Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10 – MS Teams adalah produk andal yang ditawarkan oleh Microsoft seperti layanan lainnya tetapi pengguna telah melaporkan bahwa Microsoft Teams tidak dapat mendeteksi kamera atau jika kamera berfungsi, masih tidak akan tersedia untuk add-on, sehingga tidak mungkin untuk bergabung konferensi video. Tidaklah salah untuk menyimpulkan bahwa ini adalah masalah perangkat keras, tetapi dalam situasi seperti ini, sebagian besar bukan. Masalah ini sangat membuat frustasi karena membatasi pengguna untuk menggunakan platform dengan kebebasan penuh. Kamera tampaknya berfungsi dengan baik saat diuji di luar aplikasi MS Teams tetapi audiens yang terhubung dalam rapat MS Teams tidak dapat melihat layar kamera pengguna. Ini menciptakan pengalaman yang tidak menguntungkan bagi pengguna akhir karena secara langsung memengaruhi pekerjaan mereka. Berikut tutorial bagaimana Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10.

 

Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

 

Solusi 1: Konfigurasi Pengaturan Video MS Teams

Ada kemungkinan besar bahwa pengaturan video MS Teams Anda tidak dikonfigurasi dengan benar, yang berarti Webcam atau Perangkat Kamera Anda tidak dipilih di bawah pengaturan video MS Teams. Ini terjadi terutama ketika tim MS gagal untuk menginisialisasi pengaturan perangkat Windows saat permulaan. Ini adalah kasus banyak pengguna online dan masalah mereka teratasi setelah mereka mengkonfigurasi pengaturan video MS Teams dengan benar. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Klik Mulai, cari Microsoft Teams di bilah pencarian, dan buka.
  • Klik kiri pada Avatar Anda lalu klik Pengaturan. Ini akan membawa Anda ke jendela yang berisi semua pengaturan yang terkait dengan Tim MS, yaitu Umum, Privasi, Pemberitahuan, dll.
  • Klik Perangkat dan pilih Webcam Terhubung atau Perangkat Kamera di bawah opsi Kamera. Perangkat webcam Anda siap digunakan oleh MS Teams sekarang.
  • Konfirmasikan dengan pratinjau bahwa kamera berfungsi. Sekarang bergabunglah atau buat konferensi video untuk menguji webcam Anda secara praktis dengan aplikasi.
Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

Solusi 2: Izinkan Akses Kamera untuk Aplikasi Windows

Sebagaimana dibahas dalam penyebabnya, aplikasi MS Teams membutuhkan akses kamera bersama dengan akses mikrofon untuk memungkinkan pengguna membuat konferensi audio / video dengan audiens yang terhubung. Aplikasi MS Teams atau aplikasi Windows apa pun tidak akan dapat mengakses perangkat kamera jika Windows tidak mengizinkannya. Oleh karena itu, kami akan mengaktifkan pengaturan privasi untuk perangkat kamera sehingga memiliki izin yang diperlukan untuk mengaktifkan kamera di aplikasi yaitu MS Teams. Untuk mengaktifkan pengaturan dengan benar, ikuti langkah-langkah berikut:

  • Klik Mulai, ketik Pengaturan, dan buka. Ini akan membuka jendela yang berisi semua pengaturan utama untuk Windows 10 yaitu Privasi, Aplikasi, Akun, dll.
  • Klik Privasi. Ini akan membawa Anda ke jendela yang berisi semua pengaturan terkait privasi, yaitu Akses Aplikasi, Token Situs Web, dll.
  • Klik Kamera> aktifkan opsi Izinkan aplikasi mengakses kamera Anda. Ini akan memungkinkan Windows untuk mengizinkan aplikasi Windows Store menggunakan perangkat kamera Anda. Meskipun, Anda masih dapat mengelola izin kamera secara manual untuk aplikasi individual dalam daftar di bagian bawah layar yang sama.
  • Demikian pula, gulir ke bawah dan aktifkan Izinkan aplikasi desktop mengakses opsi kamera Anda. Ini akan memungkinkan Windows untuk mengizinkan aplikasi desktop menggunakan perangkat kamera Anda, misalnya MS Teams, Web Browser, dll.
  • Sekarang luncurkan aplikasi MS Teams dan lakukan panggilan percobaan.
Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

Kamera Error

Solusi 3: Daftarkan Ulang Perangkat Kamera (Windows PowerShell)

Seperti dibahas dalam penyebabnya, terkadang Windows mungkin gagal mengenali perangkat yang baru dicolokkan. Ini mungkin karena kegagalan driver atau perangkat tidak terdaftar dengan benar sebagai perangkat Windows di bawah perangkat, yang pada akhirnya menyebabkan masalah yang sedang dipertimbangkan. Oleh karena itu, kami akan mendaftarkan ulang perangkat kamera menggunakan Windows PowerShell. Solusi ini terbukti bermanfaat bagi banyak pengguna online. Ikuti langkah ini:

  • Tekan tombol Windows + X bersamaan di keyboard Anda dan pilih Windows PowerShell (Admin). Windows PowerShell adalah alat Windows yang berfokus pada otomatisasi tugas dan manajemen konfigurasi untuk Windows dan aplikasinya.
  • Salin-tempel perintah berikut di Windows PowerShell dan tekan Enter. Ini akan memulai Windows untuk pertama-tama membuang perangkat kamera sepenuhnya dan kemudian mendaftarkannya kembali dengan berhasil menyelesaikan semua proses yang diperlukan untuk memasang perangkat kamera. Prosedurnya mungkin memakan waktu, jadi tunggu sampai selesai.
  • Dapatkan-AppxPackage -allusers Microsoft.WindowsCamera | Foreach {Add-AppxPackage -DisableDevelopmentMode -Register “$ ($ _. InstallLocation) \ AppXManifest.xml”}
  • Setelah selesai, tutup Windows PowerShell dan luncurkan aplikasi MS Teams dan lakukan panggilan percobaan.
Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10

Kamera Error di Windows 10

Solusi 4: Instal Ulang Driver Kamera

Jika solusi di atas tidak berhasil untuk Anda maka itu karena versi driver yang gagal, diinstal pada komputer Anda untuk perangkat kamera Anda. Dalam solusi ini, kami akan menghapus pengandar yang rusak saat ini dan kemudian mengizinkan Windows untuk secara otomatis mencari & menginstal pengandar terbaru untuk perangkat kamera Anda dari internet. Ini membantu banyak pengguna online karena kegagalan driver paling umum terjadi di periferal. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Tekan tombol Windows + X bersamaan di keyboard Anda dan pilih Device Manager. Seperti namanya, pengelola perangkat adalah alat Windows yang digunakan untuk mengelola semua perangkat Windows.
  • Pilih Perangkat Kamera Anda di bawah Pencitraan / Perangkat kamera, klik kanan dan pilih Copot pemasangan perangkat. Ini akan membuka prompt yang bertujuan untuk memberikan opsi uninstall untuk perangkat kamera Anda.
  • Pilih Uninstall dan klik OK. Ini akan memulai proses pencopotan pemasangan. Mungkin butuh waktu jadi tunggu sampai selesai.
  • Setelah selesai, klik Action dan pilih Scan for hardware changes. Sekarang Windows akan mendeteksi perangkat kamera Anda yang terhubung, mencari dan menginstal driver terbaru dari internet.
  • Tutup Device Manager dan mulai ulang PC Anda.
  • Sekarang luncurkan aplikasi MS Teams dan lakukan panggilan percobaan.

 

Solusi 5: Izinkan Izin Perangkat Kamera (Browser Web)

Jika Anda menggunakan MS Teams melalui browser web, kamera Anda mungkin tidak berfungsi karena akses perangkat kamera Anda tidak diaktifkan di browser web Anda. Sembilan puluh persen pengguna menyelesaikan masalah ini dengan mengizinkan situs web Microsoft Teams menggunakan perangkat kamera dari pengaturan privasi Browser Web. Ikuti langkah-langkah yang diberikan di bawah ini:

  • Klik Mulai, cari Google Chrome dan buka.
  • Klik pada Sesuaikan & kontrol ikon Chrome (tiga titik) dan pilih Pengaturan. Ini akan membawa Anda ke jendela yang berisi semua pengaturan yang terkait dengan Chrome yaitu Mesin Pencari, Pemeriksaan Keamanan, Privasi dan keamanan, dll.
  • Pilih Privasi dan keamanan> Pengaturan Situs. Ini akan membuka pengaturan izin perangkat untuk halaman web.
  • Klik pada opsi Mikrofon di bawah Izin.
  • Salin-tempel URL situs web berikut di bilah pencarian di sudut kanan atas, tekan Enter dan pilih tautan yang dicari di bawah bagian Izinkan. Ini akan membantu kami mengonfigurasi izin & pengaturan privasi khusus untuk situs web MS Teams.
  • Sekarang di bawah Izin, pilih opsi Izinkan untuk Kamera. Situs web MS Teams telah diberi izin untuk menggunakan perangkat kamera Anda untuk input video.
  • Buka MS Teams di Google Chrome, berikan kredensial login Anda, dan bergabunglah atau buat rapat untuk menguji kamera Anda.

 

Sekian informasi mengenai bagaimana Cara Memperbaiki Kamera Error di Windows 10, semoga artikel Detekno kali ini dapat bermanfaat dan membatu. Selamat mencoba sobat!