Resmi Rilis, Ini Fitur Android Go ‘Oreo’ dari Google

Detekno.com – Pada ajang Google I/O tahun ini diumumkan bahwa Google telah merilis Android Go sistem operasi versi khusus yang ditujukan untuk perangkat low-end (kelas bawah) dan ini sudah tersedia dan juga sudah dapat digunakan para vendor serta developer aplikasi. Namun peluncuran ini tidak membuat Android Go bisa langsung tersedia untuk para pengguna karena akan membutuhkan waktu untuk mengembangkan perangkat dan juga aplikasi berbasis Android Go edisi Oreo ini. Lalu apa saja fitur Android Go Oreo yang telah dirilis beberapa waktu yang lalu? Simak informasi berikut ini.

Fitur Android Go Oreo

Pembuatan Android Go sebenarnya sederhana, sistem operasi ini memang ditujukan untuk perangkat dengan spesifikasi rendah. Oleh sebab itu, meski berbasis Android Oreo, sistem operasi ini sudah didesain untuk ponsel dengan RAM 512 MB sampai dengan 1 GB. Sebagai perbandingan, Pixel 2 dan kebanyakan ponsel flagship lain punya RAM setidaknya 4 GB. Membuat Android Oreo versi khusus ini tentu bukan hal mudah karena Google juga perlu memangkas kebutuhan sejumlah aplikasi dasar di Android seperti Gmail, Google Assistant, Maps dan aplikasi lainnya.

Google Resmi Rilis Ini Fitur Android Go Oreo

Android Go

Google juga mendukung adanya sistem operasi ini dengan menyiapkan versi ringan dari aplikasi bikinannya seperti YouTube, Gmail, dan Google Maps. Aplikasi untuk Android Go itu didesain dengan ukuran yang lebih kecil ketimbang versi reguler, sehingga tak banyak menghabiskan memori perangkat. Namun Google menyatakan akan tetap melakukan peningkatan performa agar aplikasi bisa berjalan optimal.

Tak hanya itu, Google juga menyediakan fitur penghemat data, mulai dari yang tersedia Google Chrome hingga aplikasi Datally untuk memantau pemakaian data. Sayangnya, tak ada informasi lebih lanjut mengenai kapan perangkat berbasis Android Go akan rilis.

Google Resmi Rilis Ini Fitur Android Go Oreo

Fitur Android Go

Berikut Kelebihan Android Go :

  1. Google memberikan solusi pada smartphone yang memiliki RAM 1 GB ke bawah melalui Android Go jadi sekarang tidak perlu lagi mengeluarkan uang yang besar untuk merasakan fitur kekinian dari Google. Android Go memiliki kinerja yang ringan karena adanya penyesuaian layanan dan aplikasi sehingga RAM kecil tidak masalah lagi untuk melakkan aktifitas multitasking.
  2. Di Google Play Store pengguna tetap bisa menginstal semua aplikasi tersedia. Namun disini Google akan memberikan rekomendasi aplikasi versi lite yang cocok untuk digunakan. Seperti Messenger Lite, Facebook Lite, LINE Lite dan aplikasi lainnya yang memiliki ukuran di bawah 10 MB.
  3. Google merilis layanan yaitu YouTube Go. Dengan aplikasi ini pengguna tetap dapat mengakses konten video walaupun akses kecepatan internetnya tidak stabil dan juga dilengkapi dengan fitur preview video sehingga pengguna tetap dapat melihat gambaran isi konten sebelum memutarnya.

Baca Juga : 3 Aplikasi Jitu Atasi Memori Android Penuh

Sekian informasi mengenai Fitur Android Go Oreo yang dapat membantu untuk mengatasi masalah pada smartphone yang memiliki Ram dengan ukuran kecil, semoga informasi ini dapat membantu dan juga dapat bermanfaat.