Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung

Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung – Kartu SD adalah opsi yang sangat berguna untuk menyimpan foto, lagu, dan video. Bahkan jika Sobat memiliki jumlah penyimpanan internal yang besar dan kuat di ponsel Android Sobat, Sobat mungkin membutuhkan memori tersebut untuk menyimpan video panjang yang direkam pada kamera resolusi tinggi ponsel Sobat. Tetapi ada satu hal di mana kartu SD gagal, menginstal aplikasi.

Android masih menginstal aplikasi pada memori internal dan membuang data pada kartu SD. Jadi, Sobat dilarang memasang aplikasi lebih lanjut jika ponsel Sobat memiliki kelangkaan penyimpanan internal, seperti dalam kasus perangkat Android One.

Jika perangkat Android Sobat tidak memiliki cukup memori internal untuk menyimpan semua aplikasi yang Sobat butuhkan, Sobat dapat menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan internal untuk ponsel Android Sobat. Sebuah fitur yang disebut Adoptable Storage memungkinkan Android OS untuk memformat media penyimpanan eksternal sebagai penyimpanan internal permanen. Data pada kartu SD yang diadopsi dienkripsi dan tidak dapat dipasang di perangkat lain. Bagaimana Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung ? simak informasi selengkapnya di bawah ini :

 

Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung

 

Mengkonfigurasi kartu SD Sobat agar berperilaku sebagai penyimpanan internal pada Android adalah proses yang sederhana. Harap dicatat bahwa kartu SD Sobat akan diformat selama proses, jangan lupa untuk membuat cadangan data Sobat.

 

Mungkin saja fitur Adoptable Storage tidak ada di perangkat Sobat meskipun itu menjalankan Android 6.0 ke atas. Pabrikan perangkat mungkin telah menonaktifkan fitur ini. Namun, ada metode baris perintah yang memungkinkan Sobat untuk memaksa perangkat untuk mengadopsi penyimpanan.

 

Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung

Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung

Berikut langkah-langkah untuk mengadopsi kartu SD Sobat:

  1. Letakkan kartu SD di ponsel Android Sobat dan tunggu sampai terdeteksi.
  2. Sekarang, buka Pengaturan.
  3. Gulir ke bawah dan pergi ke bagian Penyimpanan.
  4. Ketuk nama kartu SD Sobat.
  5. Ketuk tiga titik vertikal di sudut kanan atas layar.
  6. Ketuk Pengaturan Penyimpanan.
  7. Pilih format sebagai opsi internal.
  8. Di layar berikutnya, Sobat memiliki kesempatan terakhir untuk memutuskan apakah Sobat ingin berubah pikiran. Ketuk Hapus & Format jika Sobat ingin memformat kartu SD Sobat sebagai penyimpanan internal.
  9. Sobat akan diberi tahu jika Android mendapati bahwa kartu SD Sobat lambat. Ketuk OK untuk melanjutkan.
  10. Sobat dapat memulai proses migrasi data sekarang atau melakukannya pada tahap selanjutnya.
  11. Ketuk Selesai untuk menyelesaikan proses adopsi penyimpanan untuk kartu SD Sobat.

 

Setelah proses format selesai, Sobat memiliki kebebasan untuk menggunakan kartu SD yang dapat dilepas sebagai penyimpanan permanen ‘agak’. Namun perlu diingat, ini tidak bisa ditukar seperti kartu SD portabel. Jadi, jangan hapus tanpa menggunakan opsi Eject. Selain itu, Sobat dapat secara praktis menghapus penyimpanan yang diadopsi tetapi tidak dianjurkan karena dapat menyebabkan kesalahan pada perangkat.

Bagaimana cara membuat kartu SD portabel lagi?

 

Jika mau, Sobat dapat memutar kembali perubahan yang dibuat oleh fitur Penyimpanan Adoptable. Ikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

  1. Ikuti metode yang disebutkan di atas hingga Langkah 4.
  2. Ketuk kartu SD Sobat.
  3. Ketuk tiga titik di sudut kanan atas layar.
  4. Ketuk Format sebagai internal.
  5. Ketuk Format. Proses ini akan memakan waktu beberapa menit untuk selesai.

 

Sekarang, Sobat dapat menggunakan kartu SD sebagai penyimpanan portabel dan memasangnya pada perangkat Android lainnya. Semoga informasi Cara Mengubah Penyimpanan Ke Sd Card Samsung ini dapat bermanfaat bagi sobat Detekno, selamat mencoba!