5 Cara Mengatasi Overheating pada Ponsel Android


Detekno.com – Overheating, merupakan sebuah keadaan suhu panas yang melebihi batas wajar dikarenakan faktor X. Faktor X disini dapat terjadi dari beberapa hal karena pemakaian yang tidak sebaiknya, atau bisa dikatakan perlakuan tidak layak pada sebuah perangkat, khususnya ponsel android, yang mana perangkat tersebut sering mengalami panas berlebih sewaktu digunakan, seperti ketika bermain game secara terus menerus, akibat dari kinerja yang terlalu full load dar berbagai komponen harware pada sebuh ponsel android, yang diantaranya processor, ram dan GPU, membuat smartphone menjadi mengalami overheating.

Kadangkala pengguna merasa biasa, padahal keadaan tersebut sangat berbahaya bagi sebuah ponsel, apalagi untuk pengguna android, bahkan bila sudah fatal atau terlalu panas, dapat mengakibatkan ponsel android akan tiba-tiba mati, kami berbicara seperti ini setelah kami melakukan beberapa percobaan pada smartphone yang kami dari team detekno miliki. Selain dikarenakan game, masih banyak faktor X lainnya, yang dapt membuat ponsel android mengalami Overheating, bagaimana cara mengatasi dan mencegahnya?, berikut akan kami berikan beberapa cara yang cukup efektif agar ponsel android yang sobat deteknokers miliki tidak mengalami akan hal itu dalam ulasan 5 Cara mengatasi Overheating pada Ponsel Android dibawah ini.

5 Cara Mengatasi Overheating pada Ponsel Android

5 Cara Mengatasi Overheating Pada Ponsel Android

5 Cara Mengatasi Overheating Pada Ponsel Android

1 Hapus Aplikasi yang terlalu memakan RAM

Salah satu faktor X yang kami maksud disini dapat berupa aplikasi. Aplikasi yang terlalu banyak pada ponsel android yang sobat miliki, dapat membuat kinerja dapurpacu berlebih, alhasil ponsel android yang sobat deteknokers miliki menjadi mudah cepat panas. Kemudian cara Mengatasi Overhetaing karena alasan tersebut, ada 2 opsi pilihan, yang pertama dapat dilakukan dengan cara menonaktifkan / Disable aplikasi yang tidak penting atau yang terlalu memakan ram dan penyimpanan internal. Ke Dua, sobat dapat langsung menghapus aplikasi tidak penting atau tidak terlalu dibutuhkan pada sebuah smartphone, dengan begitu ruang pada ram dan internal memory akan lebih longgar, dan kerja smartphone menjadi ringan, yang hasilnya ponsel menjadi memiliki suhu wajar, dan dapat memeprpanjang umur pemakaian.

2 Gunakan Sim Card / Provider dengan Jaringan paling STABIL ditempatmu

Sebenarnya untuk penyebab kedua dari panas berlebih ini tidak terlalu opsional, tetapi bila diabaikan juga dapat membuat suhu panas yang melebihi batas (Overhetaing). Bila sobat deteknokers mengalami akan hal ini, cukup mudah untuk mengatasinya, cara mengatasi overhetaing karena faktor X tersebut sangt simple, sobat hanya perlu menggunakan provider yang ditempat dimana sobat deteknokers berada memiliki koneksi yang stabil, kalau tidak, sonat dapat memilih opsi jaringan stabil, seperti koneksi 3G ataupun 2G, tak hanya dikota-kota besar saja, kedua koneksi tersebut juga biasanya tersebar hingga pelosok negri.

3 Simpanlah Ponsel Android Kesayanganmu dengan benar

Ini nih yang sering diabaikan oleh para pengguna kebanyakan, Ponsel android juga memiliki sisi batas-batas penyimpanan. Layaknya makhluk hidup, ponsel android sebaiknya jangan ditempatkan pada tempat terlalu panas, apalagi langsung berhadapan dengan sinar matahari, karena bila terlalu lama, kecerobohan tersebut dapat membuat komponen-komponen yang ada pada sebuah ponsel android mudah mengalami kerusakan. Disamping itu, sobat deteknokers juga jangan menyimpan ponsel kesayangan pada tempat lembab, dikarenakan bila ada sedikit saja air yang masuk dikarenakan suhu yang terlalu dingin, dapat membuat komponen hardware mengalami karat, dan akhirnya tidak dapat berfungsi secara baik.

4 Selalu Bersihkan Jika Ponsel Android Terasa Kotor karena Debu

Pasti sobat detknokers banyak nih yang sering mengabaikan kebersihan dari perangkat android yang dimiliki, hal ini juga dapat menyebabkan terjadinya overheating pada ponsel android. Karena lubang atau pori yang tersedia pada lubang body tertuutp body tebal, membuat aliran panas dari dalam smartphone tidak dapat keluar secara sempurna, sehingga nantinya tumpukan suhu panas dari bagian dalam ponsel tidak dapat keluar. Cara Mengatasi Overheating ini sangat mudah dilakukan, tapi kita seringkali malas untuk melakukannya, yakni cukup siapkan cotton buds yang bisa didapatkan pada warung atupun toko terdekat, sehabis itu tinggal sobat deteknokers bersihkan tuh debu yang menempel pada setiap bagian sampai bersih dan jangan tinggalkan sedikitpun debu yang ada.

5 Cara Mengatasi Overheating diakibatkan Salah pemakaian Kabel Charge

Untuk alasan yang kelima ini memiliki akibat yang sangat fatasl, salah penggunaan kabel USB, khusunya jika akan melakukan charge, dapat membuat pabagian port usb terbakar,bahkan bisa juga terjadi korsleting, karena ketidak cocokan akan ucb charger yang digunakan. Cara Mengatasi Overheating akibat ini cuma satu caranya, yakni sobat deteknokers diharuskan memakai usb charger bawaan atau original dari merk ponsel android yang sobat miliki.

Baca juga : 5 Hp Android Tahan Air Terbaik

Bila sobat melakukan 5 hal yang kami sarankan diatas, akan membuat ponsel android yang sobat deteknokers miliki umur masa pakai yang panjang, dan dapat membuat performa atau kinerja yang dimiliki oleh setiap komponen hardware lebih terjaga. Sekian informasi yang dapat kami sampaikan, dan semoga 5 Cara mengatasi Overheating bermanfaat untuk sobat deteknokers yang telah menyimaknya di situs informasi teknologi terlengkap yakni Detekno.


Advertisement