Tips & Trik Cara Mengatasi Android Lemot

Detekno.com – Smartphone pastinya setiap hari digunakan untuk berbagai aktifitas seperti untuk browsing, mengecek email, streaming video, fotografi, mendengarkan musik, dan lainnya. Hal tersebut ternyata dapat juga membuat smartphone menjadi lemot. Contohnya pada saat membuka sebuah aplikasi atau pada saat berpindah antarara aplikasi satu ke aplikasi yang lain tiba- tiba sedikit melambat. Hal ini tentu mengganggu namun ada sejumlah cara mengatasi android lemot yang bisa dilakukan untuk membuat smartphone Android kembali berfungsi dengan lancar.

Simak Cara Mengatasi Android Lemot

  1. Terlalu Banyak Aplikasi
Tips & Trik Cara Mengatasi Android Lemot

Aplikasi di Android

Terlalu sering mengunduh banyak aplikasi akan menyebabkan ponsel jadi lemot. Cara terbaik untuk mengatasi hal ini adalah dengan menghapus ataupun menguninstall aplikasi yang tidak dipakai.

  1. Bersihkan Ruang Penyimpanan

Ruang penyimpanan internal akan makin sempit jika tidak rutin dibersihkan hal ini karena banyak data yang menumpuk di dalam ruang penyimpanan. Bersihkan file maupun data yang tidak lagi dibutuhkan. Atau bisa juga dilakukan dengan memindah files ke memory card/ microSD sehingga ruang penyimpanan pada smartphone akan lebih luas.

  1. Bersihkan Data Cache

Jika kapasitas data cache sudah cukup banyak tersimpan pada ruang penyimpanan internal, kinerja Android akan jadi lamban. Ada beberapa aplikasi yang menyediakan pembersih data cache. Namun bisa juga dilakukan dengan cara masuk pada menu Setting pilih Applications, setelah itu pilih menu Application Manager dan pilih aplikasi apa yang ingin dibersihkan

  1. Cek SD Card
Tips & Trik Cara Mengatasi Android Lemot

Micro SD

Ternyata penyebab Android lemot bisa juga dipengaruhi oleh penggunaan SD card yang tidak bekerja dengan baik. Jadi perlu untuk melakukan pengecekan atau bisa juga memformatnya untuk memastikan SD card dapat berfungsi dengan baik. Sebelumnya pastikan melakukan proses back up terlebih dahulu agar data pada smartphone tidak hilang.

  1. Factory Reset
Tips & Trik Cara Mengatasi Android Lemot

Factory Data Reset

Satu langkah terakhir yang bisa dilakukan dengan cara melakukan factory reset. Hal penting saat melakukan factory reset, seluruh data di smartphone Android akan hilang. Ponsel akan kembali ke pengaturan awal, seperti pada saat awal membeli. Sebelum memutuskan untuk melakukan factory reset, jangan lupa untuk memback up seluruh data penting yang ada pada smartphone. Cara melakukan factory reset cukup mudah. Buka menu setting kemudian pilih menu Backup & Reset dan pilih menu Factory Data Reset.

Baca Juga : 7 Cara Agar Baterai Android Awet Dan Tidak Cepat Habis

Demikian informasi mengenai Tips & Trik Cara Mengatasi Android Lemot yang dapat membantu untuk mengatasi masalah pada smartphone Android, semoga informasi ini dapat membantu dan juga dapat bermanfaat.