10 Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 Series

Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 – Update Android Nougat 7.0 untuk Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge saat ini diketahui tengah diuji melalui program beta sebelum Samsung secara resmi merilis pembaharuan besar untuk perangkat terbarik mereka saat ini. Melalui program beta ini, Samsung ditengarai juga tengah menguji beberpa fitur baru yang nantinya akan hadir bersama update sistem operasi tersebut. Tentunya buka saja hanya menambahkan fitur baru unggulan, Samsung juga akan memberikan perbaikan bug yang ditemui pada saat program beta ini dijalankan sebelum versi final diluncurkan.

Pembaharuan yang dalam waktu dekat ini akan segera diberikan Samsung untuk dua perangkat terbaiknya tersebut tentu saja sudah banyak ditunggu masyarakat dunia yang ingin merasakan sensasi baru menggunakan ponsel Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang berjalan pada sistem operasi Android Nougat 7.0. Dan tercatat setidaknya ada 10 fitur baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 Series yang akan dapat sobat nikmati. Untuk itu tak ada salahnya bagi kita untuk melihat apa saja fitur baru yang akan bisa kita nikmati nantinya bukan ? Untuk itu kami rangkumkan ulasan singkat mengenai fitur baru tersebut dibawah ini.

Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7

Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7

Fitur Baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7

1. Tampilan Antarmuka Baru

Tampilan antarmuka yang sering kita temui di hampir semua perangkat ponsel Samsung mungkin nantinya tak lagi akan kita temui pada Samsung Galaxy S7 Series setelah mendapatkan pembaharuan OS Android Nougat. Pasalnya salah satu fitur baru android nougat di Samsung Galaxy S7 adalah hadiarnya tampilan antarmuka baru yang kini lebih terlihat cerah, simple, dan ringkas dengan menawarkan warna dasar putih yang dalam program beta tersebut terlihat dipercantik dengan adanya bentuk huruf yang lebih apik serta memiliki kilau aksen biru yang jauh lebih lembut.

Notifikasi Baru dan Pengaturan Cepat

Notifikasi Baru dan Pengaturan Cepat

2. Notifikasi Baru dan Pengaturan Cepat

Tampilan baru yang lebih segar pun diberikan Samsung pada sisi tampilan bar notifikasi yang dibuat jauh lebih simple dengan mengadopsi tampilan standar android Nougat yang sudah dipermak. Fitur baru android Nougat Samsung Galaxy S7 yang satu ini bahkan juga memberikan penyesuaian pada area “quick setting” yang nantinya dapat sobat fungsikan untuk mengubah posisi toggle serta mengatur tampilan grid layout mulau dari 3×3, 4×3 hingga 5×3. Bahkan pengguna nantinya juga akan dapat melihat berbagai macam perangkat yang terhubung melalui Bluetooth, NFC atau yang lainnya diarea quick connect.

Hadirnya Model Sleep untuk Aplikasi

Hadirnya Model Sleep untuk Aplikasi

3. Hadirnya Model Sleep untuk Aplikasi

Untuk mengurangi penggunaan daya baterai yang akan berimbas pada daya tahan smartphone saat digunakan, Samsung menambahkan fitur “sleep mode”, dimana fitur ini nantinya akan dapat membuat sobat bisa mengatur mana saja aplikasi yang akan dapat berjalan dibackground serta hanya akan dapat berjalan ketika sobat membuka aplikasinya secara manual. Untuk cara pengaplikasiannya pun tergolong mudah karena sobat hanya perlu menekan aplikasi beberpa detik kemudian pilih put to sleep. Bahkan tak hanya mampu menghemat penggunaan baterai, hadirnya fitur ini juga akan dapat membuat penggunaan data jauh lebih terkontrol.

Multiwindow yang Mendukung Banyak Aplikasi

Multiwindow yang Mendukung Banyak Aplikasi

4. Multiwindow yang Mendukung Banyak Aplikasi

Fitur baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 yang ke-4 adalah pemanbahan dukungan mode multiwindow yang kini bisa diaplikasikan pada banyak aplikasi. Hal ini tentu akan menjadikan para pengguna Samsung Galaxy S7 Series ini akan jauh lebih terpesona mengingat sebelumnya para pengguna hanya bisa mengaktifkan fitur ini hanya dibeberpa aplikasi saja. Dengan demikian pengoperasian smartphone ini akan jauh terasa lebih menarik karena sobat bisa menjalankan aplikasi lain secara bersamaan dalam satu layar saja. Dan pastinya fitur ini juga sudah disempurnakan dari versi sebelumnya.

Filter Cahaya Biru

Filter Cahaya Biru

5. Filter Cahaya Biru

Untuk memberikan tampilan yang jauh lebih nyaman dipandang mata, dalam update Android Nougat yang akan diberikan Samsung pada dua perangkat terbaiknya ini, Samsung diketahui menmbahkan fitur “Blue Light Filter” atau Filter cahaya biru. Yang mana fitur baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ini memberikan tampilan layar yang sedikit lebih menguning, sehingga ketika sobat menggunakan ponsel ini dikamar tidur dengan kondisi gelap tak akan membuat mata menjadi sakit. Adapun untuk mengaktifkannya sobat hanya perlu membuka bilah notifikasi layaknya mode Night Shift pada ponsel iPhone 6s.

Tambahan Fitur Hemat Baterai

Tambahan Fitur Hemat Baterai

6. Tambahan Fitur Hemat Baterai

Salah satu tambahan fitur baru yang akan diberikan Samsung pada dua perangkat terbaiknya adalah hadirnya fitur penghemat baterai, yang mana dalam laporan yang kami terima dari laman androidcentral.com, fitur ini nantinya terbagi menjadi empat bagian yakni :

  1. Normal : 1080p, video enhancer on, game launcher on, game tools on
  2. Game mode : 1080p, max brightness, game launcher on, game tools on
  3. Entertainment mode : 1440p, max brightness, video enhancer on, UHQ upscaler on
  4. High performance : 1440p, max brightness.

    Device Maintenance

    Device Maintenance

7. Device Maintenance

Satu menu baru yang nantinya akan dapat sobat temukan pada update Android Nougat di Samsung Galaxy S7 Series adalah “device maintenance”, dimana fitur ini akan memberikan kemudakan bagi pengguna untuk memeriksa kondisi baterai, performa ponsel, hingga penyimpanan, keamanan dan juga kondisi RAM yang tengah digunakan. Melalui fitur ini pula sobat juga dapat menghapus cache yang sobat temui ketika sobat menemukan kondidi cache yang besar hanya dengan menekan tombol fix yang sudah disediakan. Menariknya lagi fitur ini juga memberikan saran untuk tindakan yang dapat meningkatkan performa perangkat seperti mematikan aplikasi yang berjalan di background salah satunya.

Always On Display Bisa Tampilkan Notif dari Aplikasi Lain

Always On Display Bisa Tampilkan Notif dari Aplikasi Lain

8. Always On Display Bisa Tampilkan Notif dari Aplikasi Lain

Pengalaman menggunakan fitur Always On Display (AOD) yang ada saat ini memang cukup menarik, hanya saja ada keterbatasan notifikasi yang hanya bisa ditampilkan. Namun dalam update besar-besaran yang akan diberikan Samsung ini memberikan fitur baru yang akan membuat AOD ini dapat menampilkan jauh lebih banyak menampilkan notifikasi dari aplikasi pihak ketiga. Bahkan sobat juga bisa menampilkan informasi lainnya seperti tanggal, waktu, level baterai, jadwal kalender serta masih banyak lagi yang dapat sobat sesuaikan sendiri sesuai selera nantinya.

Hadirnya Pengaturan Resolusi Layar

Hadirnya Pengaturan Resolusi Layar

9. Hadirnya Pengaturan Resolusi Layar

Fitur baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang paling menarik adalah hadirnya opsi pemilihan kualitas resolusi layar yang dapat kita sesuaikan sesuai selera. Dimana fitur opsi ini menawarkan tiga pilihan yakni HD (720 x 1280 pixels), Full HD (1080 x 1920 pixels), dan Ultra HD (1440 x 2560 pixels). Tak hanya itu saja, sobat juga bisa memanfaatkan UI Scaling yang kini merupakan fungsi native Android Nougat. Dimana fitur ini memungkinkan sobat bisa memperbesar tampilan ikon perangkat dengan tiga opsi pilihan yakni kecil, menengah, dan besar.

Baca Juga : 10 Fitur Baru iPhone 7 dan iPhone 7 Plus

Tampilan Ikon Aplikasi Lebih Apik

Tampilan Ikon Aplikasi Lebih Apik

10. Tampilan Ikon Aplikasi Lebih Apik

Akan jauh lebih terlihat apik tampilan user interface dari Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge dengan adanya perubahan bentuk ikon yang kini jauh lebih apik dengan mengusung konsep square circels atau persegi bersudut membulat. Hanya saja dikutip dari laman sumber yang sama, fitur ini tak akan bisa kita rasakan pada semua aplikasi uang terinstal. Akan tetapi dengan adanya pembaharuan ini tentu akan menjadikan tampilan Samsung Galaxy S7 series ini jauh lebih apik dan segar. Nah itulahb 10 fitur baru Android Nougat di Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge yang akan didapat para pengguna ketika nantinya Samsung resmi mengedarkan pembaharuan ini.