Cara Root Samsung J1, Gunakan KingRoot dan Framroot Tanpa PC

Cara Root Samsung J1 – Samsung J1 menjadi salah satu produk smartphone Samsung yang cukup laris dan banyak diminati, termasuk juga di Indonesia. Produk buatan Samsung ini masuk dalam daftar top penjualan smartphone jenis Android. Contoh beberapa perangkat yang cukup sukses di pasaran lainnya adalah Galaxy A Series, J Series, Galaxy Note, Galaxy S dan masih banyak lagi yang lainnya. Dikenal karena daya tahannya, banyak penggunanya perangkat Samsung J1 ini melakukan root untuk memodifikasi sistem agar kinerja ponsel semakin gesit.

Jika sobat Detekno melakukan root pada HP Samsung J1, maka sobat akan dapat menginstal custom ROM yang didasarkan pada versi Android yang lebih baru sehingga ponsel akan memiliki lebih banyak fitur dan pilihan kustomisasi. Rooting juga dapat memungkinkan sobat untuk menghapus aplikasi yang tidak diinginkan yang diinstal oleh carrier atau oleh produsen. Disisi lain sobat juga dapat melakukan uninstall aplikasi bawaan pada ponsel yang sobat gunakan untuk membuat ruang penyimpanan lebih banyak dan kinerja prosesor akan menjadi lebih ringan dan hal ini tidak akan membuat ponsel cepat panas.

Proses root bisa dilakukan pada semua jenis smartphone Android, namun jika bootloadernya telah berhasil di buka (unlock). Biasanya proses unlock bootloader ini dilakukan menggunakan PC, tapi bagi sobat Detekno yang tidak memiliki PC jangan khawatir karena ada cara lain untuk root namun tidak menggunakan PC. Berikut Cara Root Samsung J1  semua tipe yang bisa dilakukan dengan menggunakan PC atau juga bisa dilakukan tanpa menggunakan PC.

 

Cara Root Samsung J1 & Semua Tipe Menggunakan KingRoot dan Framroot Tanpa PC

 

1. Cara Root HP Samsung J1 dengan KingRoot

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara root tanpa PC menggunakan Kingroot :

  • Cara root tanpa PC yang pertama adalah buka menu Setting pada perangkat HP Samsung J1 yang sobat digunakan. Pada menu Setting, pilihlah menu Security. Kemudian sada bagian Device Administration, aktifkan opsi Unknown Source dengan memberi tanda centang di sampingnya.
  • selanjutnya unduh aplikasi Kingroot melalui situsnya (https://kingroot.net/). Lebih baik jika sobat mengunduh aplikasi Kingroot versi terbaru.
  • Setelah proses pengunduhan berhasil, install aplikasi Kingroot pada perangkat HP Samsung J1 yang sobat gunakan.
  • Saat Kingroot sudah terinstal pada perangkat, langkah selanjutnya adalah membuka aplikasi tersebut dan sobat bisa segera memulai proses rooting.
  • Tekan tombol biru bertuliskan “START ROOT” pada aplikasi tersebut dan proses root pada perangkat HP Samsung J1 akan berjalan. Biasanya proses rooting ini akan memerlukan waktu beberapa menit saja. Jadi tunggu sebentara hingga proses root benar-benar selesai.
  • Jika proses root telah selesai, nantinya akan muncul sebuah pesan bertuliskan “Root Successfully” untuk menunjukkan bahwa proses root yang sobat Detekno lakukan telah berhasil.
  • Langkah terakhir yang harus sobat lakukan adalah restart HP Samsung J1 tersebut, hal ini bertujuan menyempurnakan seluruh proses rooting yang telah sobat lakukan mulai awal hingga akhir.
Cara Root Samsung J1

Cara Root Samsung J1

2. Cara Root HP Samsung J1  dengan Framaroot

Berikut ini merupakan langkah-langkah cara root tanpa PC menggunakan Framaroot :

  • Pertama sobat aktifkan USB Debugging dan OEM Unlock terlebih dahulu.
  • Periksa terlebih dulu daya baterai pada HP Samsung J1, pastikan daya baterai diatas 50%. Hal ini untuk menjaga Hp sobat agar tidak mati pada saat proses rooting dilakukan.
  • Selanjutnya download Aplikasi Apk Framaroot, usahakan versi yang paling baru .
  • Jika aplikasi tersebut telah berhasil di download, selanjutnya install aplikasi Apk Framaroot.
  • Kemudian buka aplikasi framroot. Jika sudah terbuka maka akan tampil beberapa fitur dari aplikasi Framaroot.
  • Cari dan pilih menu “Install SuperSU”.
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih “Gandalf” dan tunggu sebentar hingga proses root benar-benar
  • Jika sudah selesai maka akan muncul notifikasi “success supersu anda subinary have ben installed “you have to reboot your devices”.
  • Langkah terakhir yang harus sobat lakukan adalah klik tombol “OK”.
  • Setelah itu HP Samsung J1 akan restart atau reboot secara otomatis. Hal ini menandakan bahwa proses rooting berhasil dilakukan.
Cara Root Samsung J1

FramaRoot

Untuk memastikan dan juga melakukan pengecekan bahwa HP Samsung J1 yang sobat gunakan sudah berhasil di root, cobalah untuk mendownload aplikasi “Root Checker”.  Cara root menggunakan aplikasi Kingroot kini tentu lebih fleksibel dan bisa sobat dilakukan dimana saja. Hal tersebur karena, sobat tidak perlu menghubungkan perangkat HP Samsung J1 terlebih dahulu dengan PC. Tidak heran apabila cara root dengan menggunakan Kingroot tanpa PC ini memang lebih banyak digunakan.

Cara Root Samsung J1

Root Samsung J1

Peringatan!! Segala akibat mencoba tips ini ditanggung sendiri ya sobat. Karena seperti yang sobat ketahui dengan melakukan root maka garansi smartphone akan hangus. Selain itu jika nantinya terjadi sesuatu seperti soft-bricked atau hard-bricked, maka itu bukan tanggung jawab Detekno. Maka dari itu pikir-pikir terlebih dahulu apakah memang perlu melakukan root pada smartphone yang sobat gunakan.

 

Cara root yang telah Detekno rangkumkan ternyata tak serumit yang dibayangkan bukan? Melalui proses rooting menggunakan aplikasi Kingroot ini, sobat Detekno bisa menikmati kinerja HP Samsung J1 yang lebih optimal. Demikian informasi mengenai Cara Root Hp Samsung J1 yang telah Detekno rangkumkan dan cara ini bisa dilakukan dengan mudah agar sobat dapat melakukan custom sistem pada HP Samsung J1 yang sobat gunakan. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Root Samsung J1 menggunakan PC dan tanpa menggunakan PC. Selamat mencoba Sobat, semoga berhasil!