Cara Menyembunyikan Item di Desktop Windows 10

Cara Menyembunyikan Item di Desktop – Ikon desktop adalah gambar kecil yang mewakili folder, file, dan aplikasi. Windows 10 yang baru diinstal akan memiliki setidaknya satu ikon Recycle Bin. Kebanyakan ikon desktop akan menjadi jalan pintas ke file dan program yang sering digunakan. Terkadang pengguna ingin menyembunyikan ikon ini untuk tangkapan layar atau menyembunyikannya dari pengguna standar. Bergantung pada situasinya, ada berbagai cara untuk menyembunyikan ikon di desktop. Pada artikel ini, kami akan menunjukkan kepada Anda metode-metode yang dengannya Anda dapat dengan mudah menyembunyikan atau menonaktifkan ikon di desktop. Berikut Cara Menyembunyikan Item di Desktop.

 

Cara Menyembunyikan Item di Desktop Windows 10

 

Menyembunyikan dan Menonaktifkan Semua Item di Desktop

Ada beberapa metode untuk menyembunyikan dan menonaktifkan semua item di desktop. Metode termudah dan default adalah melalui menu konteks. Ini paling baik digunakan saat Anda ingin menyembunyikan sementara ikon untuk tangkapan layar atau layar perekaman. Diperlukan dua klik untuk menyembunyikan dan menampilkannya kembali dengan cukup cepat. Metode lain digunakan ketika administrator ingin menjaga desktop tetap bersih. Pengguna juga tidak dapat mengklik kanan pada desktop melalui metode ini. Bergantung pada apa yang ingin Anda capai dengan menyembunyikan ikon di desktop, pilih metode di bawah ini yang terbaik untuk Anda.

 

Metode 1 : Menggunakan Menu Konteks Desktop

Ini adalah yang paling umum dan metode default untuk menyembunyikan ikon di desktop. Cukup klik kanan di mana saja di desktop, pilih Lihat lalu klik Tampilkan ikon desktop. Ini akan menyembunyikan semua ikon di desktop. Anda juga dapat menampilkan kembali ikon dengan mengklik opsi Tampilkan ikon desktop yang sama.

Cara Menyembunyikan Item di Desktop

Item di Desktop

 

Metode 2 : Menggunakan Editor Kebijakan Grup Lokal

Editor Kebijakan Grup Lokal adalah fitur Windows di mana pengguna dapat mengelola dan mengkonfigurasi sistem operasi Windows. Administrator dapat menggunakan Editor Kebijakan Grup untuk mengizinkan atau mencegah banyak pengaturan berbeda untuk Windows. Pengaturan kebijakan yang menyembunyikan atau menonaktifkan ikon desktop dapat ditemukan di kategori pengguna Editor Kebijakan Grup. Dengan mengaktifkan kebijakan ini semua ikon akan hilang dan pengguna tidak akan dapat mengklik kanan di desktop. Namun, Editor Kebijakan Grup Lokal tidak tersedia di Windows Home Edition. Jika Anda menggunakan Jendela Edisi Rumah, lewati metode ini dan coba Metode Editor Registri.

Jika Anda memiliki Editor Kebijakan Grup Lokal di sistem Anda, ikuti panduan di bawah ini:

  • Tahan tombol Windows dan tekan R untuk membuka dialog Jalankan. Kemudian, ketik “gpedit.msc” dan tekan tombol Enter untuk membuka Editor Kebijakan Grup Lokal.
  • Arahkan ke pengaturan berikut di Konfigurasi Pengguna Editor Kebijakan Grup Lokal : User Configuration\Administrative Templates\Desktop

    Cara Menyembunyikan Item di Desktop

    Menyembunyikan Item di Desktop

  • Klik dua kali pada pengaturan bernama “Sembunyikan dan nonaktifkan semua item di desktop”. Ini akan terbuka di jendela baru, ubah sakelar dari Not Configured menjadi Enabled. Klik pada tombol Apply dan Ok untuk menyimpan perubahan.
  • Setelah pengaturan diaktifkan, pastikan untuk memulai ulang komputer untuk melihat perubahan. Setelah restart, semua ikon akan hilang dan Anda tidak dapat mengklik kanan pada desktop.
  • Untuk memperlihatkan ikon desktop, cukup ubah sakelar kembali ke Tidak Dikonfigurasi di pengaturan Editor Kebijakan Grup Lokal.

 

Metode 3 : Menggunakan Editor Registri

Metode Editor Registri berfungsi sama dengan metode Editor Kebijakan Grup Lokal. Setiap perubahan yang dilakukan melalui Editor Kebijakan Grup Lokal akan secara otomatis memperbarui pengaturan yang sama di Editor Registri. Beberapa nilai kunci akan hilang dan pengguna harus membuatnya secara manual untuk membuatnya berfungsi. Cara ini juga menyembunyikan semua item dan menonaktifkan klik kanan di desktop. Ikuti langkah-langkah di bawah ini untuk mencobanya:

  • Tekan tombol Windows + R bersamaan untuk membuka dialog Jalankan. Sekarang ketik “regedit” di dalamnya dan tekan tombol Enter untuk membuka Registry Editor. Pilih opsi Ya untuk prompt UAC (Kontrol Akun Pengguna).
  • Di panel kiri Editor Registri, navigasikan ke kunci berikut : HKEY_CURRENT_USER\Software\Microsoft\Windows\CurrentVersion\Policies\Explorer
  • Di tombol Explorer, klik kanan pada panel kanan dan pilih opsi New> DWORD (32-bit) Value. Beri nama nilai yang baru dibuat sebagai “NoDesktop”.

    Cara Menyembunyikan Item di Desktop

    Cara Menyembunyikan Item di Desktop

  • Klik dua kali pada nilai NoDesktop dan ubah data nilai menjadi 1.
  • Terakhir, restart komputer untuk melihat perubahan melalui pengaturan ini. Semua ikon di desktop akan hilang dan pengguna tidak akan dapat mengklik kanan di mana pun di desktop.
  • Untuk menonaktifkan pengaturan ini dan menampilkan pintasan, cukup ubah data nilai ke 0 atau hapus nilai NoDesktop di editor registri. Ini akan menonaktifkan pengaturan dan semuanya akan kembali normal.

 

Demikian ulasan mengenai beberapa Cara Menyembunyikan Item di Desktop yang bisa sobat Detekno lakukan dengan mudah dan cepat. Semoga informasi ini dapat membantu dan bermanfaat, nantikan artikel menarik Detekno lainnya 🙂