5 Cara Mengetahui Baterai HP Drop Lebih Mudah


Cara Mengetahui Baterai HP Drop – Walau semahal apapun HP atau Smartphone yang kita miliki, tentu baterai yang ada di Smartphone tersebut memiliki umur yang bisa dikatakan susah di tebak tergantung cara perawatan baterai yang kita lakukan. Selalu saja masalah baterai yang drop menjadi masalah yang selalu ada di pengguna Smartphone.

Walau kita sudah melakukan berbagai cara untuk baterai tetap awet dan bertahan lama, namun kadang kala baterai HP kita selalu mengalami masalah. Masalah baterai drop di HP memang tidak bisa dihindari dikarenakan setiap perangkat gadget pasti memiliki umur masing-masing tergantung cara perawatan yang kita lakukan.

Oleh sebab itu saat ini para pengguna Smartphone di seluruh Dunia tak hanya mementingkan kinerja prosessor dan layar dari sebuah Smartphone, namun mereka juga mempertimbangkan kualitas baterai atau daya tahan baterai dari Smartphone tersebut. Ini memang wajar karena tanpa baterai, HP yang kita miliki tidak bisa digunakan.

Kadang kala kita kecewa, jika tahu-tahu baterai HP kita sudah drop dan tidak sempat untuk menyiapkan cadangan baterai. Guna menghindari hal tersebut, kali ini team detekno akan memberitahukan kepada sobat deteknokers bagaimana cara mengetahui baterai HP Drop, sehingga dengan kita tahu umur baterai kita sudah harus di ganti kita sudah mempersiapkan cadangannya.

Beberapa Cara Mengetahui Baterai HP Drop

Cara Mengetahui Baterai HP Drop Lebih Mudah

Cara Mengetahui Baterai HP Drop Lebih Mudah

1. Langkah Pertama Lihat Tampilan Luar Baterai

Seperti detekno.com lansir dari Phonearena, untuk Langkah ini hanya dapat dilakukan oleh Smartphone yang baterainya bisa dicopot. Pertama-tama lepaskan baterai dari Smartphone, lalu lihat sekeliling tubuh baterai HP tersebut apakah terlihat membengkak atau ada semacam korosi logam pada baterai. Korosi ini bisa dilihat dari warna logam yang terlihat berwarna keputih-putihan atau kehijau-hijauan. Kalau ciri-ciri korosi ini terlihat pada baterai Smartphone sobat, maka sobat harus segera mengganti baterai Smartphone sobat tersebut. Karena jika tetap di pakai, maka baterai tersebut akan berdampak buruk untuk Smartphone sobat sebab ia dapat merusak elemen-elemen pada Smartphone.

2. Kedua, Daya Tahan Baterai

Maksudnya, sobat lakukan pengamatan terhadap baterai Smartphone sobat apakah cepat habis atau tidak. Cara melakukan pengamatan ini sangat mudah, sobat tinggal mengamati seberapa cepat ia berkurang apakah 1 sampai 3 persen walau tidak digunakan atau sebaliknya. Lalu setelahnya, amati waktu baterai Smartphone sobat saat penuh hingga kosong apakah cepat atau tidak dalam masa aktif biasa.

Kalau baterai Smartphone sobat sudah full lalu tiba-tiba sudah habis padahal jarang dipakai atau dipakai hanya untuk aktifitas telepon atau sms, maka baterai tersebut bisa dikatakan sudah nge drop.

3. Putar Badan Baterai

Langkah ini tergolong sangat mudah, sobat tidnggal memutar badan baterai pada sebuah bidang yang rata. Jika putaran baterai itu lancar dan berputar secara cepat, maka kondisi baterai sobat sudah tergolong rusak. Maka segeralah menyiapkan baterai original baru Smartphone sobat. Untuk cara mengetahui baterai HP Drop dengan langkah ini hanya bisa dilakukan oleh Smartphone yang memiliki tipe baterai bisa dicopot.

4. Tools Pendiagnosa Baterai Khusus Pengguna iPhone

iBackupBot

iBackupBot | Sumber : Phonearena

Untuk pengguna iPhone sangat mudah mengetahui kondisi baterai iPhone mereka, karena ada sebuah tools yang disediakan namanya iBackupBot. Dimana aplikasi ini tersedia di Windows dan Mac. Pengguna iPhone hanya cukup menghubungkan iPhone ke komputer yang sudah ada iBackupbot. Lalu jalankan iBackupBot, dan setelahnya aplikasi tersebut akan memberitahukan secara detail kondisi baterai iPhone sobat deteknokers.

5. Tools Pendiagnosa Baterai Khusus Pengguna Smartphone Android

Dialer App Baterai Android

Dialer App Baterai Android | Sumber : Phonearena

Untuk pengguna Smartphone Android sendiri, dalam mendiagnosa kondisi kesehatan baterainya cukup melakukan dialer app di angka *#*#4636#*#*. Setelah melakukan panggilan ke nomer tersebut, nantinya pengguna Android akan menerima secara lengkap kondisi baterai Smartphone mereka saat ini apakah baik atau buruk. Tapi sepertinya cara ini tidak selalu berhasil di semua HP Android, solusinya sobat yang tidak bisa menggunakan cara tersebut bisa mengunduh aplikasi battery yang ada di Google Play Store. Aplikasi Battery ini akan menginformasikan suhu baterai, voltase baterai, kesehatan baterai dan teknologi yang dipakai baterai tersebut.

Artikel Tips Lainnya : Cara Agar Baterai Android Tetap Awet

Nah itulah cara mengetahui kondisi baterai apakah masih baik atau sudah tidak baik. Semoga informasi ini bisa membantu sobat deteknokers yang was-was atau belum tahu apakah baterai mereka sudah drop atau belum. Saran kami jika kondisi baterai sudah drop, khusus untuk pengguna Smartphone yang baterainya bisa dilepas belilah baterai yang original yang langsung didapat dari gerai resmi dari Smartphone tersebut.


Advertisement