Google Resmi Ambil Alih HTC, Pertanda Apakah Ini ?

Detekno.com – Berita mengagetkan datang dari Google dan HTC,  dimana HTC baru saja menyatakan bahwa ia sudah diakuisisi oleh Google. Nilai akuisisi tersebut mencapai USD 1,1 Miliar atau Rp 14,6 Triliun. Apakah ini akan menjadi akhir bagi karir HTC di bisnis smartphone ? dan pertanda apakah ini kenapa Google mengambil HTC padahal mereka tahun lalu melepas Motorola ke Lenovo.

Google memang tidak membeli seluruh bisnis HTC, mereka hanya membeli bisnis hardware HTC saja yang mencakup smartphone dan juga Virtual Reality. Meskipun sudah diambil alih, HTC menyakinkan bahwa mereka masih bisa membuat smartphone. Hanya saja mereka kini tidak dipimpin sendiri sudah ada Google. Jadi kalau ingin merilis smartphone baru, Google lah yang menentukan apakah perlu smartphone baru ataukah tidak.

Google Resmi Ambil Alih HTC, Pertanda Apakah Ini

Google Resmi Ambil Alih HTC, Pertanda Apakah Ini

Dalam sebuah pengumuman akuisisi ini, HTC menyakinkan bahwa mereka sedang mempersiapkan smartphone flagship terbarunya. Meskipun smartphone ini akan menjadi smartphone terakhir yang dibuat oleh mereka sendiri tanpa campur tangan Google. Dilansir dari halaman The Verge, HTC mengungkapkan bahwa kesepatan mereka dengan Google masih mendukung merk smartphone HTC yang akan terus berlanjut.

Sayangnya belum ada tambahan informasi lagi soal smartphone HTC terakhir yang diungkapkan oleh HTC. Mereka hanya mengatakan bahwa smartphone ini akan menjadi penerus dari HTC U11 yang sukses dipasaran. Bagi HTC, akuisisi Google ini menjadi hal yang positif. Pasalnya mereka akan mendapatkan dana tambahan untuk masih tetap bisa beroperasi. Perlu diketahui bahwa dari beberapa bulan yang lalu, HTC dilaporkan selalu mengalami kerugian.

Google sebenarnya tidak diprediksikan akan mengakuisisi lagi merk smartphone. Setelah mereka melepaskan merk Motorola kepada Lenovo. Banyak yang mengatakan bahwa Google lebih senang membuat smartphone mereka sendiri dengan merk Google. Hal ini dibuktikan dengan kemunculan smartphone Google Pixel. Dengan adanya kabar ini, tentunya banyak pihak yang penasaran tentang langkah Google mengambil alih HTC. Mungkinkan mereka akan kembali melakukan hal yang sama dengan Motorola ?.