedikit, anda bisa menambahkan memory ekternal microSD dengan ukuran maksimum sebesar 32 GB.

Dapur Pacu Dan Performa

Dapur Pacu Sony Xperia E4 Dual

Dapur Pacu

Operating System Android OS, v4.4.4 (KitKat)
Ram 1 GB
Chipset Mediatek MT6582 Quad-core 1.3 GHz Cortex-A7
GPU Mali-400MP2

Selanjutnya untuk dapur pacu, Sony memberikan Chipset Mediatek MT6582 yang dipadukan dengan processor Quad Core 1.3 Ghz. Cukup disayangkan processor yang digunakan masih menggunakan arisitektur 32 Bit Cortex-A7, padahal vendor lain ramai-ramai merilis smartphone dengan processor 64 Bit. Untungnya Sony sudah menyediakan Ram 1 GB dan GPU Mali 400 mp2 sehingga performa Xperia E4 mampu menandingi smartphone 64 Bit sekelas Galaxy A3 dan Xiaomi Redmi 2.

Sementar untuk system operasinya menggunakan OS Android Kitkat 4.4.4 yang nantinya bisa kita upgrade ke Android Lollipop. Tampilan antar muka Android Kitkat Sony Xperia E4, hampur sama dengan smartphone Sony yang lain, dan akan terlihat cukup simple tanpa adanya perubahan terlalu drastis dari Android Kitat standard. Transisi antar layar, dan kecepatan membuka aplikasi terasa sangat smooth, dan lancar tanpa perlu adanya jeda.

Peforma mobile gaming dan multitasking Sony Xperia E4 tergolong cepat mengingat Harga Sony Xperia E4 Dual hanya dibanderol terjangkau. Untuk membuktikan peforma Sony Xperia E4, bisa terlihat dari hasil benchmark antutu yang mampu meraih skor mencapai 19.215. Skor tersebut membuktikan peforma ponsel ini mampu mendahului pendahulunya yaitu Xperia E3 yang memperoleh skor 18 Ribuan, walaupun sudah menggunakan processor Quad Core 1.2 Ghz

Kamera 

Kamera Sony Xperia E4 Dual

Kamera

Kamera Utama 5 MP, 2560 х 1920 pixels, autofocus, LED flash
Fitur Kamera Geo-tagging, touch focus, face detection, HDR, panorama
Kamera Depan 2 MP, 720p
Resolusi Video 720p@30fps

Kemudian untuk segi kamera, sudah tersedia kamera utama dengan lensa 5 Megapixel. Kameranya mampu merekam sebuah video beresolusi Full HD 1080p dengan percepatan 30fps, dan sebuah foto beresolusi 2560 х 1920 pixels. Untuk meningkatkan kualitas foto saat memotret di kondisi low light, sudah disediakan LED Flash, dan autofocus untuk memaksimalkan hasil fotonya. Tak lupa Sony juga menambahkan aplikasi camera dengan fitur lengkap yang cocok digunakan berfoto selfie.

Untuk memaksimalkan foto selfie penggunanya, ponsel ni juga memiliki kamera depan 2 Megapixel dengn fitur  face detection. Selain itu kameranya juga bisa digunakan untuk video call, lewat aplikasi seperti skype dan lain-lain yang bisa anda instal dari Google Play Store. Kamera ponsel in memang jauh dibawah smartphone murah sekelas Lenovo A6000 dan Xiaomi Redmi 1S yang menggunakan kamera 8 Megapixel, bahkan ada beberapa smartphone dengan harga setara Harga Sony Xperia E4 Dual yang memiliki kamera 13 Megapixel.

Konektivitas Dan Internet

Kartu Sim Dual SIM (Micro-SIM)
Internet HSPA 21.1/5.76 Mbps
Wireless Wi-Fi 802.11 b/g/n, Wi-Fi Direct, hotspot
Transfer Data Bluetooth v4.1, A2DP, microUSB v2.0
GPS A-GPS

Harga Sony Xperia E4 Dual yang murah menyebabkan ponsel ini belum dilengkapi teknologi LTE dan NFC, jadi untuk mengakses internet harus mengandalkan jaringan 3.5G dengan kecepatan 21 mbps, atau lewat EDGE dan GPRS. Sedangkan untuk mengirim file, hanya disediakan Bluetooth V4.1 dan MicroUSB tanpa adanya NFC. Penggunaan Chipset Mediatek membuat ponsel ini tidak didukung teknologi NFC dan LTE, padahal Sony Xperia E3 Dual sudah mendukungnya karena menggunakan Chipset buatan Qualcomm.

Fitur Dan Baterai

Baterai Sony Xperia E4

Baterai

Baterai
  • Kapasitas : Non-removable Li-Ion 2300 mAh
  • Waktu Bicara : Up to 12 jam 40 menit (3G)
  • Waktu Standby : Up to 548 jam (3G)
Fitur
  • Active noise cancellation with dedicated mic
  • 3D Surround Sound technology
  • xLoud™ Experience
  • Clear Audio+

Ketahanan baterai ponsel ini sudah cukup baik dengan baterai Li-Ion berukuran 23000 mah yang diklaim memiliki waktu bicara selama 12 Jam 40 menit, dan bisa memutar video selama 6 jam 42 menit. Dengan kemampuan baterai yang dimilikinya, tentu anda bisa berkomunikasi tanpa perlu repot berulang kali mengisi baterai, terlebih ponsel ini memiliki teknologi audio terbari yang menggabungkan teknologi 3D Surround Sound, Clear Audio+, dan xLoud sehingga suara akan terdengar lebih nyaring, dan keras.

Daya tahan baterai saat mendengarkan musik, mampu mencapai 48 jam 26 benit, berarti anda bisa mendengarkan musik selama 2 hari nonstop asalkan anda tidak bermain game dan browsing internet dalam waktu yang lama. Selain itu Sony juga menyediakan fitur Active noise cancellation with dedicated mic untuk mengoptimalkan panggilan telepon, agar terdengar lebih jelas walaupun disaat kondisi ramai atau bising. Selanjutnya mari kita lihat harga Sony Xperia E4 Dual secara resmi di Indonesia.

Harga Sony Xperia E4 Dual

Harga Sony Xperia E4 Dual

Harga Sony Xperia E4 Dual

Harga Sony Xperia E4 Dual Baru Rp. 2.000.000
Harga Sony Xperia E4 Dual Bekas
Harga Sony Xperia E4 Dual Terbaru Daftar Harga HP Sony
Sumber : Tabloid Pulsa

Karena masih tergolong smartphone baru, maka Harga Sony Xperia E4 Dual terlihat cukup mahal sebesar 2 Juta Rupiah. Sebenarnya apabial disuruh memilih, kami akan lebih memilih Sony Xperia E3 yang sudah dilengkapi NFC dan teknologi LTE, namun ponsel ini juga sudah lebih dari cukup apalagi nantinya akan diberikan update Android Lollipop oleh Sony, jadi penggunanya tidak akan ketinggalan fitur-fitur baru pada smartphone yang mereka miliki. Bagaimana tertarik membelinya ?

[wp-review]

Total : 6.2 / 10

kelebihan Sony Xperia E4 Dual

  • Memiliki layar IPS berukuran 5 inch sehingga lebih nyaman digunakan menikmati konten multimedia seperti game dan menonton film
  • Sudah tersedia processor Quad Core 1.3 Ghz, dan Ram 1GB untuk menghasilkan nilai benchmark Antutu mencapai 19 ribu
  • Dilengkapi kamera depan 2 megapixel, untuk berfoto selfie yang dipadukan dengan aplikiasi kamera berfitur lengkap
  • Menggunakan system operasi Android Kitkat terbaru, yang bisa diupgrade ke Android Lollipop
  • Mendukung fitur Dual Sim dengan kecepatan internete HSDPA 21 mbps
  • Harga Sony Xperia E4 Dual Cukup terjangkau, dengan harga 2 Juta Rupiah

Kekurangan Sony Xperia E4 Dual

  • Belum dilengkapi teknologi LTE dan konektivitas NFC
  • Layarnya masih beresolusi qHD
  • Kamera depannya hanya 5 Megapixel, kalah dari Xiaomi Redmi 1S dan Lenovo A6000 yang memiliki kamera utama 8 Megapixel
  • Desainnya lebih tebal dibandingkan Sony Xperia E3

Harga Sony Xperia E4 Dual yang murah mungkin mampu menarik perhatian anda, namun ponsel ini memiliki banyak kekurangan diantaranya belum dilengkapi teknologi NFC dan LTE. Bagi anda yang menginginkan teknologi tersebut, lebih baik menunggu kehadiran Sony Xperia M4 Aqua yang memiliki teknolog tahan air dan debu, beserta kemampuan NFC dan LTE. Sekian informasi yang kami sampaikan kali ini, semoga artikel detekno mengenai Spesifikasi Dan Harga Sony Xperia E4 Dual bermanfaat dan bisa menjadi referensi


Advertisement