Cara Screenshot Samsung J7 Pro, Gunakan Aplikasi Screenshot Gratis dan Tombol Screenshot!

Cara Screenshot Samsung J7 Pro – Screenshot atau proses mengambil gambar pada smartphone adalah salah satu aktivitas yang biasa dan sering digunakan oleh para pengguna ponsel pintar. Tersedianya fitur screenshot pada sebuah ponsel pintar merupakan fungsi yang sangat penting dan juga sangat bermanfaat. Dengan adanya fitur ini pengguna ponsel pintar dapat menyimpan berbagai informasi penting seperti alamat, resep, desain, lirik lagu dan masih banyak lagi yang lainnya. Maka dari itu tidak salah apabila hampir semua ponsel pintar kini dibekali dengan fitur screenshot, termasuk juga di Hp Samsung J7 Pro.

Namun, terkadang beberapa orang justru merasa kebingungan untuk mengambil gambar atau melakukan screenshot di Hp Samsung J7 Pro. Maka dari itu artikel Detekno kali ini akan mengulas cara screenshot hp Samsung J7 Pro yang bisa sobat lakukan dengan menggunakan beberapa cara dan bisa dilakukan dengan mudah tentunya. Mulai dari menggunakan tombol screenshot, hingga menggunakan aplikasi screenshot android. Simak berikut ulasannya selengkapnya mengenai Cara Screenshot Samsung J7 Pro :

 

Cara Screenshot Samsung J7 Pro, Gunakan Aplikasi Screenshot Gratis dan Tombol Screenshot!

 

Sekedar informasi saja bahwa Samsung J7 Pro mengusung layar seluas 5.5 inchi yang didukung teknologi panel layar berjenis PLS TFT capacitive touchscreen beresolusi 1080 x 1920 pixel. Samsung J7 Pro mengandalkan prosesor Exynos 7870 Quad (14 nm) dan untuk memperlancar kinerjanya, ponsel ini dipadukan dengan CPU Quad-core 1.6 GHz Cortex-A53 dan grafis Mali-T830 MP1. Samsung J7 Pro ini dibekali dengan dua pilihan kapasitas RAM 3 GB dan memori internal 16 GB atau 32 GB. Samsung membekali ponsel buatannya ini dengan resolusi kamera utama 13 MP dan untuk kamera selfie 8 MP. Untuk mendukung seluruh kinerja sistemnya, ponsel ini dibekali baterai Li-Ion dengan kapasitas 3300 mAh.

 

Tutorial Screenshot Hp Samsung Galaxy J7 Pro

 

  1. Screenshot Menggunakan Tombol Kombinasi

Cara pertama yang bisa sobat gunakan adalah dengan memanfaatkan tombol kombinasi. Hampir semua ponsel dibekali cara screenshot dengan menggunakan tombol kombinasi ini. Termasuk juga pada HP Samsung J7 Pro. Bisa dibilang hampir semua orang pasti mengenal dan mengetahui cara screenshot pada Hp Samsung J7 Pro menggunakan cara kombinasi tombol power (+) dan home. Caranya ikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Pastikan bahwa Hp Samsung J7 Pro sobat telah dalam keadaan aktif dan tidak terkunci.
  • Kemudian buka layar, situs, gambar atau tampilan lainnya yang ingin sobat screenshot.
  • Selanjutnya langsung saja sobat tekan kombinasi tombol “volume bawah + home” atau juga bisa menggunakan button “power + home” secara bersamaan hingga terlihat layar telah berkedip melakukan screenshot. Biasanya pada proses screenshot akan diiringi dengan getaran dan bunyi suara jepretan.
  • Secara otomatis, layar yang ingin sobat screenshot telah berhasil di screenshot. Dan untuk melihat hasil screenshot, sobat hanya perlu membuka saja aplikasi Galery.
  • Sobat juga dapat memilih beberapa fitur pilihan untuk melakukan editing pada hasil screenshot seperti draw, crop, dan juga share ke media sosial.
Cara Screenshot Samsung J7 Pro

Cara Screenshot Samsung J7 Pro

  1. Cara Screenshot Panjang

Jika sobat menginginkan screenshot pada satu halaman penuh maka bisa menggunakan tips ini. Fitur screenshot panjang memungkinkan sobat untuk menyimpan informasi dengan lebih detail dan lengkap. Berikut langkah-langkahnya :

  • Pertama, bukan menu Settings di HP Samsung J7 Pro yang sobat Detekno gunakan.
  • Selanjutnya pilih menu Advanced Features, dan aktifkan menu Smart Capture.
  • Kemudian sobat tentukan halaman atau area mana yang ingin di screenshot.
  • Lanjutkan dengan menekan tombol “power + home” atau “volume bawah + home” secara bersamaan dan tahan selama beberapa detik hingga layar berkedip dan terdengar suara shutter kamera dimana tanda tersebut menandakan screenshot telah berhasil di lakukan.
  • Hasil screenshot akan muncul dan terlihat beberapa menu pengaturan seperti Capture More/Scroll CaptureShare, dan juga Crop.
  • Jika sobat ingin mengambil screenshot panjang, maka pilih saja menu Capture More/Scroll Capture.
  • Setelah memilih menu Capture More/Scroll Capture, maka sobat akan menerima instruksi untuk mengambil screenshot lagi.
  • Hasil screenshot panjang ini bisa sobat lihat pada bar notifikasi atau bisa juga melihat langsung di galeri.
  • Selesai.
Cara Screenshot Samsung J7 Pro

Cara Screenshot Samsung J7 Pro

  1. Screenshot menggunakan Aplikasi

Sobat juga bisa melakukan screenshot di Hp Samsung J7 Pro dengan menggunakan aplikasi. Ada banyak aplikasi screenshot yang bisa sobat temukan di Google Play Store. Salah satunya aplikasi screenshot yang bisa sobat gunakan adalah ‘Easy Screenshot’. Untuk menggunakan aplikasi screenshot ini juga sangat mudah, ikuti langkah-langkahnya di bawah ini :

  • Download aplikasi ‘Easy Screenshot’ terlebih dahulu bila sobat belum memiliki aplikasi
  • Selanjutnya langsung saja install dan tunggu sampai proses instal selesai.
  • Setelah proses install selesai, langsung saja buka aplikasi ‘Easy Screenshot’.
  • Jika aplikasi meminta akses, silakan berikan saja dengan klik ijinkan.
  • Setelah aplikasi terbuka, sobat bisa mengatur cara screenshot menggunakan aplikasi ‘Easy Screenshot’ sesuai dengan yang sobat inginkan.
  • Pada tampilan awal sobat bisa menggunakan fitur Shake (mengocok) untuk mengambil screenshot.
  • Selanjutnya silakan sobat buka layar yang ingin di screenshot dan sobat hanya perlu melakukan shake atau mengkocok HP Samsung J7 Pro dan kemudian tunggu beberapa saat sampai ada suara dan getaran, dan dengan begitulah screenshot berhasil.
  • Selesai.
Cara Screenshot Samsung J7 Pro

Cara Screenshot Samsung J7 Pro

Banyak sekali sebenarnya aplikasi screenshot yang bisa sobat gunakan dan tersedia secara gratis di Google Play Store. Berikut beberapa rekomendasi aplikasi screenshot yang bisa sobat Detekno gunakan :

  • Screenshot Capture Recorder
  • Screenshot touch
  • Screenshot Easy
  • Screen Master
  • Take Screenshot
  • Screen Grabber
  • Perfect Screen Shot (Classic)

 

Setelah sobat telah selesai melakukan banyak screenshot pada HP Samsung J7 Pro, maka sobat bisa langsung melihat hasil screenshot tersebut pada menu galeri. Buka galeri dan carilah menu folder screenshot, nantinya hasil screenshot akan terlihat di dalam galeri tersebut. Nah tidak sulit bukan mengikuti tutorial ini, kini sobat tidak perlu bingung lagi untuk melakukan screenshot pada HP Samsung J7 Pro.

 

Demikian beberapa informasi mengenai Cara Screenshot Hp Samsung J7 Pro yang sudah Detekno berikan. Cara ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat bukan? Dengan adanya fitur screenshot kini sobat dapat menyimpan berbagai file penting seperti lirik lagu, gambar, desain, resep, peta, dan masih banyak lagi lainnya dengan mudah. Semoga seluruh informasi diatas dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Screenshot Samsung J7 Pro langsung dari ponsel tersebut ataupun bisa juga dilakukan dengan menggunakan aplikasi screenshot. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya sobat!