Punya Foto Pribadi, Begini 5 Cara Menyembunyikannya

Detekno.com – Para pengguna ponsel android seringkali mengeluhkan foto pribadinya diketahui dan disalahgunakan oleh orang lain. Padahal, di hp tersebut ada banyak foto berharga yang dimiliki. Jika kamu juga memiliki kekhawatiran dengan masalah seperti ini, sebenarnya ada trik khusus yang bisa dilakukan agar foto pribadi di ponsel bisa lebih terjaga privasinya. Yaitu dengan menyembunyikan foto tersebut agar tidak mudah ditemukan orang lain. Berikut uraian selengkapnya mengenai cara menyembunyikan foto di android yang bisa kamu ikuti.

 

Langkah dan Cara Menyembunyikan Foto di Android

Jika ponsel kamu sering beralih ke tangan-tangan lain seperti teman atau keluarga, resiko diaksesnya foto-foto pribadi di ponsel tersebut tentu akan semakin besar. Padahal, kamu merupakan orang yang sulit untuk mengatakan tidak saat mereka ingin meminjamnya. Jika demikian, kamu sebenarnya hanya perlu menerapkan beberapa cara menyembunyikan foto di android seperti yang akan disampaikan berikut ini. Apa sajakah itu?

  1. Menggunakan Hide it Pro Android

Salah satu cara menyembunyikan foto di android yang bisa kamu lakukan adalah dengan menggunakan aplikasi Hide It Pro Android. Karena berupa aplikasi, tentu hal pertama yang harus dilakukan adalah menginstal aplikasi itu terlebih dahulu. Setelah membuka Hide It Pro yang telah terinstall, kamu bisa memanfaatkan fitur di dalamnya untuk mengunci foto pribadi yang dimiliki. Jangan khawatir karena untuk membuka file foto yang disembunyikan ada kode PIN rahasia yang bisa kamu atur sendiri.

Aplikasi ini juga memiliki fitur Audio Manager. Fitur unik ini merupakan fitur yang membuat Hide It Pro Android bisa menyamar sebagai pengubah volume pada ponsel. Hanya saja, saat menekan lama pengatur volume Audio Manager, aplikasi ini dapat menampilkan file foto pribadi yang disembunyikan. Jadi, kamu tahu apa yang harus dihindari bukan?

cara menyembunyikan foto di android

cara menyembunyikan foto di android

  1. Menggunakan aplikasi Hide Photo Android

Cara selanjutnya yang juga bisa kamu coba adalah dengan menggunakan Hide Photo Android. Dari namanya, kamu tentu sudah tahu fungsi utama dari aplikasi ini, bukan? Ya, menggunakan aplikasi Hide Photo Android merupakan salah satu cara menyembunyikan foto di android yang kamu miliki. Lalu, bagaimana cara menyembunyikan foto pribadi dengan aplikasi ini? Kamu hanya perlu memindahkan foto pribadi yang dimiliki ke folder khusus. Folder inilah yang nantinya diberi terapan password yang bisa berupa pola atau Pin kode untuk membukanya.

Meskipun memiliki kekurangan dimana si pengguna harus terlebih dahulu memindahkan foto yang dimiliki ke folder khusus, Hide Photo Android memiliki kelebihan di aspek lainnya. Aplikasi ini cukup mudah dan simpel digunakan. Selain itu, ukuran file aplikasinya juga ringan sehingga tidak akan memberatkan kerja RAM. Satu hal lagi, aplikasi ini terbukti aman untuk digunakan sebagai pelindung privasi foto pribadi di ponsel android.

  1. Menggunakan App Lock Android

Jika kamu merasa kurang puas menggunakan dua pilihan aplikasi di atas, masih ada beberapa aplikasi lainnya yang bisa digunakan untuk menjaga privasi file foto pribadi agar tidak ditemukan orang lain. Cara menyembunyikan foto di android tersebut bisa dilakukan dengan menerapkan App Lock Android. Untuk menggunakan aplikasi ini, kamu tidak hanya bisa menyembunyikan file foto saja melainkan juga data penting lainnya di android seperti dokumen, sms, video, dan sebagainya. Untuk melindungi file-file penting tersebut, kamu hanya perlu membuat password atau PIN sendiri.

Apabila kamu ingin agar orang lain tidak mengetahui bahwa kamu menggunakan program penyembunyi file atau aplikasi, App Lock Android masih bisa kamu sembunyikan icon-nya. Caranya adalah dengan melakukan pengaturan lanjutan di aplikasi tersebut. Dengan begitu, tidak ada orang usil yang akan mampu mengakses data-data pribadimu.

  1. Dengan aplikasi GalleryVault Android

Cara lainnya yang tidak kalah manjur untuk dicoba saat kamu ingin melindungi file foto pribadi di ponsel android adalah dengan menggunakan GalleryVault Android. Seperti App Lock, aplikasi canggih ini tidak hanya bisa kamu gunakan untuk melindungi file foto di galeri saja melainkan juga menu penting lainnya seperti SMS, aplikasi sosial media, Log panggilan, dan sebagainya. Apabila menggunakan versi premium dari aplikasi ini, kamu bisa memanfaatkan fitur terbaik di dalamnya seperti stealth mode, penyimpanan cloud, dan umpan kubah.

Menariknya, tidak seperti aplikasi lainnya yang dirancang dengan desain standar modern, GalleryVault didesain sedemikian rupa sehingga tampak cantik dan menarik. Hal ini tentu akan semakin menambah keasyikan si pengguna saat menelusuri media dalam ponsel android-nya.

  1. Tanpa menggunakan aplikasi

Cara menyembunyikan foto di android yang terakhir pada kesempatan ini adalah tanpa menggunakan aplikasi tambahan seperti beberapa poin di atas. Bagaimanakah caranya? Pertama, kamu bisa membuka file manager atau file Explorer seperti menggunakan ES File Explorer di ponsel android terlebih dahulu. Setelah itu, pilih file yang ingin disembunyikan. File tersebut bisa kamu rename dengan menambahkan tanda titik di depan namanya.

Setelah selesai, klik OK. File tersebut akan secara otomatis dalam mode hidden atau tersembunyi dan tidak akan terlihat di menu galeri. Bagaimana jika ingin membuka file yang tersembunyi tersebut? Untuk melihatnya, kamu hanya perlu memilih Tampilkan file tersembunyi atau Show hidden files.

Demikian beberapa cara yang bisa kamu lakukan apabila ingin agar file foto pribadi tidak bisa diakses dengan mudah oleh sembarang orang. Dari beberapa cara menyembunyikan foto di android sebagaimana yang disampaikan di atas, cara manakah yang menurutmu cocok untuk dicoba? Adakah cara lain yang telah pernah kamu lakukan selain cara yang dikemukakan di atas?