5 Tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan Cepat

Detekno.com – Terkadang banyak pengguna smartphone yang kurang memperhatikan tentang kotak masuk yang ada pada e-mail. Karena hal tersebut akhirnya kotak masuk akan penuh dengan banyak pesan yang tidak dibuka. Nyatanya membersihkan kotak masuk pada e-mail membutuhkan waktu yang lama.  Namun jangan khawatir, Detekno akan memberikan tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan cepat.

5 Tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan Cepat

5 Tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan Cepat

Kotak Masuk Gmail

Temukan Pesan Penting

Hal yang terpenting pada saat membersihkan e-mail adalah dengan memilah dimana pesan yang penting dan yang tidak penting. Untuk menemukannya pengguna dapat mengetikkan kata “is:important” (menggunakan tanpa tanda kutip) di kolom menu pencarian. Setelah itu tekan tombol Enter dan kemudian Gmail akan menampilkan pesan e-mail penting yang telah ditandai sebagai pesan penting/important. Dengan cara ini pengguna akan dapat menghapus pesan yang lain dengan mudah.

 

Hapus Pesan Lama

Seharusnya pesan lama dan tidak dibutuhkan lagi harus rutin dihapus. Namun dengan menghapus pesan maka pengguna harus mencari pesan pada kotak masuk secara satu persatu. Hal ini tentu akan membutuhkan waktu yang  lama. Menghapus pesan lama dapat dilakukan dengan cara yang mudah yaitu dengan mensortir tanggal, pengguna hanya perlu mengetik kata “after:”, “before:”,”older_than:” atau bisa juga “newer_than:” (tidak pakai tanda kutip) dan diikuti dengan tanggal (tahun/bulan/tanggal). Contohnya seperti “after:2017/12/1” , disini akan menyaring pesan yang masuk setelah tanggal 1 Desember 2017. Pesan yang telah difilter dengan cara tersebut dapat langsung dihapus sekaligus dengan memilih Select All, dan jika sudah terseleksi maka bisa langsung tekan button Delete.

 

Stop Berlangganan Newsletter

Pasti ada pengguna yang menggunakan e-mailnya untuk daftar akun seperti marketplace ataupun web pencarian lowongan kerja. Portal tersebut biasanya akan sering mengirim pesan newsletter melalui e-mail pengguna secara berkala atau biasa disebut spam. Hilangkan masalah ini dengan cara ketik “label:^unsub” untuk menampilkan e-mail yang berasalkan dari newsletter. Pilih opsi untuk berhenti langganan newsletter dengan memilih “unsubscribe” disamping alamat e-mail si pengirim.

5 Tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan Cepat

5 Tips Cara Membersihkan Kotak Masuk Gmail dengan Cepat

Hapus Lampiran Ber-size Besar

Beberapa dari pengguna memilih menghapus e-mail yang memiliki ukuran besar karena hal tersebut akan menghabiskan kapasitas yang tersedia pada ruang e-mail. Untuk menyaring e-mail yang memiliki size besar pengguna dapat mengetikkan perintah “size:” dengan diikuti ukuran minimum (satuan byte). Contohnya seperti ketik “size:20000000” atau “size:20M”.

 

Mencari File foto atau Document

Seringnya mengirim foto atau dokumen dengan e-mail yang tak langsung disimpan/ diunduh akan mempersulit pada saat mencarinya karena pesan akan tenggelam karena e-mail lainnya.  Untuk mencari file tersebut (contohnya JPG, PDF atau DOC), pengguna dapat mengetik “filename:” diikuti dengan jenis file yang dicari, contohnya seperti “filename:jpg” atau bisa juga “filename:pdf”.

 

Baca Juga : Cara Mengembalikan Foto Yang Terhapus Di Android