Berikut 5 Cara Mengamankan Data Penting di Android 2018

Cara Mengamankan Data Penting di Android – Saat ini memang tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone menjadi satu perangkat elektronik yang hampir digunakan seluruh orang di dunia. Keberadaan smartphone bukan hanya untuk digunakan berkomunikasi karena dengan seiring perkembangan teknologi, smartphone memiliki banyak fungsi contohnya bisa digunakan untuk mengambil foto, membuat video, mengirim file, melakukan video call, bermain game, streaming dan masih banyak lagi yang lainnya. Bahkan banyak pengguna yang menggunakan smartphone Android untuk menyimpan berbagai data-data penting. Berikut tips cara mengamankan data penting di Android :

 

Baca Juga : Cara Tulisan Tebal Di Whatsapp! Tulisan Tebal, Miring, Coret dan Ganti Font

5 Cara Mengamankan Data Penting di Android

 

Tidak jarang pengguna Android dihadapkan pada serangan virus yang berakibat hilangnya data-data penting pada smartphone. Pada saat smartphone terkena virus, hal penting yang sangat dipikirkan penggunanya adalah bagaimana dengan data-data yang ada di dalam smartphone karena jika tidak ada file backup nya, tentu hal ini akan menjadi masalah yang serius. Mengingat betapa pentingnya data-data tersebut, maka sudah seharusnya semua pengguna smartphone mengetahui bagaimana caran mengamankan data penting di Android. Simak berikut ulasannya :

  1. Kunci Aplikasi

Cara pertama yang bisa dilakukan adalah mengunci aplikasi yang ada di dalam smartphone. Semua smartphone Android sekarang ini sudah dilengkapi dengan berbagai macam jenis password seperti fitur sensor sidik jari, PIN, pola, smartlock, dan juga face unlock. Dengan menerapkan proteksi tersebut, maka tidak akan ada orang lain yang bisa membuka aplikasi di smartphone tanpa seizing pemilik. Selain mengunci aplikasi, pengguna juga bias menerapkan cara ini untuk melindungi pesan, kontak, dan data penting lainnya yang ada di dalam smartphone Android.

Cara Mengamankan Data Penting di Android

Kunci Aplikasi

  1. Enkripsi Android

Mungkin beberapa pengguna belum mengetahui metode ini, Enkripsi adalah metode pengamanan yang berfungsi untuk menyimpan data dalam bentuk yang hanya bisa dibaca oleh pengguna yang memiliki kredensial tepat. Menggunakan cara enkripsi ini maka pengguna bisa melindungi data jika seandainya smartphone hilang ataupun dicuri. Cara enkripsi smartphone ini juga sangat mudah dan bisa dilakukan oleh siapa saja. Langkah pertama yang harus dilakukan adalah buka smartphone dan masuk ke menu Setting, setelah itu pilih opsi Security dan klik Encrypt phone option. Selesai, kini data dalam smartphone sudah terlindungi.

 

  1. Menggunakan VPN

Virtual Private Network adalah teknologi yang dapat memberikan pengguna smartphone memiliki akses data yang aman. VPN juga memiliki fungsi untuk menghilangkan blokir situs atau masalah lain yang mengganggu saat sedang mengakses internet. Untuk bisa menggunakan VPN, pengguna bisa menggunakan jasa penyedia VPN yang berbayar namun jika tidak memiliki dana yang mencukupi pengguna tetap bisa memperoleh VPN secara gratis. Namun tetap gunakan VPN yang tepercaya untuk memastikan keamanan data.

Cara Mengamankan Data Penting di Android

Gunakan VPN

  1. Verifikasi Dua Langkah

Saat menggunakan sensor sidik jari, password, PIN, pola untuk mengunci smartphone, pastikan juga untuk memakai verifikasi dua langkah agar tingkat keamanan smartphone lebih aman. Verifikasi ini penting dilakukan agar tidak ada pengguna lain yang bisa membuka aplikasi dengan mudah. Ketika orang lain mencoba membobol akun, maka mereka harus melakukan 2 verifikasi sekaligus.

 

  1. Batasi Layanan Smartphone

Cara Mengamankan Data di Android selanjutnya adalah membatasi akses layanan smartphone. Sering-seringlah untuk mengosongkan cache browser dan juga menjaga konfigurasi browser perangkat Android. Karena virus seringkali menyerang melalui layanan internet, terlebih lagi jika pengguna mengakses internet menggunakan jaringan wifi yang gratis.

Cara Mengamankan Data Penting di Android

Batasi Layanan Smartphone

Baca Juga : Cara Kirim SMS Gratis ke Semua Operator di Android

Demikian tips mengenai Cara Mengamankan Data di Android, semoga informasi ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengamankan data di smartphone Android.