Cara Melacak HP Android Yang Hilang Dengan GPS

Cara Melacak HP Android – Pernahkan terbayangkan dalam benak sobat deteknokers, Hp Android kesayangannya hilang dicuri ataupun terjatuh. Pastinya sobat akan dilanda kegalauan dan kebingungan untuk mencari smartphone Android yang sobat miliki. Namun kali ini sobat tak usah khawatir, karena detekno.com memiliki solusi dan cara paling tepat untuk melacak atau mencari Hp Android yang hilang memanfaatkan GPS yang terpendam didalam smartphone Android.

Mungkin bukan masalah kehilangan Smartphone Android yang menjadi masalah utama, melainkan keamanan data dan privacy yang sobat simpan didalamnya. Yups, setiap pengguna smartphone pastinya memiliki data-data bersifat pribadi yang pantang dilihat orang lain. Untungnya smartphone Android masa kini telah memiliki fitur location access yang terintegrasi dengan akun Google, sehingga tidak perlu lagi memakai aplikasi pihak ketiga untuk melacak HP Android yang hilang.

Asalkan GPS dan fitur Lacation Acess pada Hp Android yang hilang aktif, maka sobat tak perlu khawatir akan data yang tersimpan di dalam Hp Android yang hilang, karena bisa sobat hapus secara otomatis dari kejauhan. Selain itu, sobat juga bisa menentukan dimana lokasi hilangnya Smartphone yang sobat miliki dengan petunjuk peta dari Google Maps. Nah bagi sobat deteknokers yang penasaran bagaimana cara melacak Hp Android yang hilang secara mudah, mari kita simak step by stepnya dibawah ini.

Cara Melacak HP Android Yang Hilang

Cara Melacak HP Android Yang Hilang

Cara Pertama

  1. Langkah yang pertama, pastikan sobat tahu email dan password akun Google yang dipakai pada smartphone yang hilang. Jika sobat tidak tahu, atau bahkan tidak ada akun Google yang terhubung ke smartphone yang hilang, tentu cara melacak Hp Android yang hilang ini tidak akan berguna sama sekali.

    Cara Pertama

    Cara Keedua

  2. Setelah memastikan email dan password yang dipakai pada Hp Android yang hilang, lalu buka website Device Manager pada alamat www.google.com/android/devicemanager, kemudian masukan log-in alamat email dan password menggunakan akun Google yang sudah terhubung dengan smartphone Android sobat deteknokers.

    Cara Kedua

    Cara Ketiga

  3. Setelah berhasil masuk, maka akan muncul poup berisi tipe smartphone yang hilang. Setelah itu sobat tinggal mengklik tanda “location device” seperti pada kolom merah pada gambar diatas. Maka secara otomatis Google Android Device akan mencari lokasi Hp Android yang hilang memanfaatkan GPS pada smartphone sobat deteknokers.

    Cara Ketiga

    Cara Keempat

  4. Jika sobat deteknokers beruntung, maka akan muncul informasi lokasi beserta peta dimana letak Hp Android yang hilang. Namun jangan berharap akan muncul lokasi smartphone yang hilang, apabila pencuri telah melakukan factory riset pada smartphone sobat deteknokers.

    Cara Keempat

    Cara Kelima

  5. Selanjutnya bagi sobat deteknokers yang tidak mendapatkan informasi lokasi, namun merasa smartphone Android yang hilang masih berada disekitar rumah akan tetapi dalam keadalan silent. Maka sobat bisa menekan tombol “Ring/Dering” yang otomatis akan membuat smartphone berbunyi selama 5 menit walaupun dalam posisi silent.

    Cara Kelima

    Cara Keenam

  6. Google menyediakan fitur sangat penting pada layananan Android Device managar milikinya yaitu fitur “Enable Lock & Erase”. Apabila fitur tersebut diaktifikan maka sobat bisa memilih fitur “Lock” untuk mengunci smartphone secara otomatis dengan password dan pesan singkat beserta nomer telepon yang bisa dihubungi.

    Cara Keenam

    Cara Ketujuh

  7. Nah diatas merupakan tampilan yang muncul pada smartphone sobat yang hilang. Akan 2 opsi untuk membukanya, yang pertama lewat panggilan telepon, lalu yang kedua dengan cara memasukan passoword yang sudah dimasukan pada fitur “Lock” diatas.

    Cara Ketujuh

    Cara Kedelapan

  8. Inilah fitur paling keren dari Android Device Manager, yaitu fitur “Erase” yang otomtias akan menghapus seluruh isi data pada Hp Android yang hilang. Apabila fitur ini diaktifikan, maka seluruh data pada smartphone akan terformat secara permanent.

Nah itulah cara melacak HP Android yang hilang dengan GPS. Cara mencarinya cukup mudah bukan, dan pastinya sobat deteknokers bisa melakukannya untuk menyelamatkan smartphone yang hilang tercuri atau terjatuh. Sekarang tak perlu lagi khawatir akan data yang tersimpan pada smartphone yang hilang, karena secara otomatis sobat deteknokers bisa menghapusnya atau menguncinya dengan password yang sobat tentukan pada pengaturan Device Manager.

Baca Juga : 5 Tips Mempercepat Google Chrome Pada Android

Sebenarnya masih ada beberapa cara melacak Hp Android yang hilang, namun rata-rata lewat aplikasi pihak ketiga. Sementara cara yang kami sampaikan diatas, merupakan fitur yang tersedia otomatis pada smartphone Android, dan disediakan secara gratis oleh Google selaku pencipta sistem operasi Android. Nah sekian dulu informasi detekno.com kali ini, semoga informasi cara melacak Hp Android yang hilang diatas bermanfaat dan bisa menjadi referensi sobat deteknokers.


Advertisement