3 Cara Menghapus Data Smartphone Sebelum Dijual

Detekno.com – Informasi cara menghapus data smartphone dengan benar pastinya sangat dibutuhkan oleh sobat deteknokers yang ingin menjual smartphone lamanya. Jangan sampai smartphone sudah dijual namun data belum dihapus secara keseluruhan dan juga belum di backup. Tentu sayang bukan jika hal tersebut dialami oleh sobat sendiri, mengingat sebuah data smartphone sudah sangat penting di era teknologi informasi yang kian maju.

Biasanya orang jika hendak menjual smartphone hanya melakukan factory reset saja yang sudah ada di menu pengaturan smartphone. Dengan factory reset tersebut maka perangkat smartphone akan otomatis menghapus secara keseluruhan data yang ada di smartphone itu sendiri. Dan setelah factory reset selesai maka smartphone akan kembali ke setelan pabrik alias seperti smartphone baru lagi.

Namun perlu sobat deteknokers ketahui bahwa data yang ada di smartphone sobat walau sudah di factory reset bisa dikembalikan lagi oleh sebuah tools. Hal ini seperti dilansir dari halaman Mashable, tentunya hal tersebut akan sangat mengkhawatirkan mengingat betapa bahayanya jika data kita dimiliki oleh seseorang yang tidak kita kenal atau yang tidak bertanggung jawab.

Salah satu data yang menurut kami penting adalah email, password internet bangking lalu password akun social media. Guna mengantisipasi hal tersebut, berikut 3 cara menghapus data smartphone secara permanen dengan benar. Yang mana setelah terhapus data tersebut tidak akan bisa dikembalikan lagi oleh tools Recovery.

Cara Menghapus Data Smartphone Dengan Benar

3 Cara Menghapus Data Smartphone Sebelum Dijual

3 Cara Menghapus Data Smartphone Sebelum Dijual

  1. Lakukan Enkripsi Smartphone Milik Sobat

Cara menghapus data smartphone yang pertama adalah dengan melakukan enkripsi yang dinilai cara paling kuat dan teraman. Hal ini mencegah data sobat tidak bisa diketahui oleh orang lain. Enkripsi disini adalah membuat data sobat akan terkunci. Setelah data terenkripsi, maka data tidak bisa didekripsi lagi kecuali dengan memakai passcode. Bila smartphone sobat adalah smartphone android yang sudah memakai Android 5.0 Lollipop maka sangat disarankan untuk sobat melakukan langkah ke menu settings lalu pilih security dan aktifitas encrypt phone.

  1. Overwrite Data

Langkah kedua adalah melakukan overwrite alias mengisi lagi memori smartphone sobat dengan data-data baru yang bisa dilakukan untuk benar-benar menghapus data smartphone sobat. Tetapi untuk langkah Overwrite data ini sangat disarankan untuk sobat tidak melakukan login alias masuk ke akun Google milik sobat. Lalu mengisi memori perangkat sobat dengan merekam video selama mungkin dengan resolusi yang tinggi. Hal ini memastikan data smartphone lama sobat benar-benar terhapus dan tidak bisa dikembalikan lagi. Setelah langkah tersebut selesai, maka sobat bisa melakukan factory reset.

  1. Lakukan Pengulangan

Jika sobat deteknokers masih kurang yakin akan data perangkatnya sudah benar-benar terhapus secara permanen. Maka sobat bisa melakukan langkah-langkah dari pertama lagi selama beberapa kali. Sehingga ini memastikan bahwa orang lain tidak bisa melakukan pemulihan data smartphone lama sobat deteknokers yang ingin dijual.