Punya Data Penting di HP Android, Ini 5 Cara Mengamankannya

Detekno.com – Tidak dipungkiri bahwa ponsel adalah salah satu perangkat elektronik yang banyak digunakan masyarakat. Hampir semua orang memiliki ponsel. Keberadaan ponsel sekarang ini bukan hanya digunakan untuk berkomunikasi. Karena seiring dengan berkembangnya teknologi, smartphone memiliki banyak fungsi mulai dari mengambil foto, video, berkirim file, video call dan lain sebagainya. Bahkan, tak sedikit dari masyarakat yang menggunakan ponsel Android untuk menyimpan data-data penting.

Sayangnya, sekarang ini pengguna Android dihadapkan pada serangan virus yang menyebabkan hilangnya data pada ponsel. Bagi kamu yang tidak ingin mengalaminya, tentunya harus mengetahui apa saja Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu. Saat ponsel hilang atau terkena virus, hal penting yang pastinya sangat dipikirkan penggunanya adalah data-data yang ada di dalam ponsel.

Ponsel bisa dibeli lagi, tapi saat data-data dalam ponsel hilang dan tidak ada file backup nya, tentu hal tersebut menjadi masalah yang serius. Apalagi jika data tersebut penting karena berkaitan dengan urusan kantor. Saat ponsel dicuri oleh orang lain, tentunya kamu berharap data yang ada di dalamnya tidak bisa dibuka atau diambil juga oleh si pencuri bukan? Seperti yang diketahui, ada banyak sekali data yang sering disimpan oleh pengguna Android di ponselnya mulai dari password akun penting, data media sosial, foto, video dan lain sebagainya. Mengingat betapa pentingnya data-data tersebut, maka sudah seharusnya kamu mengetahui bagaimana caranya untuk mengamankan semua data yang ada di ponsel Android. Penasaran? Inilah ulasan mengenai Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu.

Cara Mengamankan Data di Hp Android

Cara Mengamankan Data di Hp Android

Beberapa Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu
1. Mengunci Aplikasi Perangkat Android
Cara pertama yang bisa kamu lakukan adalah dengan mengunci aplikasi yang ada di dalam ponsel. Saat ini, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengunci aplikasi Android, baik menggunakan pihak ketiga atau pengaturan default pada ponsel.

Semua ponsel Android sekarang ini, dilengkapi dengan berbagai jenis password mulai dari fitur sidik jari, PIN, smartlock, pola dan lain sebagainya. Dengan menerapkan proteksi tersebut, tidak akan ada yang bisa membuka aplikasi ponsel tanpa seizin kamu. Selain mengunci aplikasi, kamu juga bisa melindungi pesan, kontak, dan data penting lain dalam smartphone Android.

2. Enkripsi Perangkat Android
Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu yang kedua adalah dengan menggunakan enkripsi perangkat Android. Banyak pengguna Android yang memang ingin menjaga data ponselnya agar tidak jatuh ke tangan orang yang tidak bertanggungjawab. Bagi kamu yang belum tahhu, Enkripsi adalah metode pengamanan yang berguna untuk menyimpan data dengan baik dalam bentuk yang hanya dapat dibaca oleh kamu yang memiliki kredensial tepat.

Menggunakan enkripsi ini maka kamu bisa melindungi data jika seandainya ponsel kesayangan kamu hilang atau dicuri. Cara enkripsi ponsel ini juga sangat mudah, bahkan bisa dilakukan oleh siapa saja. Caranya adalah kamu buka ponsel dan masuk ke menu Settings. Lalu kamu pilih opsi Security option dan klik Encrypt phone option. Kini, data dalam ponsel kamu sudah terlindungi.

3. Gunakan VPN
Menggunakan VPN adalah salah satu Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu yang juga banyak diaplikasikan oleh para pengguna smartphone Android. Virtual Private Network atau VPN adalah teknologi canggih yang dapat memberikan pengguna smartphone memiliki akses data yang nyaman dan aman. Dalam hal ini, VPN juga memiliki fungsi untuk menghilangkan semua ancaman, blokir situs, atau masalah lain yang mengganggu kamu saat mengakses internet.

Untuk mengamankan data perangkat Android, tentu tidak ada salahnya jika kamu menggunakan VPN. Untuk bisa memanfaatkan VPN, kamu bisa menggunakan jasa penyedia VPN yang berbayar. Tidak memiliki dana yang mencukupi? Kamu tetap bisa memperoleh VPN client secara cuma-cuma alias gratis. Tapi yang harus kamu ingat adalah selalu gunakan VPN yang tepercaya dan kredibel. Karena pada dasarnya, keamanan data Android kamu harus tetap terjaga.

4. Aktifkan Verifikasi Mode Dua-Langkah
Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu selanjutnya adalah dengan mengaktifkan verifikasi mode dua langkah. Saat menerapkan sidik jari, password, nomor PIN, atau hal lain guna mengunci smartphone kamu, pastikan jika kamu memakai verifikasi dua langkah agar tingkat keamanan ponsel lebih terjamin.

Verifikasi ini sangat penting agar tidak ada pengguna lain yang bisa membuka aplikasi atau media sosial kamu dengan mudah. Verifikasi dua langkah ini bisa kamu terapkan pada semua akun aplikasi yang terhubung dengan Akun Google. Jadi ketika ada orang lain mencoba membuka akun kamu, maka mereka harus mengisi verifikasi 2 langkah sekaligus password.

5. Batasi Layanan Ponsel
Cara Mengamankan Data di Hp Android Kamu yang bisa dilakukan selanjutnya adalah membatasi akses layanan ponsel. Banyak Security Expert yang menyarankan para pengguna smartphone untuk melakukan pembatasan terhadap layanan yang dianggap tidak dibutuhkan.

Selain itu, kamu juga harus lebih sering mengosongkan cache browser serta menjaga konfigurasi browser perangkat Android. Karena seperti yang diketahui, virus seringkali menyerang melalui layanan internet. Apalagi jika kamu mengakses internet menggunakan jaringan wifi gratis. Jika kamu suka berbelanja online, pastikan jika situs tersebut benar-benar tepercaya. Jangan mudah mengisi email dan password di website yang tidak kredibel atau tidak jelas.

Bagaimana? Cara Mengamankan Data di Hp Android  kamu sangat mudah bukan? Sekian ulasan kali ini. Semoga data ponsel kamu selalu aman yah.