Cara Membuka File RAR di Android Secara Mudah


Detekno.com – Cara membuak file RAR di Android memang sangat mudah, karena sobat deteknokers cukup mengunduh aplikasi tertentu di Google Play Store untuk mengekstrak file Rar ataupun Zip yang sobat dapatkan. Namun bagi orang awam tentu akan kebingungan apabila mereka menerima file dengan format RAR dan harus membukanya memakai smartphone Android. Oleh karena itu kali ini detekno.com akan memberikan tutorial singkat mengenai cara membuka file Rar di Android agar sobat deteknokers tidak perlu lagi repot-repot memindahkan file rar yang sobat dapatkan ke laptop ataupun komputer. Langsung saja mari kita simak informasinya dibawah ini.

Cara Membuka File RAR di Android

Cara Membuka File RAR di Android

Cara Membuka File RAR di Android

1. Unduh Aplikasi RAR di Google Play Store

Yang pertama harus sobat lalkukan adalah mengunduh aplikasi bernama “RAR” yang tersedia gratis di Google Play Store. Owh ya, pastikan aplikasi yang sobat unduh merupakan buatan developer RARLAB (published by win.rar GmbH), karena aplikasi ini merupakan aplikasi RAR paling simple dan paling mudah di gunakan. Menariknya lagi ukuran aplikasi ini cuma 4.4 mb, namun fungsionalitasnya sangat luar biasa, karean sobat bisa mengekstrak beragam format seperti RAR, ZIP, TAR, GZ, BZ2, XZ, 7z, ISO, dan ARJ. Selain itu, aplikasi ini juga bisa menciptakan file berformat RAR dan beragam format lainnya.

2. Buka Aplikasi RAR

Setelah aplikasi RAR berhasil sobat unduh, sobat tinggal membukanya apabila ingin mengekstrak file rar ataupun zip yang sobat dapatkan. Seperti yang sobat lihat diatas, tampilan antar muka aplikasi ini memang simple, sehingga membuatnya mudah digunakan. Nah untuk cara kerjanya sendiri sama persis dengan aplikasi Winrar yang sering kita pakai di komputer, karena sobat cukup membuka file rar yang dapatkan lalu mengekstraknya dengan mudah. Adapun cara membuka file Rar di Android tersebut adalah sebagai berikut

3. Pilih File RAR yang Ada Di Smartphone

Car Membuka File Rar di Android

Gambar diatas merupakan tampilan aplikasi RAR yang sudah sobat unduh. Terlihat kami memiliki beberap file RAR yang akan di ekterkak. Nah untuk caranya sendiri cukup gampang, sobat cukup menek menekan beberapa detik file RAR yang sobat miliki, lalu akan muncul dialog box yang berisi perintah untuk mengekstrak file RAR secara langsung (Extract Here), dan perintah (Extract Files) untuk memilih lokasi folder yang dipakai untuk menyimpan hasil ekstrak file RAR yang sobat miliki.

Car Membuka File Rar

Selain cara diatas, cara membuka file RAR di Android yang kedua adalah dengan terlebih dahulu membuka file RAR yang sobat miliki, lalu pilih file yang akan sobat ektrak dengan memberikan check list seperti yang sobat lihat pada gambar diatas. Kemudian sobat klik icon tombol anak panah keatas, lalu akan muncul perintah seperti gambar dibawah ini.

Car Membuka File Rar Android

Sobat bisa langsung menekan tombol “OK” agar file bisa RAR yang sobat miliki bisa langsung dibuka. Atau menentukan terlebih dahulu lokasi folder dengan menekan tombol “Destination Path”. Bagaimana, cukup mudah bukan ?. Jadi sobat tak perlu lagi bingung-bingung apabila harus membuka file RAR atau ZIP di smartphone Android, karena sobat cukup mengunduh aplikasi yang tersedia gratis di Google Play Store dan bisa mengekstraknya langsung di smartphone Android yang sobat miliki.

Baca Juga : 5 Cara Mengetahui Baterai HP Drop Lebih Mudah

Selain aplikasi RAR Adroid yang kami rekomendasikan diatas, sebenarnya masih ada banyak aplikasi serupa yang mempermudah sobat dalam membuka file Rar di Android, seperti WinZip, Easy Unrar, AndroZip, Rar Extractor, dan masih banyak lagi lainnya. Tinggal sobat pilih salah satunya yang sobat anggap paling muda dan paling simple. Nah itulah informasi Cara membuka File Rar di Android yang bisa kami sampaikan kali ini, semoga informasi diatas bermanfaat bagi sobat deteknokers.


Advertisement