Cara Hard Reset Lenovo, Tips Kembalikan Ponsel Ke Kondisi Awal

Cara Hard Reset Lenovo – Mungkin beberapa dari sobat Detekno sudah ada yang paham mengenai “Hard Reset” namun juga ada yang belum mengerti tujuan dan maksud dari hard reset.  Pada artikel kali ini, Detekno akan membahas mengenai bagaimana cara melakukan hard reset pada ponsel Lenovo. Hard reset sendiri adalah proses dimana sistem akan mengembalikan ponsel ke pengaturan awal/pengaturan pabrik. Dengan mereset ponsel maka semua data yang ada di dala ponsel seperti file dokumen, foto, video, kata sandi, akun, kontak, dan file yang tersimpan akan dihapus.

Proses hard reset ini perlu dilakukan jika ponsel Lenovo tiba-tiba berjalan lambat, sering mengalami restart/mati secara tiba-tiba atau bisa digunakan untuk membuka ponsel yang terkunci karena lupa kata sandi. Nah solusi atas permasalahan yang sebagian besar sudah disebutkan di atas adalah dengan melakukan Factory Reset atau Hard Reset. Proses ini akan mengembalikan semua pengaturan ponsel ke posisi awal sehingga kondisi ponsel akan kembali dalam keadaan baru seperti kondisi awal pada saat ponsel baru dibeli.

Bagi beberapa pengguna ponsel Lenovo mungkin pernah ada yang mengalami masalah ponsel yang tiba-tiba crash terlebih lagi jika ponsel tersebut sudah lama digunakan. Beberapa penyebab ponsel Lenovo mengalami masalah bisa jadi karena kesalahan pada saat melakukan install aplikasi, terkena virus, ada aplikasi yang benturan sehingga force close, error dan akhirnya bootloop. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Hard Reset.

Untuk melakukan proses “Factory Reset” terdapat banyak cara yang bisa dilakukan, salah satunya dapat dilakukan dengan melalui menu Backup dan Reset yang sudah tersedia di menu pengaturan HP Lenovo, atau juga bisa melalui kode rahasia pada dial pad, dan bisa melalui proses Recovery Mode dengan menekan tombol kombinasi. Bagi sobat Detekno yang ingin melakukan factory reset, maka sebaiknya lakukan backup / pindahkan data yang terseimpan di dalam memori internal HP Lenovo ke laptop, komputer, flashdisk, kartu memori eksternal (SD Card) atau ke tempat penyimpanan lain seperti komputer atau Cloud. Proses back up bertujuan agar data yang tersimpan di dalam memori internal ponsel tidak ikut terhapus dan jika proses factory reset atau hard reset telah selesai dilakukan maka sobat bisa mengembalikannya lagi ke memori penyimpanan ponsel tersebut seperti semula. Berikut tutorial Cara Hard Reset Lenovo November 2018 :

 

Cara Hard Reset Lenovo Semua Tipe, Kembalikan Ponsel Ke Kondisi Awal dengan Mudah!

 

Sebelum melakukan hard reset ada salah satu hal yang harus sobat Detekno perhatikan dan cek terlebih dahulu yaitu kondisi baterai yang tersisa pada HP Lenovo. Pastikan bahwa setidaknya ponsel tersebut masih memiliki kapasitas baterai 50%. Hal ini bertujuan untuk menghindari kegagalan proses hard reset yang disebabkan karena baterai habis pada saat proses hard reset sedang berlangsung.

 

  1. Hard Reset HP Lenovo Melalui Menu Pengaturan

Cara pertama yang paling mudah untuk melakukan hard reset ponsel Lenovo yakni melalui menu pengaturan. Namun sebelum melakukan proses ini pastikan telah melakukan backup / memindahkan data yang ada di dalam memori internal ponsel ke tempat penyimpanan yang lebih aman seperti pada laptop , flashdisk, atau microSd card. Tutorial Factory Data Reset selengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Pertama cari dan buka menu “Settings atau Pengaturan“.
  • Selanjutnya pilihlah menu “Buat Cadangan dan Setel Ulang Perangkat“.
  • Nantinya akan muncul beberapa menu pilihan, cari dan klik menu “Kembali Ke Pengaturan Pabrik“.
  • Kemudian lanjutkan dengan memilih “OK/Yes” untuk mengkonfirmasi proses tersebut.
  • Secara otomatis HP Lenovo akan melakukan restart.
  • Proses reset ini mungkin akan membutuhkan waktu sekitar 2 sampai 5 menit.
  • Tunggu hingga menyala dan HP Lenovo bisa digunakan kembali.
  • Selesai.
Cara Hard Reset Lenovo

Cara Hard Reset Lenovo Factory Data Reset

  1. Hard Reset Lenovo Melalui Recovery Mode dengan Kombinasi Tombol

Recovery Mode adalah menu yang disediakan oleh penyedia perangkat smartphone untuk memberikan akses kepada penggunanya dalam melakukan beberapa pengaturan khusus. Contohnya seperti melakukan modifikasi atau instalasi Stock ROM, menghapus partisi kedua memori, melakukan backup dan restore serta melakukan Hard Reset atau Wipe Data. Tutorial Reset Melalui Recovery Mode selengkapnya ikuti langkah-langkah berikut ini:

  • Langkah pertama non aktifkan atau matikan terlebih dahulu ponsel Lenovo yang sobat gunakan.
  • Selanjutnya tekan tombol “Volume Atas + Power” secara bersamaan hingga ponsel Lenovo bergetar.
  • Jika Logo LENOVO telah muncul di layar maka lepaskan kedua tombol tersebut. Kemudian tekan dan tahan lagi tombol power tersebut.
  • Selanjutnya jika sobat sudah masuk pada menu Factory Data Reset maka lepaslah tombol yang tadi sobat tekan.
  • Untuk tombol navigasi, sobat bisa gunakan tombol power atas dan bawah untuk turun dan naik. Sedangkan tombol power untuk konfirmasi pilihan “OK/Yes”.
  • Berikutnya sobat pilih menu “Wipe Data / Factory Reset” dan gunakan volume bawah untuk memilih menu “Yes – Delete all user data” lalu tekan “Tombol Power” untuk mengkonfirmasi pilihan.
  • Tunggu beberapa saat hingga prosesnya penghapusan data pada HP Lenovo selesai.
  • Terakhir, pilih menu “Reboot system now“.
  • Selesai.
Cara Hard Reset Lenovo

Recovery Mode

Jika sobat berhasil mengikuti langkah-langkah diatas, maka seharusnya setelah proses hard reset selesai sobat Detekno akan diminta untuk melakukan beberapa pengaturan awal pada HP LENOVO. Hal tersebut sama persis dengan pengaturan yang sobat lakukan pada saat pertama kali membeli dan mengaktifkan ponsel tersebut.

Cara Hard Reset Lenovo

Cara Hard Reset Lenovo

Cara ini sangat sederhana dan tidak rumit sehingga bisa dilakukan dengan mudah bagi seluruh pengguna ponsel Lenovo. Demikian informasi mengenai tutorial Cara Hard Reset Lenovo yang telah Detekno rangkumkan agar ponsel Lenovo dapat berfungsi kembali dengan lancar. Semoga informasi mengenai tips hard reset ini dapat bermanfaat dan dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Hard Reset Lenovo dengan mudah. Selamat mencoba sobat, semoga berhasil!