Harga Google Daydream View, Perangkat VR Berbanderol 1 Jutaan

Detekno.com – Google tak hanya merilis smartphone Pixel, namun mereka juga merilis perangkat virtual realty yang kita kenal dengan nama “Google Daydream View”. Perangkat VR ini dibanderol cukup murah dan siap bersaing melawan Gear VR yang hanya mendukung smartphone flagship buatan Samsung. Berbeda dengan Gear VR, nantinya Google Daydream View akan mendukung semua tipe smartphone Android. Sayangnya belum diketahui spesifikasi smartphone yang mendukung perangkat ini, karena sementara waktu hanya Google Pixel dan Pixel XL yang dipastikan bisa menjalankan perangat ini dengan lancar.

Harga Google Daydream

Harga Google Daydream

Google Daydream diciptakan sebagai perangkat virtual reality yang nyaman digunakan. Berbeda dengan Google Cardboard yang terbuat dari kertas, Google Daydream terbuat dari material berbahan busa dan kain yang membuatnya lebih fleksibel dan terasa lebih ringan dibandingkan perangkat VR sekelasnya. Selain itu, dibagian depan telah tersedia penutup berbahan plastik untuk memasukan smartphone kedalamnya. Menariknya, bobot Google Daydream View hanya 220 gram, sehingga semakin nyaman digunakan untuk menikmati konten virtual relaity.

Tak hanya itu, Google juga menyediakan kontroler khusus yang dilengkapi beberapa tombol, seperti home, menu, dan volume. Menariknya lagi, kontroler tersebut telah dilengkapi berbagai sensor untuk mendeteksi gerakan penggunanya. Inilah yang membuat harga Google Daydream View dibanderol cukup mahal, karena rata-rata perangkat VR belum dilengkapi kontroler sebaik Google Daydream Veiw. Beragam aplikasi dan game telah dipersiapkan untuk mendukung kontroler tersebut, sehingga penggunanya bisa merasakan sensasi menikmati konten virtual reality terbaik.

Menariknya lagi, Google Daydream View telah dilengkapi fitur NFC yang nantinya membuat semua aplikasi akan langsung terbuka ketika smartphone diletakan pada posisinya. Tak perlu takut smartphone terjatuh, karena Google menyediakan pengait khusus yang memastikan smartphone aman saat mengoperasikan perangkat ini. Selain itu, Google Daydream View juga memiliki user interface khusus yang menampilkan berbagai macam aplikasi dan game. Berbicara harmengenai game, Google menyediakan game Fantastic Beasts, Gunjack 2: End of Shift, Need for Speed, dan berbagai macam game VR lainnya.

user-interface-google-daydream user-interface-google-daydream-3

user-interface-google-daydream-5

User Interace Google Daydream View

Dilansir dari situs resmi Google, Perpusatakaan aplikasi Google Daydream View semakin lengkap dengan hadirnya beragam aplikasi video streaming, seperti Netflix, Hulu HBO, Google Play Movies, dan YouTube. Selain itu, tersedia pula aplikasi Google Street View, Google Photos, CNN, Hello Mars, Relax VR, dan masih banyak lagi lainnya. Pengalaman menikmati konten virtual reality secara maksimal siap disuguhkan perangkat ini dan untuk membelinya, Google Daydream View akan mulai dipasarkan pada bulan November 2016 dengan harga USD$79 atau setara Rp. 1 Jutan.


Advertisement