Cara Menghilangkan Iklan di Android Tanpa Root

Cara Menghilangkan Iklan di Android – Kegiatan browsing atau mencari informasi di internet saat ini menjadi kegiatan wajib sehari-hari. Namun aktivitas ini bisa terhalang karena banyaknya iklan yang muncul dan menghalangi isi konten pada halaman browser. Masalah ini tentu sangat menjengkelkan dan mengganggu terlebih lagi jika saat dalam kondisi mendesak. Iklan dibuat untuk mempromosikan sebuah produk dan sering muncul pada saat menjalankan aplikasi online. Sebenarnya iklan yang muncul secara wajar tidak perlu dikhawatirkan. Karena beberapa iklan tersebut juga merupakan program dari pihak google sendiri atau biasa disebut dengan Google Adsense. Untuk menghilangkan iklan biasanya smartphone harus di root terlebih dahulu. Namun sebenarnya masih ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membebaskan smartphone Android dari iklan tanpa perlu melakukan root. Berikut ini akan Detekno rangkumkan beberapa tips mengenai Cara Menghilangkan Iklan di Android yang bisa dilakukan tanpa perlu melakukan root pada smartphone sehingga cara ini aman untuk dilakukan.

 

Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Aplikasi dan Tanpa Aplikasi

 

  1. Gunakan AdFree

Cara pertama gunakan aplikasi AdFree yang bisa didapatkan dengan mudah di Google Play Store, unduh aplikasi tersebut kemudian install. Setelah berhasil terinstall, buka dan jalankan aplikasi tersebut. Setelah itu lakukan pendaftar terlebih dahulu dengan membuat akun hingga proses registrasi terselesaikan. Jika sudah klik Download dan Install Host setelah itu klik OK. Tunggu beberapa saat dan akan muncul pop up bertuliskan “Your Android device should now be AdFree, however you might need to reboot to clear your DNS Cache” yang berartikan jika proses yang dijalankan telah berhasil. Sehingga tidak akan lagi ada iklan-iklan yang muncul dan menghalangi pada saat mengoperasikan Smartphone Android.

 

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Gunakan AdFree

  1. Cek Aplikasi Terakhir yang di Install

Terkadang muncul iklan di layar secara tiba-tiba dan tidak tahu dari mana asalnya, terlebih lagi jika iklan tersebut menampilkan gambar yang tidak senonoh. Hal tersebut kemungkinan besar bisa berasal dari aplikasi yang terakhir kali di install. Maka dari itu ada baiknya jika mencoba untuk menghapus aplikasi terakhir yang baru di install atau aplikasi yang terinstall secara otomatis tanpa disadari.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Uninstall Aplikasi

  1. Adblock Browser

Aplikasi ini menjadi salah satu aplikasi yang cukup terkenal untuk menghilangkan iklan dari pihak tidak bertanggungjawab. Sebelumnya aplikasi ini digunakan untuk menghilangkan iklannya di browser laptop atau PC, namun saat ini Adblock Browser sudah bisa digunakan pada smartphone Android. Aplikasi ini cocok digunakan untuk menghilangkan iklan di Android dan bisa di dapatkan dengan mudah dan gratis tentunya di Google Play Store. Pada aplikasi ini pengguna tidak akan melihat penawaran iklan lagi dan bisa membuka halaman web dengan lancar.

 

  1. Settingan Google Chrome

Browser ini ternyata dilengkapi dengan fitur utnuk menghalangi iklan yang muncul. Cara pengaturannya pun juga terbilang cukup mudah, pertama buka aplikasi Chrome terlebih dahulu kemudian masuk ke menu “Setting” dan selanjutnya pilih “setelan situs”. Jika sudah lanjutkan dengan memilih tulisan “munculan/pop-up” dan pilih menu “blokir”. Proses ini secara otomatis akan membuat javascript browser akan melakukan perintah “off” atau mati sehingga tidak dapat berjalan. Hal yang sama juga bisa diterapkan pada browser jenis apapun yang bias disetting seperti langkah-langkah diatas dengan cara mematikan atau memblokir settingan pop up.

 

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Iklan di Android

  1. Gunakan UC Browser

Cara Menghilangkan Iklan di Android lain yang bisa dilakukan adalah dengan menggunakan aplikasi UC Browser. Aplikasi ini bisa di dapatkan secara gratis di Google Play Store yang dapat di operasikan dengan mudah. Untuk menghilangkan iklan bisa dilakukan dengan cara masuk ke menu “setting” dan kemudian mengaktifkan menu adblock dengan menandai adblocker. Dengan menggunakan pengaturan tersebut maka Java Script akan melakukan on off untuk menghalangi iklan atupun pop up yang keluar dari website agar diblok dan tidak dapat muncul kembali.

 

  1. Memasang Aplikasi Anti Virus atau Malware

Tips selanjutnya adalah dengan menggunakan aplikasi antivirus seperti AVG, Kaspersky, Avira dan aplikasi yang cukup terkenal adalah Anti-virus Dr.Web Light yang sudah diunduh lebih dari dari jutaan orang oleh pengguna smartphone Android. Anti-virus Dr.Web Light ini bisa digunakan untuk melindungi perangkat dari segala jenis ancaman virus termasuk iklan. Aplikasi ini bertujuan dalam melindungi perangkat dengan menawarkan fitur seperti Spider Guard yang membantu dalam pemindaian secara real time terhadap semua berkas yang ada dalam smartphone Android. Kemudian bila terdeteksi ancaman yang mencurigakan makan antivirus ini menawarkan pilihan dengan mengkarantina file agar bersih dari virus tanpa menghapus kemudian pilihan lainnya adalah langsung menghapus file agar bersih dari virus.

 

  1. Reset Ulang

Bila cara diatas tidak bisa menghalangi iklan yang muncul, maka cara terkahir yang bisa dilakukan adalah dengan melakukan reset ulang. Namun sebelum melakukan proses ini harus melakukan backup data karena proses ini akan berdampak pada hilangnya data di smartphone. Cara ini cukup ampuh dan berhasil menghiangkan iklan yang sering muncul karena memang smartphone akan kembali ke sistem awal sehingga tidak ada virus maupun iklan yang muncul.

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Cara Menghilangkan Iklan di Android

Demikian informasi mengenai Cara Menghilangkan Iklan di Android yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman agar smartphone Android dapat berfungsi kembali seperti semula. Namun perlu di ingat sebelum melakukan tips terakhir, pastikan untuk membackup data-data penting ke laptop atau komputer terlebih dahulu untuk menghindari hilangnya data. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Menghilangkan Iklan di Android dengan Aplikasi atau Tanpa Aplikasi.