Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud – Mac menawarkan lebih banyak fungsionalitas jika telah menghubungkannya dengan iCloud. Tanpa iCloud, ada banyak sekali fitur dasar yang tidak dapat digunakan seperti FaceTime, iMessage, iCloud Drive, dan masih banyak lagi. Dalam beberapa kasus, saat pengguna mencoba masuk ke akun iCloud mereka, mereka mendapatkan pesan kesalahan “Mac Ini tidak dapat terhubung ke iCloud karena ada masalah dengan alamat email”. Selain itu, pesan kesalahan membawa mereka ke jendela preferensi iCloud di mana meskipun beberapa berhasil masuk ke akun mereka, untuk yang lain, masalahnya tetap sama. Berikut telah Detekno rangkumkan beberapa cara yang bisa sobat coba mengenai Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud :

 

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

 

Alih-alih pesan kesalahan yang dinyatakan sebelumnya, mereka hanya ditampilkan pesan kesalahan “Terjadi kesalahan yang tidak diketahui”. Sekarang, menyelesaikan kesalahan seperti itu bisa sangat melelahkan dan sulit karena masalahnya dapat disebabkan oleh begitu banyak faktor berbeda. Oleh karena itu, karena alasan ini, ada berbagai cara berbeda yang sebenarnya dapat dilakukan untuk mengatasi kesalahan, jadi menentukan penyebab pastinya menjadi sulit. Meskipun demikian, kami telah menyusun daftar penyebab potensial yang sering menjadi penyebab di balik pesan kesalahan yang akan kami sebutkan di bawah ini. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai:

  • Keychains – Salah satu alasan mengapa sobat menghadapi kesalahan ini adalah karena kunci di Mac. Mereka digunakan untuk menyimpan kata sandi serta berbagai hal dan karenanya dapat menyebabkan masalah dengan login iCloud. Dalam skenario seperti itu, menghapus Keychains harus memperbaiki masalah.
  • Incorrect Date and Time – Alasan lain mengapa sobat tidak dapat masuk ke iCloud mungkin karena tanggal dan waktu di Mac. Jika tanggal dan waktu di sistem salah, kemungkinan koneksi ditolak oleh server iCloud sehingga tidak dapat masuk.
  • iCloud Configuration Files – Ternyata, file konfigurasi disimpan di sistem untuk hampir semua hal. Seringkali masalah disebabkan oleh file konfigurasi yang rusak yang dapat menjadi kasus juga. Menghapus file konfigurasi akan memperbaiki masalah dalam kasus seperti itu.

Sekarang setelah mengetahui kemungkinan penyebab masalah, mari membahas berbagai solusi yang dapat diterapkan untuk memperbaiki masalah. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, masalah ini dapat disebabkan oleh banyak alasan berbeda, jadi pastikan untuk melalui semua metode yang terdaftar untuk menyelesaikan masalah dengan cepat.

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Metode 1 : Keluar dari Aplikasi dan Nyalakan Ulang Mac
Dalam beberapa kasus, masalah dapat disebabkan oleh aplikasi yang dijalankan di latar belakang. Dalam kasus seperti itu, sobat dapat dengan mudah menyelesaikan masalah dengan menutup semua aplikasi yang berjalan dengan menekan tombol CMD + Q. Ini menutup aplikasi yang aktif sehingga harus melakukannya untuk semua aplikasi. Setelah menutup semua aplikasi, selanjutnya  dapat mencoba masuk lagi untuk melihat apakah itu berfungsi. Jika itu tidak berhasil maka harus memulai ulang Mac dan kemudian mencoba masuk setelah masuk ke Desktop. Ini telah berhasil untuk berbagai pengguna lain.

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Keluar dari Aplikasi dan Nyalakan Ulang Mac

Metode 2 : Hapus Keychains
Ternyata, Keychain pada dasarnya adalah sistem manajemen kata sandi yang telah dikembangkan dan diterapkan oleh Apple untuk macOS. Apa yang sebenarnya dilakukannya itu menyimpan berbagai jenis data yang terdiri dari kata sandi, sertifikat, kunci pribadi, dan banyak lagi. Dalam beberapa kasus, alasan  tidak dapat masuk ke iCloud dapat disebabkan oleh Kunci yang tersimpan di Mac, oleh karena itu, harus menghapusnya. Ini sepenuhnya aman untuk dilakukan dan tidak akan berdampak apa pun. Namun, sebelum kita mulai, melakukan ini akan menghapus semua sandi, jadi tidak ada salahnya untuk menuliskan sandi yang tidak ingat. Jika tidak, harus mengatur ulang nanti. Karena itu, ikuti instruksi di bawah ini untuk menghapus Keychains.

  • Pertama-tama, buka Finder lalu buka Go> Go to Folder dari bilah menu.
  • Di kotak dialog yang muncul, salin dan tempel ~ / Library / Keychain / lalu tekan Enter atau cukup klik Go.
  • Di folder Rantai Kunci, dapat melakukan dua hal. Salah satunya adalah menghapus semua file yang benar-benar akan menghilangkan kata sandi. Kedua, bisa memindahkan file ke tempat lain dan kemudian restart Mac.
  • Setelah melakukan itu, coba masuk lagi untuk melihat apakah masalah telah teratasi.

 

Metode 3 : Periksa Tanggal dan Waktu
Memiliki tanggal dan waktu yang salah di Mac dapat menyebabkan beberapa masalah dengan aktivitas online. Seringkali server menolak koneksi karena pengaturan tanggal dan waktu yang salah. Jadi, jika waktu atau tanggal tidak disetel dengan benar, pastikan memperbaikinya lalu coba lagi. Untuk mengubah tanggal dan waktu di Mac, cukup buka Apple> Preferensi Sistem> Tanggal dan Waktu. Dari sana, sobat dapat mengubah pengaturannya.

 

Metode 4 : Hapus File Konfigurasi iCloud
Hal lain yang dapat menyebabkan masalah muncul adalah file konfigurasi iCloud di mesin Mac. Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya, dalam beberapa kasus, file konfigurasi mungkin rusak karena tidak dapat masuk ke akun iCloud dengan benar. Ini telah dilaporkan berfungsi oleh pengguna lain yang menghadapi masalah serupa. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menghapus file konfigurasi:

  • Pertama-tama, buka Finder dan kemudian pergi ke Go> Go to Folder dari menu bar.
  • Kemudian, di kotak dialog, ketik atau salin dan tempel ~ / Library / Application Support / iCloud / Accounts / path, lalu klik tombol Go.
  • Di folder Akun, pindahkan file ke lokasi lain pilihan. Jika telah menyalin file, sobat dapat menghapus file di folder Akun.
  • Kemudian, reboot Mac dan periksa apakah masalah telah teratasi.

 

Metode 5 : Hapus centang Layanan iCloud
Terakhir, jika metode di atas tidak berhasil, ada satu hal terakhir yang dapat dicoba. Ini kemungkinan besar akan memperbaiki masalah. Itu dilaporkan oleh pengguna yang metode di atas tidak berjalan dengan baik. Yang harus dilakukan adalah menghapus centang layanan iCloud dari preferensi sistem dan kemudian keluar. Setelah selesai melakukannya, masuk kembali dan harus melakukannya dengan baik. Untuk menghapus centang layanan, buka Apple> Preferensi Sistem. Kemudian, di jendela preferensi sistem, buka saja pengaturan iCloud dan akan dapat melihat daftar layanan yang tersedia. Hapus centang semuanya, keluar. Terakhir, masuk kembali.

Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud

Hapus centang Layanan iCloud

Demikian informasi mengenai tutorial bagaimana Cara Memperbaiki Mac Tidak Dapat Terhubung ke iCloud yang bisa sobat Detekno coba lakukan sendiri dengan mudah dan aman. Semoga informasi ini dapat bermanfaat dan nantikan artikel menarik kami berikutnya 🙂