Cara Melacak HP Lenovo yang Hilang, Temukan Dalam 5 Menit!

Cara Melacak HP Lenovo yang Hilang – Kehilangan ponsel Lenovo kesayangan pasti akan membuat bingung dan juga sedih. Hal itu bisa terjadi karena HP yang terselip, terjatuh ketika berkendara, ataupun bisa jadi karena dicuri orang lain. Pasti ada yang pernah mengalami atau orang yang ada di sekitar sobat juga pernah mengalami kehilangan smartphone. Bagi yang baru saja kehilangan ponsel pasti akan panik karena mungkin saja memiliki data-data penting yang belum disimpan atau khawatir data tersebut dimiliki oleh orang lain dan disalahgunakan.

Namun bukan Android kalau tidak bisa melakukan sesuatu yang canggih, dan disinilah kehebatan dari OS Android. Pada sistem operasi ini terdapat fitur dan aplikasi khusus untuk melacak dan menemukan kembali ponsel Lenovo yang hilang. Cara kerja dari aplikasi pelacak pada  smartphone android yang harus sobat ketahui yakni aplikasi akan melacak dimana posisi terakhir ponsel Lenovo berdasarkan autentifikasi yang diberikan terhadap akses lokasi. Jadi apabila ponsel Lenovo sudah diaktifkan setting lokasinya, maka secara otomatis Server Google akan melakukan sinkron data melalui Server Google Maps. Nantinya ketika aplikasi pelacak diaktifkan maka kondisi terakhir letak ponsel Lenovo yang hilang akan ditampilkan di peta atau maps tersebut.

Apabila koneksi data tidak aktif maupun Off namun settingan lokasi sudah diaktifkan sebelum ponsel Lenovo hilang, maka pada aplikasi pelacakan akan tetap bisa ditampilkan posisi terakhir ponsel tersebut lengkap dengan lokasinya. Mungkin bagi beberapa orang menganggap cara ini susah untuk dilakukan, namun jangan khawatir karena pada artikel kali ini Detekno akan rangkumkan Cara Melacak HP Lenovo yang Hilang dengan mudah dan dapat dilakukan dengan cepat. Simak tutorial selengkapnya di bawah ini :

 

Cara Melacak HP Lenovo Yang Hilang, Gunakan Tutorial 5 Menit di Bawah Ini!

 

Bagi sobat Detekno yang memiliki ponsel Lenovo dan saat ini sedang galau mencari ponsel yang hilang, terselip, lupa meletakkan dimana, terjatuh di suatu tempat atau hilang karena sebab lainnya, simak saja tutorial berikut ini yang telah Detekno rangkumkan. Ada metode yang bisa dipakai untuk tracking posisi HP Lenovo sobat yang hilang, yaitu dnegan memanfaatkan aplikasi Find My Device.

 

  1. Cara Melacak Hp Lenovo Hilang dengan menggunakan Google Maps dan Akun Gmail

Cara melacak HP Lenovo hilang terutama bagi penggung HP jenis Android, yang pertama adalah dengan memanfaatkan layanan peta Google yaitu Google Maps dan yang pasti aplikasi ini sudah tersedia di dalam perangkat ponsel. Ada beberapa hal yang harus dilakukan untuk melacak HP Lenovo yang hilang, simak langkah-langkahnya di bawah ini:

  • Buka situs berikut ini : com/android/devicemanager atau https://www.google.com/android/find, sobat bisa menggunakan perangkat laptop, tablet, atau ponsel lain untuk membukanya. Selanjutnya lakukan login ke akun Gmail yang sobat miliki.
  • Setelah itu, sobat pilih saja accept sesuai penggunaan bahasa yang sobat gunakan di HP Lenovo.
  • Pada halaman tersebut juga tersedia beberapa pilihan menu fitur seperti memutar suara untuk menderingkan HP, lock atau mengkunci HP Lenovo agar tidak ada orang yang bisa membuka dan juga terdapat perintah untuk menghapus semua konten yang sobat miliki di dalam HP Lenovo tersebut. Bila tidak ada yang dipilih, maka sobat bisa langsung melihat maps untuk melihat keberadaan HP Lenovo milik sobat.
  • Selanjutnya sobat bisa melanjutkan dengan klik Icon GPS pada bagian pojok kanan pop-up. Namun jika ternyata GPS tidak aktif, maka pemilik ponsel tidak akan bisa mendapatkan lokasi. Namun, sobat masih bisa melakukan reset HP Lenovo dengan menekan tombol Erase. Sehingga HP Lenovo milik sobat akan masuk ke pengaturan pabrik dan kemudian akan mengatur GPS untuk kembali menyala.
  • Setelah itu, lokasi HPl Lenovo yang hilang secara otomatis sudah bisa dideteksi. Selanjutnya silakan temukan HP Lenovo sobat yang hilang.

  1. Cara Melacak Hp Hilang Menggunakan Aplikasi Find My Device

Cara Melacak HP Lenovo Yang Hilang kedua adalah dengan menggunakan aplikasi Find My Device. Sebenarnya cara ini sangat mirip dengan cara pertama, namun pada cara ini membutuhkan aplikasi dari pihak ketiga.

  • Download aplikasi Find My Device di Google Play Store.
  • Selanjutnya buka aplikasi tersebut dan lakukan login menggunakan akun layanan Gmail yang sobat miliki.
  • Selanjutnya ponsel Lenovo secara otomatis akan terdeteksi dimana lokasi keberadaannya. com.google.android.apps.adm&hl=en
Cara Melacak HP Lenovo yang Hilang

Cara Melacak HP Lenovo yang Hilang

Selain melacak keberadaan ponsel Lenovo, sobat Detekno juga bisa memanfaatkan fitur ini untuk mengunci ponsel atau membunyikan ponsel yang dilacak untuk sekadar mengetahui letak pastinya atau menakuti pencuri apabila ponsel memang dicuri. Penjelasan fitur itu bisa dilihat di bawah ini.

 

Di menu pertama, sobat bisa melihat informasi lokasi yang menunjukkan keberadaan ponsel Lenovo yang hilang beserta kapasitas baterai yang bertahan dan waktu hp tersebut terakhir dinyalakan. Menu kedua, sobat bisa menggunakan Play Sound untuk memunculkan suara dering pada ponsel Lenovo yang hilang selama lima menit dalam volume maksimum. Menariknya, fitur ini tetap berfungsi meskipun ponsel dalam mode silent. Menu ketiga adalah Lock, proses ini akan mengunci ponsel Lenovo secara otomatis sehingga ponsel tidak bisa lagi diakses oleh orang lain. Sementara itu, menu terakhir adalah Erase yang memungkinkan pemilik ponsel untuk menghapus semua data secara manual, termasuk foto, video ataupun aplikasi.

 

Cara ini sangat sederhana dan tidak rumit sehingga bisa dilakukan dengan mudah bagi seluruh pengguna ponsel Lenovo. Demikian informasi mengenai Cara Melacak HP Lenovo Yang Hilang yang telah Detekno rangkumkan agar ponsel Lenovo yang hilang dapat segera ditemukan. Semoga informasi mengenai tips melacak HP Lenovo ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Melacak HP Lenovo Yang Hilang. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil!