Ponsel Android Hilang? Simak Berikut Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat Smartphone merupakan barang yang selalu dan wajib dibawa oleh semua orang di segala aktifitasnya. Ponsel pintar ini dapat digunakan untuk mencari arah jalan, membaca berita terbaru, mencari tempat restoran terdekat, membuka aplikasi media social, menonton film ataupun mendengarkan musik. Lalu bagaimana jika smartphone tersebut hilang, lupa meninggalkan dimana ataupun dicuri? Namun jangan khawatir karena ponsel yang hilang, terselip ataupun dicuri karena Detekno memiliki cara mudah untuk melacak Hp Android yang hilang dengan cepat dan mudah. Simak informasi berikut ini :

 

Ponsel Android Hilang? Simak Berikut Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

 

  1. Mengunakan Situs Pencari Google

Langkah pertama yang harus dilakukan yakni buka browser di PC atau laptop Anda dan selanjutnya masukkan ” find my phone” pada laman Google lalu tekan Enter. Selanjutnya disini pengguna akan diminta untuk memasukkan akun dan password Google (Gmail) yang digunakan di ponsel Android. Kemudian mesin pencari Google akan memproses dan menunjukkan peta lokasi ponsel berada dengan tanda ikon lingkaran berwarna biru yang mana peta tersebut muncul di bagian paling atas dari hasil pencarian.

Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Situs Pencari Google

Dari peta tersebut perhatikan bagian kanan bawah peta yang tepatnya di sebelah kanan nama ponsel akan muncul ikon ponsel serta menu “Ring” atau “Deringkan”. Selanjutnya klik menu tersebut agar ponsel berdering dalam waktu lima menit dan apabila ponsel hanya terselip di suatu ruangan, maka akan muncul suara dering.

Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Cara berikutnya adalah dengan menggunakan menu “Recover” yang dapat digunakan untuk mengamankan ponsel yang hilang, agar ponsel tersebut tidak dapat diakses oleh orang yang tidak diinginkan. Jika Menu Recover diklik maka akan membuat ponsel yang hilang tersebut terkunci secara otomatis dan akan menampilkan lockscreen bertuliskan “This phone is lost please help give it back” yang berarti ponsel tersebut hilang dan tolong bantu untuk dikembalikan. Pada cara ini, pengguna juga dapat memasukkan nomor telepon yang bisa dihubungi agar ponsel tersebut dapat ditelepon oleh orang yang menemukan.

 

  1. Android Device Manager (ADM)

Cara mudah untuk melacak Hp Android yang hilang dengan cepat dan mudah lainnya adalah dengan menggunakan Android Device Manager (ADM) yang memiliki fitur lengkap seperti melacak, menghapus data, ataupun membunyikan ponsel Android dari jarak jauh. Untuk menggunakan Android Device Manager (ADM), pengguna dapat mengaksesnya melalui www.google.co.id/android/devicemanager bisa menggunakan laptop atau PC.

Cara Mudah Melacak HP Android yang Hilang dengan Cepat

Android Device Manager (ADM)

Selanjutnya akan tampil sebuah peta khusus dari aplikasi ADM yang pada sisi kiri atas layar terdapat tab bertuliskan jenis ponsel yang menggunakan akun Gmail pengguna. Pada kolom nama dan kode smartphone, pengguna bisa menemukan tiga menu yakni menu Ring, Lock serta Erase.

 

Baca Juga : 3 Tips Membuka Smartphone Android yang Lupa Password

Fungsi Ring berfungsi untuk menghidupkan dering pada ponsel dan akan berguna jika pengguna lupa menaruh ponsel. Selanjutnya untuk menu Lock dapat digunakan untuk mengunci ponsel dari jarak yang jauh, namun sebelumnya pengguna akan diminta untuk memasukkan password baru untuk mengunci ponsel, serta nomor telepon yang dapat dihubungi. Dan yang terakhir terdapat menu “Erase”, dimana menu ini berfungsi untuk menghapus/ menghilangkan seluruh data di dalam ponsel yang hilang agar data tersebut tidak bisa diakses oleh orang lain yang menemukan ponsel tersebut. Untuk informasi, langkah – langkah di atas dapat dilakukan jika ponsel Android yang hilang dalam kondisi aktif atau menyala dan terhubung dengan akses internet.

Sumber : Kompas.com