Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator di Ponsel Baru

Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator – Autentikasi multi-faktor dengan aplikasi pengautentikasi adalah salah satu cara terbaik untuk mengamankan akun secara online, namun ada kekurangannya. Salah satunya adalah terkunci dari akun jika kehilangan akses ke kode pengautentikasi karena kehilangan atau sekadar mengubah dari satu ponsel ke ponsel lain. Ini tidak hanya merepotkan pengautentikasi Microsoft, tetapi juga untuk banyak aplikasi pengautentikasi lainnya termasuk Google Authenticator yang membuat hampir tidak mungkin untuk memulihkan kode. Selalu ada sedikit pembersihan rumah yang diperlukan sebelum dapat memulihkan kode otentikasi dari Microsoft Authenticator. Ada tiga bagian utama dari proses tersebut yaitu Mengaktifkan pencadangan Cloud, menghapus sesi Microsoft Authenticator yang ada, lalu Pemulihan akun. Jadi mari simak Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator berikut ini :

 

Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator di Ponsel Baru

 

Langkah 1: Siapkan Cloud Back-up untuk Microsoft Authenticator

Ini adalah sesuatu yang perlu dilakukan saat  mulai menggunakan Microsoft Authenticator karena dari cadanganlah  akan dapat memulihkan semua akun. Jika membaca ini dan sudah kehilangan akses ke aplikasi pengautentikasi (ponsel lama) sebelum menyiapkan cadangan Cloud, maka sayangnya, harus memulihkan akun secara manual dan menyiapkan autentikasi 2 faktor lagi. Akan lebih mudah jika menyimpan salinan kode pemulihan yang biasanya ditawarkan oleh penyedia akun saat menyiapkan otentikasi multi-faktor. Jika tidak memiliki kode pemulihan, jangan khawatir masih dapat memulihkan akun dengan mengikuti prosedur yang disediakan oleh masing-masing penyedia akun, layanan yang berbeda memiliki prosedur yang berbeda untuk memulihkan akun.

Jika cukup beruntung karena masih memiliki aplikasi pengautentikasi lama dengan kodenya, berikut ini cara menyiapkan cadangan cloud:

 

 

Untuk pengguna Andriod :

  1. Operasi ini mengharuskan ponsel menjalankan Android 6.6.0 atau yang lebih baru.
  2. Juga diharuskan memiliki akun Microsoft pribadi. Ini digunakan untuk menyimpan backup di cloud.
  3. Buka menu aplikasi dari sudut kanan atas dan klik Pengaturan
  4. Arahkan ke bagian Backup dan aktifkan Cloud backup dengan mengaktifkan tombol sakelar.
  5. Konfirmasikan akun Pemulihan yang ditampilkan oleh alamat email.
  6. Setelah mengaktifkan backup cloud, backup akan selalu disimpan ke akun.
Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

Pengguna Andriod

Untuk pengguna iPhone :

  1. IPhone yang menjalankan iOS 5.7.0 atau lebih baru
  2. Akun iCloud, bukan akun Microsoft, yang akan digunakan untuk penyimpanan
  3. Buka menu aplikasi dari sudut kanan atas dan buka Pengaturan aplikasi
  4. Arahkan ke bagian Cadangan dan aktifkan pencadangan Cloud dengan mengaktifkan tombol sakelar.
  5. Akun iCloud yang akan digunakan sebagai akun Pemulihan

catatan : kode yang dicadangkan dari iPhone tidak dapat dipulihkan dari ponsel Android atau sebaliknya. Untuk kasus seperti itu, sobat perlu memulihkan akun secara manual dari masing-masing penyedia akun.

Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

Pengguna iPhone

Langkah 2: Menghapus Sesi Microsoft Authenticator yang Ada

Memulihkan kode dari akun Microsoft mengharuskan tidak ada ponsel lain yang aktif dengan akun. Ini berarti sobat tidak dapat memiliki dua ponsel yang menjalankan akun Microsoft Authenticator seperti pada beberapa aplikasi pengautentikasi lainnya. Jika sobat tidak menghapus akun dari ponsel sebelumnya, cadangan akan diganti dengan data ponsel baru yang berarti sobat akan kehilangan semua akun yang ada di ponsel lama.

Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghapus sesi apa pun yang ada di Akun :

Untuk pengguna Android :

  1. Berikan kredensial otentikasi (email dan kata sandi) di halaman login
  2. Di halaman yang memerlukan verifikasi dengan aplikasi Microsoft Authenticator, klik Masuk dengan cara lain
  3. Ini akan menampilkan alternatif lain seperti menggunakan nomor telepon atau alamat email yang terkait dengan akun.

    Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

    Verifikasi

  4. Bergantung pada alternatif apa yang pilih, kode verifikasi akan dikirim ke email atau nomor telepon yang kemudian dapat digunakan untuk masuk ke akun.
  5. Setelah masuk, buka halaman akun Microsoft dan arahkan ke bagian perangkat untuk mengelola perangkat yang terhubung ke akun.

    Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

    Pilih perangkat

  6. Identifikasi ponsel lama dari halaman Perangkat, klik menu perangkat, lalu Batalkan tautan ponsel ini.
  7. Selain itu, buka halaman Keamanan akun, navigasikan ke Opsi keamanan Lainnya dan matikan otentikasi dua faktor

 

Untuk pengguna iPhone :

  1. Buka iCloud.com
  2. Buka aplikasi Find iPhone

    Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

    Find iPhone

  3. Klik Semua Perangkat dari bilah atas dan pilih iPhone lama dengan aplikasi Microsoft Authenticator. Jika iPhone tidak ada di daftar perangkat, maka iPhone telah dihapus dari akun, jadi sobat tidak perlu melakukan apa-apa, lewati sisa bagian ini dan lanjutkan ke bagian pemulihan dalam panduan.
  4. Ketuk Hapus iPhone, selesaikan wizard penghapusan dan kemudian klik Hapus dari Akun

 

Langkah 3 : Memulihkan Kode di Microsoft Authenticator

Karena tidak akan ada konflik apa pun antara cadangan cloud lama dan baru karena ponsel sebelumnya dihapus, akun tersebut sekarang siap untuk pemulihan.

  1. Unduh Microsoft Authenticator dari Google Play Store atau App store
  2. Jangan masuk ke akun Microsoft ketika diminta untuk melakukannya di layar selamat datang aplikasi, Klik Lewati saja
  3. Lewati semua layar berikutnya hingga mencapai layar seperti yang ditunjukkan di bawah ini, tempat akan memulai proses pemulihan.
  4. Klik mulai pemulihan dan berikan kredensial akun (kredensial Microsoft untuk pengguna Android dan kredensial iCloud untuk pengguna iPhone)

    Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator

    Add Account

  5. Ikuti melalui wizard pemulihan, dan setelah pemulihan selesai akan melihat semua akun sobat yang ada tercantum di aplikasi.

 

Memulihkan Kode untuk Bekerja atau Sekolah
Memulihkan akun kantor atau sekolah mungkin memerlukan verifikasi tambahan karena ponsel sebelumnya terkait dengan akun organisasi. Akun organisasi yang perlu diperbaiki akan menampilkan kesalahan “Diperlukan Tindakan”

  1. Ketika mengklik akun, itu akan menampilkan pesan bahwa sobat perlu memindai kode QR yang disediakan oleh penyedia akun.
  2. Hubungi orang di organisasi yang bertanggung jawab dan dapatkan akses ke kode QR yang kemudian harus dipindai untuk menyelesaikan penyiapan akun organisasi.

Meskipun pemulihan kode verifikasi dimungkinkan, penting untuk menyimpan salinan kode pemulihan yang disediakan oleh penyedia akun saat menyiapkan autentikasi multi-faktor. Mereka dapat sangat membantu jika sobat tidak dapat mengakses cadangan cloud karena alasan tertentu, misalnya sobat Detekno tidak sengaja menghapus cadangan atau kehilangan ponsel sebelum menyiapkan cadangan Cloud. Semoga informasi Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator dapat bermanfaat dan selamat mencoba Cara Memulihkan Kode Microsoft Authenticator sobat!