5 Cara Mengamankan Data Facebook dengan Mudah dan Cepat

Cara Mengamankan Data Facebook – Dalam beberapa hari ini Facebook sedang mendapat hal yang kurang baik karena dikabarkan ada kebocoran data milik penggunanya dalam jumlah yang cukup banyak. Data tersebut diduga akan digunakan untuk kepentingan politik dan kabar ini telah membuat pengguna Facebook khawatir jika data mereka akan digunakan tanpa adanya konfirmasi untuk hal – hal yang tidak baik. Kemudian muncul sebuah himbauan dengan hastag #DeleteFacebook yang muncul di dunia maya, hal ini terjadi bukan tanpa alas an karena keamanan data kini memang tengah menjadi sorotan besar di era informasi saat ini. Lalu bagaimana cara mengamankan data facebook dari pihak yang tidak bertanggung jawab? Simak berikut cara mudah dan cepat untuk membuat data di Facebook menjadi lebih aman.

 

Berikut 5 Langkah Cara Mengamankan Data Facebook dengan Mudah dan Cepat

 

Unduh Seluruh Data

Facebook memiliki fitur untuk dapat mem-backup semua data dengan caranya yang mudah. Di bagian pojok kanan atas terdapat opsi untuk memunculkan menu, kemudian lanjutkan dengan memilih menu setting. Langkah selanjutnya adalah menuju halaman “General Account Setting” dan temukan pilihan “Download a Copy”, dimana tombol ini memiliki fungsi untuk menyimpan (unduh) semua data dan juga aktivitas pengguna selama di Facebook.

Cara Mengamankan Data Facebook

Facebook Detekno

Setting Menu Privasi

Pada halaman setting terdapat menu “privacy”,  disini pengguna dapat mengatur siapa saja yang akan dapat melihat profil yang dimiliki. Pengguna juga bisa mengatur siapa saja yang dapat mengirim permintaan pertemanan, melihat daftar pertemanan, dan juga melihat koleksi foto pribadi. Lakukan dengan cara menekan menu “edit” pada bagian sisi kanan dan aturlah sesuai dengan keinginan.

Cara Mengamankan Data Facebook

Setting Privasi

Mengubah Opsi Linimasa dan Penandaan

Facebook juga memiliki pengaturan agar penggunanya dapat memilih siapa saja orang yang bisa melihat segala kegiatan pengguna tersebut. Disini terdapat beberapa pilihan yakni untuk linimasa dan penandaan. Pada menu linimasa, pengguna bisa mengatur siapa saja teman yang akan bisa melihat seluruh isi postingan. Sementara pada menu penandaan, pengguna bisa mengubah sesuai keinginan siapa saja teman yang dapat memberikan tanda (tag) pada postingannya.

 

Cek Aplikasi Pihak Ketiga yang Aktif

Kabar bocornya 50 juta data milik pengguna Facebook dikarenakan oleh aplikasi dari pihak ketiga. Namun ada cara untuk mengantisipasinya, caranya juga cukup mudah yakni pada halaman setting di bagian bawah terdapat tombol apps (aplikasi). Dengan mengklik tombol tersebut, pengguna dapat melihat aplikasi apa saja yang bisa mengakses data – data pribadi. Cobalah sesekali untuk memeriksa aplikasi tersebut dengan teliti dan matikanlah aplikasi yang terlihat mencurigakan serta.

 

Baca Juga : Lebih Bagus Spesifikasi Samsung Galaxy S9 Plus atau Galaxy S9? Tentukan Ingin Pilih yang Mana

Cara Mengamankan Data Facebook

Hapus Akun Facebook

Hapus Facebook

Cara mengamankan data facebook selanjutnya adalah dengan cara menghapus akun secara permanen. Cara ini cukup mudah, masuk pada menu “setting” kemudian teruskan dengan memilih “download a copy of your Facebook data”. Setelah itu lanjutkan dengan klik tombol “delete my account” namun sebelum itu pastikan untuk membackup seluruh data terlebih dahulu.

Sumber : Tekno Kompas