Cara Membuka Kunci HP Samsung, Lupa Kata Sandi Password!

Cara Membuka Kunci HP Samsung – Pasti ada yang pernah mengalami atau orang yang ada di sekitar sobat juga pernah mengalami ponsel yang terkunci karena lupa password, biasanya hal ini dapat terjadi karena keisengan orang lain yang memang disengaja. Bagi yang baru saja terkunci ponselnya pasti akan panik karena mungkin saja memiliki data-data penting pada ponsel tersebut yang belum di backup dan khawatir data tersebut tidak dapat terselamatkan.

Namun bukan Android kalau tidak bisa melakukan sesuatu yang canggih, dan disinilah kehebatan dari OS Android. Pada sistem operasi ini terdapat fitur dan aplikasi khusus untuk melacak dan menemukan kembali ponsel Samsung yang hilang.

Mengaktifkan password pada smartphone adalah hal yang sangat penting untuk dilakukan. Selain untuk menjaga keamanan data pribadi, mengunci ponsel baik dengan sandi maupun pola keamanan juga menghindarkan ponsel dari tangan jahil yang tidak bertanggung jawab.

Mungkin bagi beberapa orang menganggap cara membuka ponsel yang terkunci itu susah untuk dilakukan, namun jangan khawatir karena pada artikel kali ini Detekno akan rangkumkan Cara Membuka Kunci HP Samsung dengan mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Simak tutorial selengkapnya di bawah ini :

 

Cara Membuka Kunci HP Samsung, Lupa Pola, Kata Sandi, Password!

 

  1. Gunakan Android Device Manager

Android memiliki layanan keamanan yang membuat pengguna bisa mengontrol HP Samsung dari jarak jauh, layanan tersebut adalah Android Device Manager. Saat lupa password, maka sobat bisa menggunakan Android Device Manager. Gunakan browser di ponsel lain bisa milik teman atau bisa juga dengan menggunakan browser komputer untuk mengakses layanan Android Device Manager.

Caranya cukup mudah, sobat masuk saja ke akun Google yang sama pada HP Samsung yang terkunci. Selanjutnya buka tautan Android Device Manager, dan nanti akan muncul tiga pilihan yakni Ring (Deringkan), Lock (Kunci Perangkat), dan Erase (Hapus). Jika sobat lupa kata sandi, maka pilihlah opsi Lock atau Kunci.

Setelah klik opsi Lock, langkah selanjutnya adalah memasukkan kata sandi baru yang akan menggantikan pola keamanan, PIN, atau password yang telah dilupakan. Disini sobat Detekno hanya perlu memasukkan password baru sebanyak dua kali untuk mengonfirmasi pilihan. Selanjutnya klik Lock dan tunggulah sebentar setelah itu HP Samsung sobat yang tadi terkunci akan bisa di buka dengan password baru.

 

Cara Membuka Kunci HP Samsung

Android Device Manager

  1. Pakai Samsung Find My Mobile

Cara kedua untuk membuka HP Samsung yang terkunci adalah dengan menggunakan layanan milik Samsung yaitu Find My Mobile. Cara memakainya, pertama kamu buka link Find My Mobile dari browser, kemudian login ke akun Samsung. Namun perlu diingat, cara ini hanya bisa dilakukan jika sobat sudah pernah registrasi akun Samsung. Dan jika sobat belum melakukan registrasi maka cara ini tak dapat digunakan.

Cara Membuka Kunci HP Samsung

Samsung Find My Mobile

Untuk yang sudah melakukan proses registrasi ke akun Samsung, langsung saja klik tombol Lock My Screen di panel sebelah kiri. Kemudian masukkan PIN baru dan klik tombol Lock. Tunggu kurang lebih satu atau dua menit, kemudia sandi pengunci layar dapat dirubah ke PIN baru yang bisa dipakai untuk membuka HP Samsung yang terkunci.

 

  1. Gunakan Forgot Pattern

Fitur Forgot Pattern atau lupa pola ini bisa digunakan jika OS Android HP Samsung adalah Android 4.4 ke bawah. Jika saat salah memasukkan pola keamanan atau sandi sebanyak 5 kali berturut-turut pada HP Samsung yang menjalankan Android 4.4 ke bawah, maka nanti akan muncul sebuah pesan berisi “Coba lagi dalam 30 detik”.

Jika melihat pesan tersebut muncul, maka langkah selanjutnya adalah tap pada opsi “Forgot Pattern” yang ada di bagian bawah layar. Selanjutnya akan diminta untuk memasukkan detail akun Google. Masukkan akun Google dan password yang sobat gunakan. Nantinya Google akan mengirimkan email ke yang telah diisi tadi dengan berisikan pemberitahuan bahwa pola keamanan yang terpakai pada HP Samsung tersebut. Google juga memberikan opsi agar pengguna bisa mengubah pola keamanan lagi.

 

  1. Lakukan Factory Reset

Jika seluruh cara di atas tidak bisa dilakukan, ada satu cara terakhir untuk membuka kunci HP Samsung yang oasti akan berhasil, yakni melakukan Factory Reset. Namun perlu diketahui, jika melakukan Factory Reset maka seluruh data yang tersimpan di HP Samsung akan hilang. Sangat disarankan sebelum melakukan proses ini, sobat backup terlebih dahulu seluruh data yang ada di dalam HP Samsung tersebut.

Caranya untuk masuk ke Recovery Mode pada HP Samsung bervariasi, namun cara yang umum digunakan untuk masuk ke Recovery Mode adalah dengan mematikan HP Samsung terlebih dahulu kemudian menyalakannya dengan menekan tombol variasi tombol Power, home dan tahan volume bawah secara bersamaan. Selanjutnya, akan HP Samsung tersebut akan memasuki Recovery Mode.

Cara Membuka Kunci HP Samsung

Cara Membuka Kunci HP Samsung

Setelah masuk Recovery Mode, lanjutkan dengan memilih opsi Wipe Data / Factory Reset. Kemudian, tekan tombol daya untuk memilihnya. Saat proses selesai, pilih opsi Reboot System Now dan HP Samsung pun akan kembali dalam keadaan baru, seperti pengaturan pabrik.

 

Cara ini sangat sederhana dan tidak rumit sehingga bisa dilakukan dengan mudah bagi seluruh pengguna ponsel Samsung. Demikian informasi mengenai Cara Membuka Kunci HP Samsung yang telah Detekno rangkumkan agar HP Samsung yang terkunci dapat terbuka dan bisa digunakan lagi. Semoga informasi mengenai tips membuka kunci HP Samsung ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Membuka Kunci HP Samsung yang lupa password sehingga tidak bisa terbuka. Selamat mencoba sobat dan semoga berhasil!