Cara Update Android Marshmallow di Evercoss One X

Detekno.com – Salah satu keuntungan bagi sobat detekoners yang membeli smartphone berlabel Android One, seperti Evercoss One X adalah akan mendapatkan pembaharuan sistem Android secara berkala selama 2 tahun setelah smartphone tersebut dipasarkan. Hal ini tentu sangat menarik, apalagi harga Evercoss One X dibanderol dengan harga terjangkau, namun di dalamnya sudah ada komponen hardware terbaik yang terdiri dari Ram 1GB, Processor Quad Core 1.3 Ghz, GPU Mali 400 MP2, dan didukung layar berukuran 4.5 inci, sehingga smartphone ini mampu menjalankan sistem operasi Android terbaru dengan lancar.

Kabar gembira bagi sobat deteknoker yang telah membeli Evercoss One X. Pasalnya smartphone ini telah resmi mendapatkan pembaharuan sistem, dari Android Lollipop 5.1 menjadi Android Marshmallow 6.0. Cara Update Android Marshmallow di Evercoss One X juga sangat mudah, karena pihak Google telah memberikan update secara OTA (On The Air), jadi sobat deteknokers tak perlu khawatir terjadi bootlop apabila melakukannya. Nah bagi sobat deteknoekers yang ragu untuk melakukan Update Android Marshmallow pada Evercoss One X, mari kita simak step by stepnya, sesuai informasi yang kami lansir dari blog resmi Evercoss.

Cara Update Android Marshmallow di Evercoss One X

notifikasi pembaruan sistem

Notifikasi Pembaruan Sistem | Sumber : blog.evercoss.com

1. Notifikasi Pembaruan Sistem

Bagi sobat deteknokes yang memakai Evercoss One X akan mendapatkan notifikasi khusus pada layar lock screen atau status bar, yang berisi pemberitahuan bahwa pembaharuan sistem Android Marshmallow sudah tersedia. Sobat tinggal ketuk notifkasi tersebut, dan secara otomatis Evercoss One X akan mengunduh file sistem update yang dibutuhkan.  Saran kami, lebih baik memakai jaringan Wi-Fi agar proseses pengunduhan sistem bisa berjalan lancar, mengingat ukuran file yang harus di unduh berukuran diatas 300 mb.

2. Cek Pembaruan Sistem Manual

Cek Pemberitahuan Secara Manual

Pembaruan Sistem Manual | Sumber : blog.evercoss.com

Apabila tidak muncul notifikasi mengenai pembaharuan sistem, sobat deteknokers bisa melakukan pengecekan secara manual. Caranya adalah dengan masuk ke menu setelah (Settings) -> Tentang ponsel (About phone) -> Pembaruan sistem (System update). Seperti yang terlihat pada gambar diatas, awalnya Evercoss One X masih memakai sistem operasi Android Lollipop 5.1.1, dan bagi yang penasaran ingin merasakan kehebatan Android Marshmallow, langsung saja mengunduh file update sebesar 338.1 mb.

3. Mengunduh File Update

Unduh File Update

Unduh File Update | Sumber : blog.evercoss.com

Setelah proses pengunduhan file sebesar 338.1 mb selesai, sobat tinggal klik tulisan “Mulai Ulang & Pasang“, maka secara otomatis Evercoss One X akan melakukan restart untuk memasang file system Android Marshmallow yang kita unduh sebelumnya. Sayangnya processor ini akan memakan waktu cukup lama, karena membutuhkan waktu sekitar 30 menit hingga 1 jam. Owh ya, kami sarankan agar sobat memakai koneksi Wi-Fi mengingat file yang harus di unduh berukuran cukup besar, sehingga tidak menghabiskan kuota data yang sobat miliki.

4. Proses Update Android Marshammlow Selesai

Proses Update Selesai

Proses Update Selesai | Sumber : blog.evercoss.com

Setelah proses Update Android Marshmallow di Evercoss One X selesai, maka secara otomatis sistem operasi Evercoss One X yang sobat miliki telah berubah menjadi Android Marshmallow 6.0. Akan ada banyak perubahan yang sobat dapatkan setelah memakai sistem operasi terbaru ini. Terutama tampilan app drawer terbaru, dengan sistem scroll kebawah dan jenis font yang dipakainya. Selain itu, peningkatkan lainnya adalah optimasi managemen baterai lebih baik, sehingga terasa lebih irit ketika dipakai sehari-hari.

Itulah cara update Android Marshmallow di Evercoss One X, sangat gampang bukan ?. Setelah memakai Android Marshmallow 6.0, tentunya kemampuan Evercoss One X semakin meningkat. Tidak hanya irit, namun keamanan dalam menjalankan aplikasi juga semakin optimal, karena sudah ada kontrol izin aplikasi lebih bak dibandingkan sistem operasi Android sebelumnya. Selain itu, tersedia pula fitur Google Now on Tap yang mempermudah sobat mencari informasi secara otomatis dengan menekan tombol home beberapa saat .