Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo – Oppo merupakan perusahaan ponsel cerdas yang memiliki segmen pasar sangat luas dan banyak digunakan di seluruh dunia, termasuk juga di Negara Indonesia. Hampir tidak ada yang tidak mengenal produsen elektronik dan gadget dunia asal Korea Selatan ini. Perangkat dan juga teknologi terbaru yang digunakan membuat Oppo semakin mudah mengembangkan bisnis perangkat elektroniknya.

Ponsel produksi Oppo ini terbilang salah satu produksi elektronik yang awet dan memiliki tingkat keamanan tinggi untuk digunakan hingga beberapa tahun kedepan. Hal ini juga yang menjadi salah satu alasan banyak orang sehingga lebih memilih untuk membeli perangkat Oppo untuk sebuah ponsel dengan kualitas tinggi. Oppo juga terkenal dengan pengembangan teknologi salah satu teknologi maju yang mereka gunakana adalah chipset yang mendukung jaringan 4G.

Namun kini seiring produksi yang juga digunakan oleh berbagai vendor, frekuensi jaringan 4G tidak hanya digunakan oleh perangkat keluaran Oppo saja, melainkan juga pada berbagai tipe dan merk smartphone lain seperti LG, Oppo, Xiaomi, Lenovo, Huawei, HTC, Honor, Vivo, Advan dan masih banyak lagi yang lainnya. Mungkin ada beberapa dari sobat Detekno yang baru saja membeli ponsel Oppo dan ingin melakukan pergantian koneksi dari 3G ke 4G namun tidak mengerti bagaimana cara untuk melakukannya. Pada artikel kali ini Detekno akan mengulas dengan lengkap beberapa Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo yang bias sobat Detekno lakukan untuk mengubah dukungan jaringan ponsel Oppo dari 3G menjadi 4G dengan mudah.

 

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo, Ganti Koneksi Agar Lebih Cepat!

 

Seperti yang sobat ketahui bahwa Oppo memiliki dua tampilan UI khas buatan mereka yang pertama adalah Grace UI dan yang kedua adalah TouchWiz UI. Kedua interface tersebut memiliki tampilan dan beberapa letak fungsi yang berbeda-beda. Sehingga hal ini tentu akan memengaruhi untuk melakukan pengaturan pada pemindahan jaringan 3G ke 4G.

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

Saat ini cakupan jaringan 4G sudah semakin meluas dimana-mana termasuk juga di Negara Indonesia, kini ponsel yang mendukung jaringan 4G pun juga semakin banyak dan mudah sobat temukan. Jika sobat ada memiliki ponsel Oppo, simak berikut cara merubah jaringan dari 3G ke 4G pada HP Oppo sehingga sobat Detekno dapat merasakan manfaat dan kelebihan menggunakan jaringan 4G.

1. Gunakan Menu Pengaturan SIM

Salah satu cara merubah jaringan dari 3G ke 4G pada HP Oppo yang paling mudah dilakukan adalah dengan menggunakan menu pengaturan yang telah tersedia. Ikuti langkah-langkahnya dibawah ini:

  • Pertama masuk ke menu penyetelan ponsel dengan cara membuka menu aplikasi Settings pada ponsel Oppo yang sobat gunakan.
  • Selanjutnya carilah menu pengaturan yang bernama “Connections” dan klik pada bagian menu tersebut.
  • Kemudian sobat akan masuk ke menu Connections, dan disini coba telusuri bagian bawah menu untuk menemukan menu yang bernama “Mobile networks”. Lanjutkan dengan klik menu tersebut.
  • Langkah berikutnya sobat akan diperlihatkan mengenai detail kartu SIM yang terpasang di ponsel Oppo. Jika ponsel Oppo berjenis dual SIM, maka akan terlihat penyetelan untuk 2 kartu SIM sedangkan jika ponsel Oppo berjenis single SIM maka hanya akan terlihat penyetelan untuk 1 kartu SIM saja.
  • Pilihlah mana kartu SIM yang diinginkan untuk mengaktifkan koneksi jaringan 4G.
  • Selanjutnya akan tampil pilihan untuk memilih mode jaringan yang dianjurkan untuk kartu SIM tersebut, pilihlah mode 4G/3G/2G (otomatis).

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G OppoCara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

  • Sekarang ponsel Oppo yang sobat gunakan akan secara otomatis terhubung ke jaringan 4G selama berada di area yang tercakup di jaringan 4G. namun jika tidak tercakup jaringan 4G, maka ponsel Oppo akan secara otomatis mengkoneksikan ke jaringan 3G atau 2G.

 

2. Gunakan Kode Rahasia

Mungkin beberapa dari sobat Detekno ada yang belum mengetahui jika ponsel jenis Android ini memiliki sebuah kode rahasia yang bisa digunakan untuk menrubah koneksi jaringan dari 3G ke 4G. Penasaran dengan cara ini? Berikut tutorial selengkapnya :

  • Pertama buka menu panggilan telepon dan pada dialpad ketiklah kode berikut ini : *#*#4636#*#*.
Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

  • Kode tersebut merupakan cara pintas untuk bisa masuk ke salah satu menu rahasia milik ponsel dengan sistem operasi Android. Isi pada menu tersebut adalah pengaturan koneksi jaringan yang dimiliki ponsel Xiaomi.
  • Begitu menu ini terbuka, maka lanjutkan dengan memilih “Phone Information” dan geser ke bagian paling bawah. Cari tulisan “Set preferred network type” dan lanjutkan dengan klik tulisan tersebut agar muncul berbagai daftar jaringan yang didukung oleh ponsel Oppo milik sobat.
  • Nantinya akan muncul berbagai jenis koneksi contohnya seperti 2G, CDMA, EvDo, GSM, 3G, LTE atau Perlu untuk diketahui, bahwa menu pilihan jaringan tersebut tidak akan bisa diubah jika sobat menggunakan ponsel Oppo dalam keadaan kartu SIM terpasang. Maka dari itu pastikan untuk melepasnya terlebih dahulu sebelum melakukan proses ini.
  • Pilih jaringan “LTE only” atau sobat juga bisa menggunakan pilihan LTE/GSM/CDMA (otomatis). Jika sudah memilih koneksi jaringan maka tekan tombol back (kembali) dan lihat apakah simbol “4G” sudah muncul pada bagian bar di atas.
Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo

  • Jika belum maka coba restart ponsel untuk memastikan jika ponsel Oppo yang sobat gunakan sudah benar-benar berubah ke jaringan 4G.

 

Namun perlu diingat jika langkah-langkah diatas untuk merubah jaringan 3G ke 4G pada ponsel Oppo ini hanya dapat dilakukan dan akan berhasil jika ponsel Oppo yang sobat gunakan memang mendukung jaringan 4G. Jika ponsel Oppo tersebut tidak mendukung jaringan 4G, maka solusinya hanyalah dengan membeli ponsel Oppo baru yang sudah mendukung jaringan 4G.

 

Nah, bagiamana sekarang kondisi ponsel Oppo milik sobat? Sudah bisa terhubung dengan jaringan 4G bukan?  Cara ini sangat mudah untuk dilakukan. Demikian informasi mengenai cara untuk mengganti koneksi jaringan 3G ke 4G yang bisa dilakukan dengan mudah agar HP Oppo dapat menjalankan koneksi jaringan 4G yang lebih cepat. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Merubah Jaringan 3G ke 4G Oppo. Selamat mencoba dan semoga berhasil sobat!