Cara Mengatasi HP Bootloop dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengatasi Hp Bootloop – Bootloop adalah salah satu permasalahan pada software Android yang ditunjukkan dengan munculnya tanda-tanda berupa kegagalan untuk bisa masuk ke dalam sistem. Salah satu ciri khas dari masalah ini adalah perangkat yang hanya menampilkan logo Android atau vendor secara berulang. Hal tersebut terjadi pada smartphone Android karena terdapat sebuah perubahan pada sistemnya seperti memodifikasi ROM, mengganti kernel maupun merubah software lainnya yang akan menambah performa pada sistem Android. Penyebab bootloop ini bisa disebabkan karena beberapa masalah misalkan karena gagalnya proses rooting, upgrade OS yang gagal, file corrupt, dan maslah yang lainnya. Jika perangkat Android mengalami bootloop, jangan mudah panik karena pasti ada solusi untuk mengatasi bootloop tersebut. Terdapat dua tipe bootloop, yang pertama adalah light bootloop atau bootloop ringan. Bootloop ini hanya bersifat sementara dan sewaktu-waktu saja terjadinya. Tipe kedua adalah hard bootloop atau bootloop parah yang biasanya ditandai dengan gagalnya masuk ke sistem secara permanen walaupun telah dicoba berulang kali. Berikut informasi untuk mengatasi kedua masalah bootloop tersebut. Untuk lebih jelasnya simak ulasan cara mengatasi HP bootloop berikut ini:

 

Cara Mengatasi HP Bootloop dengan PC

 

1. Hapus Cache Sistem

Langkah pertama yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan membersihkan file cache pada sistem ataupun memori yang ada pada Android. Untuk bisa menghapus cache pada system, maka terlebih dahulu pengguna harus masuk pada menu Recovery Mode. Simak dan ikuti langkah-langkah untuk masuk ke menu Recovery Mode dengan cara berikut :

  • Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan hingga keluar Logo ponsel. Jika sudah bisa lepaskan kedua tombol tersebut, selanjutnya akan masuk pada menu Recovery Mode. Berikut adalah cara masuk ke recovery mode berdasarkan merk :
Tipe Cara masuk recovery mode
Samsung Power on/off + Volume Up/Atas + Home
Xiaomi Power on/off + Volume up/atas
Oppo Power on/off + Volume bawah (down)
Evercoss Power on/off + Volume up (atas)
Lenovo power on/off + volume up (atas)
Sony Experia keadaan mati tekan dan tahan tombol Power on/off
Asus Zenfone Power on/off + Volume Down (Bawah)
Huawei Power on/off + Volume Up (Atas)
Vivo Power on/off + Volume Down (Bawah)
Advan Power on/off + Volume Up (Atas)
Smartfren Andromax Power on/off + Volume Up (Atas)
LG Power on/off + Volume Up/Atas + Home
Acer Power on/off + Volume Up/Atas

 

  • Selanjutnya pilih menu Advanced dan lanjut pada Wipe Dalvik Cache.
  • Langkah selanjutnya pilih menu Mounts & Storage dan pilih menu Wipe/Cache atau Wipe data/factory reset.
  • Lakukan proses hingga selesai dan kemudian Restart ponsel android setelah itu masalah bootloop terselesaikan.
Cara Mengatasi HP Bootloop

Hapus Cache Sistem

2. Wipe Cache Partition

Cara kedua untuk mengatasi hp bootloop bisa juga dilakukan dengan cara Wipe Cache Partition. Cara ini menjadi salah satu cara yang cukup efektif karena dapat membersihkan file cache pada partisi memori secara menyeluruh. Cara untuk melakukan proses ini hampir sama seperti sebelumnya yaitu melalui menu Recovery Mode. Berikut langkah-langkahnya :

  • Tekan tombol Power dan Volume Down secara bersamaan hingga keluar Logo ponsel.
  • Jika logo sudah muncul maka bisa lepaskan kedua tombol tersebut dan selanjutnya masuk pada menu Recovery Mode.
  • Selanjutnya pilih menu Wipe Cache Partition dan jika muncul notifikasi pesan untuk konfirmasi, maka pilih Yes.
  • Lakukan proses hingga selesai.
Cara Mengatasi HP Bootloop

Wipe Cache Partition

3. Factory Reset

Cara ketiga adalah dengan melakukan Factory Reset namun sebelum melakukan cara ini pastikan untuk membakcup seluruh data atau file penting yang tersimpan pada memori internal ataupun memori eksternal pada ponsel Android. Cara ini merupakan salah satu cara yang paling ampuh untuk mengatasi masalah android yang terkena bootlop. Untuk melakukan factory reset simak langkah yang harus dilakukan berikut ini :

  • Buka menu Settings.
  • Kemudian pilih Additional settings atau Setelan Tambahan dan selanjutnya pilih Back up and Reset dan lanjutkan dengan memilih Factory data reset.
  • Untuk melakukan proses factory reset, ada beberapa pilihan hal ini tergantung dari tipe smartphone.
  • Kemudian pilih Erase all content and settings. Proses ini akan menghapus seluruh data dan file yang ada di dalam smartphone.
  • Tunggu hingga proses selesai karena sitem akan menghapus seluruh data yang ada pada smartphone
  • Jika proses telah selesai, coba untuk restart smartphone dan setelah itu smartphone akan kembali seperti kondisi awal saat membeli dan siap untuk digunakan lagi.
Cara Mengatasi HP Bootloop

Factory Reset

4. Flashing

Cara terakhir yang bisa dilakukan untuk mengatasi hp bootloop adalah dengan mencoba melakukan flashing atau Install ROM baik Custom ROM ataupun ROM yang aslinya. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan telah memiliki firmware (Stock ROM) yang sesuai dengan tipe perangkat ponsel yang sedang digunakan. Jika belum memiliki Firmware yang sesuai dengan tipe ponsel Android yang dimiliki maka solusinya bisa mencari Firmware melalui Google dengan mengetik keyword firmware yang sesuai dengan tipe ponsel Android yang dimiliki. Contohnya jika ingin mencari fimware untuk ponsel Samsung tipe J2 Prime maka masukkan keyword di google seperti ini “firmware Samsung J2 Prime”. Selanjutnya untuk cara flashing juga beragam contohnya bias dilakukan melalui SD Card, menggunakan aplikasi Odin, aplikasi Flashing Tool, ataupun melalui komputer/PC.

Cara Mengatasi HP Bootloop

Flashing

 

Demikian informasi mengenai cara mengatasi HP bootloop yang bisa dilakukan dengan mudah, cepat dan aman agar ponsel Android dapat berfungsi kembali dengan lancar. Namun perlu di ingat sebelum melakukan tips diatas, pastikan untuk membackup data-data penting ke laptop atau komputer. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Mengatasi HP Bootloop di Android.