Cara Mengatasi HP Mati Total , 10 Menit Bisa Berfungsi Seperti Semula!

Cara Mengatasi HP Mati Total – Smartphone Android termasuk salah satu barang elektronik yang mudah rusak tidak peduli secanggih dan semahal apapun perangkat tersebut. Kerusakan yang terjadi pada smartphone bisa terjadi karena penggunaan terus menerus yang tidak terkontrol dan jika itu terjadi maka masalah pada smartphone akan sering muncul. Namun bukan hanya itu saja penyebabnya karena kerusakan pada smartphone Android juga bisa disebabkan karena cacat produksi saat smartphone tersebut dibuat. Salah satu masalah yang sering muncul jika smatphone akan mengelami kerusakan adalah keadaan smartphone yang tiba – tiba mati total. Untuk memperbaiki smartphone Android yang mati total dapat dilakukan sendiri ataupun juga bisa  dibawa ke service center. Namun memperbaiki smartphone sendiri akan menjadi pilihan yang lebih baik apabila mengetahui cara mengatasi HP mati total. Selain tidak perlu mengantri dan juga menunggu waktu yang lama, kita sebagai pengguna smartphone juga tidak perlu mengeluarkan banyak biaya untuk mengembalikan smartphone agar bisa berfungsi seperti sediakala. Berikut ini Detekno rangkumkan beberapa tips cara mengatasi HP mati total yang tiba-tiba tidak bisa dinyalakan.

 

Cara Mengatasi HP Mati Total Tidak Bisa Nyala Agar Bisa Kembali Berfungsi Seperti Semula

 

  1. Charge Smartphone

Saat ini mudah ditemukan smartphone Android dengan kapasitas RAM dan ruang penyimpnan yang besar, hal ini membuat penggunanya senang untuk mengunduh dan memakai banyak aplikasi. Namun dengan banyaknya aplikasi yang berjalan di latar belakang dapat menyebabkan smartphone cepat kehabisan daya baterai. Hal ini sangat sering terjadi ketika malam hari atau disaat tidur. Terkadang saat sebelum tidur kondisi baterai masih di angka 20%, namun ketika di pagi hari tiba-tiba smartphone sudah dalam keadaan mati total. Jika terjadi permasalah seperti ini jangan langsung panik dan tindakan yang perlu dilakukan ketika menghadapi hal seperti ini adalah segera ambil kabel power (charge) dan lakukan pengisian daya smartphone tersebut. Tunggu kurang lebih 20 menit agar baterai smartphone terisi kembali. Setelah itu coba untuk menyalakan smartphone dengan menekan tombol power.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Charge Smartphone

  1. Lepas Semua Komponen

Cara mengatasi HP mati total agar bisa kembali berfungsi seperti semula adalah dengan cara melepaskan semua komponen yang ada pada smartphone Android contohnya seperti baterai, Sim Card dan juga microSD card. Kemudian diamkan smartphone kurang lebih selama 30 menit dan jika sudah melalui waktu tersebut, maka pasang kembali semua komponen seperti semua dan langsung nyalakan smartphone tersebut. Tips ini menjadi salah satu pilihan favorit yang biasanya dengan cara ini smartphone Android yang mati total akan bisa menyala kembali. Khusus untuk smartphone dengan tipe baterai tanam maka persiapkan obeng dan juga pinset untuk membuka case smartphone.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Lepas Semua Komponen

  1. Menghubungkan HP ke PC dengan USB

Cara ketiga yang bisa dilakukan adalah dengan menghubungkan smartphone ke laptop atau PC dengan menggunakan kabel USB. Pastikan sudah melepas semua komponen yang terpasang pada smartphone sebelum menghubungkannya ke PC. Selanjutnya tekan tombol power, tombol volume bawah dan volum atas secara bersamaan hingga terdengar suara atau bunyi beep. Jika sudah terdengar diamkan smartphone selama 3 menit dan kemudian pasang kembali semua komponen seperti semula. Jika proses ini berhasil, maka selanjutnya download untuk melakukan flashing. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan telah memiliki firmware yang sesuai dengan tipe perangkat smartphone. Jika belum memiliki Firmware yang sesuai dengan tipe smartphone yang dimiliki maka solusinya bisa mencari Firmware melalui Google dengan mengetik keyword firmware yang sesuai. Contohnya jika ingin mencari fimware untuk smartphone Xiaomi tipe Redmi 3 maka masukkan keyword di google seperti ini “firmware Xiaomi Redmi 3”. Selanjutnya untuk melakukan flashing juga beragam contohnya bisa dilakukan melalui SD Card, menggunakan aplikasi Odin, aplikasi Flashing Tool, ataupun melalui komputer.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Hubungkan HP ke PC

  1. Lakukan Factory Reset dari Recovery Mode

Salah satu cara untuk mengatasi masalah ini adalah dengan melakukan factory reset melalui recovery mode yang akan menghapus seluruh data yang ada di dalam smartphone. Tetapi sebelum melakukan proses ini pastikan untuk membackup seluruh data terlebih dahulu agar data tidak hilang. Untuk melakukan factory reset memerlukan beberapa langkah, yaitu :

  • Matikan smartphone terlebih dahulu
  • Nyalakankembali dengan menekan tombol kombinasi volume atas + volume bawah + tombol power. Kombinasi tombol ini akan berbeda pada jenis smartphone yang lain, simak pada tabel di bawah ini :
Tipe Cara masuk recovery mode :
Samsung Power on/off + Volume Up/Atas + Home
Xiaomi Power on/off + Volume up/atas
Oppo Power on/off + Volume bawah (down)
Evercoss Power on/off + Volume up (atas)
Lenovo power on/off + volume up (atas)
Sony Experia keadaan mati tekan dan tahan tombol Power on/off
Asus Zenfone Power on/off + Volume Down (Bawah)
Huawei Power on/off + Volume Up (Atas)
Vivo Power on/off + Volume Down (Bawah)
Advan Power on/off + Volume Up (Atas)
Smartfren Andromax Power on/off + Volume Up (Atas)
LG Power on/off + Volume Up/Atas + Home
Acer Power on/off + Volume Up/Atas

 

  • Setelah berada dalam recovery mode pilihan menu factory reset.
  • Ikuti langkah-langkahnya dan lakukan proses hingga selesai. Kemudian Restart smartphone setelah itu masalah terselesaikan.
Cara Mengatasi HP Mati Total

Recovery Mode

  1. Smartphone dalam Keadaan Rusak

Apabila semua cara diatas tidak dapat mengembalikan smartphone kembali pada keadaan semula, maka ada kemungkinan besar jika smartphone mengalami masalah pada hardwarenya. Solusi untuk masalah ini jika smartphone masih berada dalam masa waktu garansi, maka segera lakukan klaim garansi ke service center. Namun apabila sudah tidak bergaransi, maka tetap perbaiki ke service center dengan biaya sendiri atau membeli smartphone yang baru.

Cara Mengatasi HP Mati Total

Cara Mengatasi HP Mati Total

Demikian informasi mengenai cara mengatasi hp mati total yang bisa dilakukan dengan mudah dan cepat agar smartphone Android dapat berfungsi kembali dengan lancar. Namun perlu di ingat sebelum melakukan tips diatas, pastikan untuk membackup data-data penting ke laptop atau komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mengatasi HP Mati Total di Smartphone Android.