4 Tips Cara Mengatasi GPS Error Di Smartphone Android

Cara Mengatasi GPS Error – Saat ini Google Maps menjadi salah satu aplikasi penting yang wajib dimiliki karena dengan aplikasi tersebut semua orang akan bisa menuju tempat tujuan dengan tepat. Akan tetapi terkadang ada beberapa orang yang mengelami permasalahan karena Google Maps tidak berjalan dengan baik, hal tersebut bisa disebabkan karena GPS yang tidak bekerja. Tidak berfungsinya aplikasi di Google Maps juga bisa disebabkan karena beberapa faktor contohnya seperti tidak adanya jaringan pada saat mengaktifkan gps. Namun tidak hanya itu saja karena kerusakan juga bisa terjadi di dalam sistem perangkat sehingga mempengaruhi GPS dan akhirnya tidak dapat berfungsi dengan baik. Berikut Detekno rangkumkan beberapa tips Cara Mengatasi GPS Error :

 

Baca Juga : Simak 5 Tips Membeli Power Bank dengan Aman!

4 Tips Cara Mengatasi GPS Error Di Smartphone Android

 

  1. Pengaturan Location

Tips pertama untuk mengatasi GPS error adalah dengan masuk pada menu pengaturan, setelah itu pilih general dan non aktifkan menu location. Kemudian tunggu sekitar 10-15 detik dan coba untuk mengaktifkan kembali. Selanjutnya restart perangkat Android dan GPS sudah siap digunakan kembali.

Cara Mengatasi GPS Error

GPS Error

  1. Hapus Cache

Cara selanjutnya yaitu menghapus cahce dan cookies di perangkat smartphone yang sedang digunakan. Karena keberadaan cache dan juga cokies inilah yang membuat sistem Gps sering kali tidak dapat bekerja dengan normal.

 

  1. Update Aplikasi Maps

Jika kedua cara diatas masih belum berhasil maka cobalah untuk melakukan update aplikasi Google Maps ke versi yang paling baru karena dengan mengupdate aplikasi akan menghilangkan bugs / kerusakan pada aplikasi tersebut.

Cara Mengatasi GPS Error

Cara Mengatasi GPS Error

  1. Factory Reset

Jika semua cara diatas sudah dilakukan namun tidak dapat mengatasi masalah GPS Error maka terpaksa harus melakukan cara terakhir yaitu Factory Reset. Dengan cara ini sistem akan kembali ke settingan atau pengaturan semula. Namun sebelum melakukan cara ini pastikan untuk memindah atau membackup semua data yang ada di smartphone Android agar semua data aman.

 

Baca Juga : Penting! Berikut Aplikasi Yang Wajib Ada Di Android

 

Demikan informasi mengenai 4 Tips Cara Mengatasi GPS Error Di Smartphone Android yang bisa dilakukan dengan muda, semoga informasi tersebut dapat memberikan manfaat bagi semua pembaca.