Cara Mengatasi Game Android Force Close

Detekno.com – Bermain game merupakan aktifitas yang menyenangkan apalagi jika dimainkan pada saat yang membosankan. Namun terkadang disaat asyik bermain game ada masalah yang tiba– tiba saja datang seperti “Sayangnya, Aplikasi Telah Berhenti” atau munculnya pesan error Force Close. Hal ini pasti membuat bermain game menjadi tidak nyaman. Jangan khawatir karena berikut ada informasi mengenai tips Cara Mengatasi Game Android Force Close agar bisa kembali bermain game dengan lancar tanpa ada pesan error yang muncul lagi.

Cara Mengatasi Game Android Force Close

Cara Mengatasi Game Android Force Close

Sebelum lanjut mengenai informasi tips Cara Mengatasi Game Android Force Close, pengguna juga harus mengetahui apa penyebab dari Game Keluar Sendiri ataupun munculnya pesan error. Beberapa penyebab dari masalah itu adalah :

  • Koneksi Internet Lambat atau Terputus, jika koneksi langsung terputus maka untuk beberapa jenis game online terkadang bisa langsung keluar dengan sendirinya.
  • Penumpukan cache yang terus menumpuk juga dapat membuat game dan juga aplikasi tertentu pasti akan mengalami error dan aplikasi tersebut akan keluar sendiri.
  • Perangkat Tidak Kompatible, jika game yang dimainkan tidak cocok dengan kualitas software dan hardware yang kurang mumpuni maka hal ini akan dapat terjadi pada saat sedang bermai game. Dan juga sebaiknya sebelum menginstall game pengguna dapat memperhatikan detail dari game tersebut.
  • Memori RAM tidak cukup atau penuh, sebelum mengunduh game pastika memori RAM akan mampu menampung game tersebut. Dan juga jangan lupa untuk mengkontrol kondisi RAM karena RAM yang penuh akan membuat aplikasi yang dimainkan akan tertutup secara tiba – tiba
  • Penyebab yang mungkin terjadi juga bisa karena ada file aplikasi yang hilang atau corrupt (rusak).
Cara Mengatasi Game Android Force Close

Game Force Close

Tips Cara Mengatasi Game Android Force Close

  1. Aktifkan Koneksi Internet Anda

Jika sebelumnya game yang dimainkan keluar sendiri karena koneksi internet yang lemot dan tidak stabil maka carilah lokasi dengan kualitas sinyal yang bagus.

  1. Hapus Cache Game

Untuk tetap maksimal pada saat bermain game jangan lupa untuk rajinmembersihkan file sampah atau file cache. Cache yang menumpuk pada memori akan membuat performa ponsel menurun. Pengguna dapat melakukan dengan cara membuka menu Pengaturan – Setelan Tambahan – Manajemen Aplikasi – Cari Nama Aplikasi – Pilih Hapus Cache.

  1. Update Game

Nyatanya mengupdate game tidak hanya untuk mendapatakan fitur- fitur baru saja, akan tetapi bugs atau kerusakan pada game tersebut juga akan diperbaiki. Maka dari itu perlu melakukan update pada game agar tidak menampilkan pesan pop up error lagi.

Cara Mengatasi Game Android Force Close

Update Game

  1. Uninstall Game

Jika dengan cara mengupdate game tidak dapat mengatasi permasalahan ini, cobalah dengan melakukan uninstall game tersebut. Kemudian unduh game tersebut langsung pada google play store. Dan pastikan cache ataupun data game telah hilang semua agar proses pengunduhan nantinya dapat berjalan lancar.

  1. Restart Ponsel

Matikan ponsel kemudian lepas baterai, SD Card (Micro SD) dan SIM Card. Diamkan dalam waktu beberapa saat saja agar tidak ada daya yang masuk ke dalam ponsel. Setelah itu pasang dan nyalakan kembali ponsel, kebanyakan dengan menggunakan cara ini ponsel akan dapat berjalan normal dan bias lancar untuk digunakan bermain game.

  1. Update OS Android

Jika OS Android tidak compatible maka pengguna harus mengupdate OS ke versi terbaru. Karena ada beberapa game yang tidak support dengan versi os yang lama , maka update lah ke versi OS yang terbaru agar dapat bermain game sepuasnya tanpa ada pesan error lagi.

Baca Juga : Coba! 7 Game Virtual Reality Android Terbaik