Akhirnya Google Resmi Mengumumkan Android M


Detekno.com – Dilansir dari situs Phone arena pada hari Sabtu (30/5/2015), Google resmi mengumumkan Android M menjadi versi sistem operasi terbaru. Sayangnya kehadirkan Android M masih dalam tahap deleloper atau pengembangan sehingga belum bisa dinikmati oleh banyak pengguna. Konon kabarnya Android M hadir dengan 13 fitur terbaru dan diklaim memiliki banyak pembaharuan sehingga lebih baik kinerjanya dibanding versi android sebelumnya.

Menurut Dave Burke yang merupakan Vice President Engineering dari Google menyatakan bahwa mereka lebih memperhatikan perubahan apa saja yang dilakukan vendor terhadap Sistem Operasi Android dan memasukkan perubahan tersebut sebagai fitur dasar Android. Perubahan besar yang dilakukan Google adalah kini memudahkan pengguna Android memilih apa saja fitur yang boleh digunakan melalui aplikasi, contohnya GPS ataupun kamera.

Banyak perubahan pada Android M juga dapat diamati dengan support USB Type-C dimana USB tipe ini dapat dialiri daya lebih besar sehingga sangat mendukung pengisian daya baterai lebih cepat. Selain itu ada fitur yang disebut Doze yang diklaim dapat menambah waktu standby hingga 2 kali lipat. Beberapa aplikasi juga diintegrasikan dengan baik seperti pada Google Wallet yang diganti dengan sistem Android Pay dimana sudah mendukung sistem sidik jari pada Samsung Galaxy S6.

Android M

Android M

Menurut Hiroshi Lockkheimer yang adalah VP of Engineering dari ponsel Google mengungkapkan bahwa rilis versi Android terbaru akan ada setiap tahunnya. Hal ini membuka kemungkinan bahwa setiap tahun akan muncul nama Android versi terbaru sebagai bentuk lanjutan versi sebelumnya. Pernyataan resmi dari pihak tersebut memungkinkan sistem operasi Android N akan muncul pada tahun 2017. Jika seluruh versi diurutkan menurut tahun, maka akan berakhir pada huruf Z di tahun 2026.

Karena Google menamakan versi Andoid sesuai abjad, maka belum ada penjelasan lebih detail apakah Android versi Z adalah seri terakhir dari versi sistem operasi Android yang dilepas ke pasaran. Dilansir dari The Verge pada hari Sabtu (30/5/2015) yang menyatakan bahwa salah satu perubahan besar dari Android M adalah desain ulang sistem aplikasi perizinan.

Lihat Juga : Jejaring Sosial Path Resmi Diakuisisi Daum Kakao

Pengguna dapat menyetujui atau menolak izin keamanan, seperti kamera atau lokasi akses. Hanya ada delapan jenis perizinan yang tersedia untuk aplikasi saat ini dan akan dijalankan hanya pada saat aplikasi membutuhkannya. Hal ini berbeda dengan cara kerja Android sebelumnya, dimana akan meminta pengguna untuk menyetujui semua izin ketika aplikasi diinstal.  Versi pra rilis dapat digunakan developer untuk pengujian pada Google Nexus 5, 6 , 9 dan player. Sementara Versi full release nya akan tersedia pada beberapa bulan kedepan.


Advertisement