Simak Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

Detekno.com РTerjadi masalah pada smartphone yang  tidak sengaja terendam di air? Jangan panik, lakukan hal berikut untuk mengatasi masalah tersebut. Walaupun smartphone keluaran terbaru kini sudah ada yang menggunakan fitur tahan air, namun juga ada beberapa smartphone yang belum di support oleh fitur tersebut. Simak langkah-langkah cara mengatasi hp kena air dibawah ini :

Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

  1. Cepat ambil smartphone dari dalam air
Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

Ambil Smartphone dari Air

Walaupun ponsel terlihat tertutup rapat, namun air masih bisa dengan mudah masuk dan merembes ke dalam ponsel dalam waktu yang singkat. Maka dari itu, lekas keluarkan ponsel dari air sesegera mungkin dan langsung matikan ponsel untuk mencegah adanya korsleting (hubungan pendek arus listrik).

  1. Lepas cover dan Baterai
Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

Lepas cover dan Baterai

Langkah ini berlaku bagi ponsel yang baterainya dapat dilepas sendiri oleh pengguna. Karena ponsel sekarang kebanyakan memiliki baterai yang melekat menjadi satu dengan bodi maka bisa lanjut ke langkah selanjutnya.

  1. Keluarkan SIM card dan Memory card

Data yang tersimpan di SIM ataupun kartu memori lebih penting daripada ponsel itu sendiri. Maka dari itu segera keluarkan dua komponen tersebut untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan, contohnya seperti korosi pada bagian yang terbuat dari bahan metal.

  1. Keringkan ponsel dengan handuk
Simak Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

Keringkan Ponsel

Langkah selanjutnya keringkan ponsel dan usahakan menyeluruh ke setiap bagiannya, penggguna hanya perlu mengelap perlahan bagian ponsel dengan memakai handuk. Usahakan jangan menggerakkan ponsel supaya air di dalamnya tidak menjalar ke bagian yang lain. Tekan handuk secara perlahan, pengguna dapat membersihkan bagian dalam pada ponsel menggunakan alcohol karena bisa membantu menghilangkan air di dalamnya.

  1. Gunakan penyedot debu (vacuum cleaner)

Pengguna bisa menggunakan vacuum cleaner untuk mengeringkan air di dalam ponsel. Nyalakan vacuum dan arahkan pada tiap-tiap bagian ponsel yang basah kira-kira selama 20 menit. Metode ini dirasa bisa mengeringkan ponsel pengguna dengan cepat sehingga ponsel akan dapat dinyalakan kembali dalam waktu paling tidak 30 menit jika ponsel hanya sebentar saja tercelup ke dalam air.

  1. Gunakan beras atau bahan penyerap air lainnya untuk mengeringkan ponsel
Tips Cara Mengatasi Hp Kena Air dengan Aman

Rendam Hp dengan Beras

Contoh yang paling sering digunakan adalah metode beras. Caranya cukup mudah pengguna hanya perlu memasukkan ponsel ke dalam wadah yang berisikan beras dan kemudian biarkan ponsel semalaman berada di dalam beras tersebut. Bahan yang efektif lainnya yang pengguna bisa gunakan adalah silica gel.

  1. Coba nyalakan ponsel

Setelah melakukan semua langkah- langkah diatas maka kini saatnya untuk mencoba menyalakan ponsel. Namun sebelum itu periksa terlebih dahulu dan pastikan ponsel sudah dalam keadaan kering. Pasang baterai pada ponsel setelah itu coba nyalakan, tunggu dan lihatlah apakah ponsel sudah kembali berfungsi dengan normal. Jika ponsel tetap tidak ingin menyala, cobalah hubungkan ponsel ke charger mungkin saja daya baterai ponsel habis .

Baca Juga : 5 Tips Cara Buka Situs Yang Diblokir Di Android

Jika semua cara mengatasi Hp kena air sudah dilakukan namun tetep tidak berhasil dan ponsel tetap tidak menyala maka bawa saja ponsel ke tempat servis profesional. Mungkin ada komponen yang rusak dan harus diganti dengan komponen yang baru.