Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen

Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen – Jika Mac Sobat menolak untuk boot dan macet di layar putih, Sobat tidak sendirian. Masalah ini telah menjangkiti banyak pengguna di masa lalu dan masih terus berlanjut. Pada dasarnya, setiap kali Sobat mencoba untuk mem-boot Mac Sobat, itu macet di layar putih dan karenanya Sobat tidak dapat masuk ke desktop atau menggunakan laptop sama sekali. Masalah dapat muncul secara acak, artinya tidak terbatas pada satu skenario tertentu yang menyebabkan masalah tersebut. Untuk beberapa, masalah dimulai setelah melakukan peningkatan sistem operasi sementara yang lain bermasalah saat menginstal perangkat lunak pihak ketiga di komputer mereka.

Karena itu, ada beberapa alasan yang diketahui dari masalah yang telah dilaporkan oleh pengguna lain. Kami akan membahas kemungkinan penyebab ini secara mendetail di bawah sehingga Sobat memiliki pemahaman yang lebih baik tentang apa yang berpotensi menyebabkan masalah dalam kasus Sobat. Namun, dalam beberapa skenario, masalah Sobat mungkin tidak berkorelasi dengan penyebab yang disebutkan di bawah ini, tetapi yakinlah, Sobat mungkin akan memperbaikinya setelah mencoba berbagai metode yang akan kami cantumkan. Jadi, tanpa basa-basi lagi, mari kita mulai tips bagaimana Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen.

 

Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen

 

Metode 1 : Cabut External Hardware

Sebelum kita masuk ke metode yang jauh lebih rumit dan kompleks, hal pertama yang harus Sobat lakukan adalah mencabut perangkat eksternal apa pun yang terhubung ke Mac Sobat. Seringkali periferal ini menyebabkan masalah tertentu dan Mac Sobat, akibatnya, mendapat masalah. Jadi, sebelum Sobat mencoba metode lain yang akan kami sebutkan di bawah ini, lanjutkan saja dan cabut apa pun yang terhubung kecuali keyboard, mouse, dan semua hal penting lainnya yang diperlukan untuk boot. Setelah Sobat selesai melakukannya, reboot sistem Sobat dan lihat apakah itu memperbaiki masalah. Jika Mac melakukan boot kali ini, itu berarti salah satu periferal yang terhubung menyebabkan masalah.

Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen

Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen

Metode 2 : Boot via Safe Boot

Mode aman adalah fitur yang banyak digunakan untuk memecahkan masalah ketika penyebab sebenarnya tidak diketahui. Dengan bantuan boot yang aman, Sobat dapat memutuskan apakah masalah yang Sobat hadapi disebabkan oleh perangkat lunak pihak ketiga yang Sobat miliki di sistem atau apakah itu adalah sesuatu yang lain. Apa yang dilakukan boot aman adalah itu benar-benar memulai Mac Sobat tanpa perangkat lunak pihak ketiga yang berjalan dan hanya hal-hal dasar yang diperlukan untuk OS untuk boot. Ikuti instruksi di bawah ini untuk memulai Mac Sobat dalam mode aman:

  1. Pertama-tama, pastikan Mac Sobat dimatikan.
  2. Setelah itu, nyalakan Mac Sobat dengan menekan tombol daya sambil menahan tombol Shift pada keyboard Sobat.
  3. Kemudian, setelah Sobat melihat logo Apple di layar, lepaskan tombol Shift.
  4. Ini akan membuatnya boot ke mode aman.
  5. Jika Mac Sobat berhasil melakukan boot, itu berarti ada sesuatu di Mac Sobat yang menyebabkan masalah. Kami akan merekomendasikan untuk membuang item apa pun yang mungkin Sobat miliki di Sampah serta memastikan Sobat memiliki cukup ruang di disk Sobat. Ini sangat membantu saat Sobat mencoba melakukan pembaruan / peningkatan sistem operasi.

 

Metode 3 : Gunakan GPU Terintegrasi

Ternyata, dalam beberapa kasus, GPU Mac bisa menjadi penyebab yang menyebabkan laptop tidak bisa boot dengan benar. Ini telah dilaporkan oleh berbagai pengguna dan ada solusi mudah untuk ini. Pada dasarnya apa yang harus Sobat lakukan adalah memaksa Mac menggunakan GPU terintegrasi dengan memanaskan GPU utama.

 

Metode 4 : Gunakan Utilitas Disk

Saat itu terjadi, terkadang kerusakan pada file atau disk yang buruk dapat menyebabkan Mac tidak bisa boot dengan benar dan macet di layar putih. Dalam kasus seperti itu, sering kali berguna untuk menjalankan utilitas disk yang mencari kesalahan apa pun di disk Sobat dan kemudian mencoba memperbaikinya. Ikuti petunjuk di bawah ini untuk menjalankan utilitas disk :

  1. Pertama-tama, pastikan Mac Anda dimatikan.
  2. Sekarang, Anda harus menyalakan Mac Anda sambil menahan tombol Command dan R pada keyboard Anda sampai Anda melihat logo Apple di layar.
  3. Harap dicatat bahwa ini berfungsi untuk Mac yang menjalankan versi 10.7 atau yang lebih baru. Jika Anda memiliki model yang lebih lama, Anda dapat menggunakan opsi Pemulihan Internet yang dapat diakses menggunakan tombol Command + Option + R. Seperti namanya, Anda harus memiliki akses internet saat menggunakan ini agar berfungsi.
  4. Jika Anda telah melakukannya dengan benar, Anda seharusnya dapat melihat jendela utilitas Mac di layar Anda.
  5. Di sana, pilih Disk Utility dan kemudian pilih hard drive Anda. Terakhir, klik opsi Pertolongan Pertama untuk memulai proses pemeriksaan dan perbaikan.

    Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen

    Mac Stuck di White Screen

 

Metode 5 : Setel ulang NVRAM atau PRAM

NVRAM atau PRAM adalah sejumlah kecil memori yang menyimpan pengaturan berbeda di Mac Sobat. Ada berbagai kasus di mana masalah disebabkan oleh lokasi memori ini dan karenanya mengatur ulang sering kali memperbaiki beberapa masalah. Ini telah berhasil untuk beberapa pengguna sehingga mungkin berhasil untuk Sobat juga. Instruksinya sama untuk NVRAM atau PRAM. Ikuti langkah-langkah yang disediakan di bawah ini:

  1. Pertama-tama, matikan Mac Sobat lalu saat menyalakannya, tekan dan tahan tombol Option + Command + P + R.
  2. Pastikan Sobat menahan tombol yang disebutkan saat mendengar suara startup.
  3. Sekarang, pegang terus hingga Mac dimulai ulang lagi. Jangan lepaskan tombol sampai Sobat mendengar suara startup.
  4. Setelah Sobat melakukannya, Sobat dapat melepaskan kunci.

 

Bagaimana sobat apakah informasi mengenai bagaimana Cara Memperbaiki Mac Stuck di White Screen diatas sudah cukup jelas dan membantu? Semoga artikel Detekno kali ini dapat bermanfaat dan bisa membantu menyelesaikan permasalahan sobat pada perangkat Mac, terimakasih telah berkunjung dan nantikan artikel menarik kami berikutnya !