Cara Flash Samsung J1, Selesaikan Hardbrick & Softbrick 100% Work!

Cara Flash Samsung J1 – Mungkin beberapa dari pengguna ponsel Samsung J1 ada yang pernah mengalami masalah crash terlebih lagi jika pemakaian ponsel tersebut sudah lama. Penyebab ponsel tersebut mengalami crash atau bootloop karena terdapat kesalahan pada saat melakukan install aplikasi, gagalnya proses root atau salah melakukan pengaturan sistem. Salah satu cara untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan Flashing.

Di berbagai negara Samsung dinekal menjadi salah satu brand smartphone yang memiliki kualitas terbaik. Smartphone yang di produksi oleh perusahaan ini menjadi andalan yang banyak juga diminati oleh warga Indonesia. Ponsel buatan vendor asal dari Korea ini menjadi andalan karena memiliki spesifikasi dan performa yang bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking dan saat ini ponsel Samsung juga bisa dimiliki dengan harga yang terjangkau berkat banyaknya series ponsel yang di tawarkan.

Namun semua ponsel Samsung tidak bisa jauh dari yang namanya error, lemot, lag dan terdapat bug sehingga menyebabkan ponsel tersebut tidak nyaman digunakan. Terkadang juga ada ponsel Samsung yang mengalami bootloop, hardbrick, softbrick, atau intinya ponsel tidak mau hidup dan hanya berhenti di logo Samsung saja. Untuk mengembalikan ponsel Samsung agar bisa hidup dan kembali keadaan semula adalah dengan cara melakukan flashing atau install ulang.

Mungkin bagi sebagian orang tidak mengerti bagaimana cara melakukan flash pada ponsel Samsung dan lebih memilih ke service center atau tukang servis. Namun ada baiknya jika sebagai pengguna ponsel Samsung mengerti bagaimana cara flash agar bisa melakukan sendiri. Caranya juga cukup mudah bahkan untuk pengguna yang baru menggunakan ponsel Samsung. Berikut Cara Flash Samsung J1 untuk mengatasi masalah bootlopp, hardbrick, softbrick yang telah Detekno rangkumkan :

 

Cara Flash Samsung J1, Selesaikan Bootloop, Hardbrick, Softbrick 100% Work!

 

Banyak sekali manfaat yang didapat dari flash, beberapa contohnya seperti untuk mengembalikan kondisi ponsel Samsung J1 ke kondisi semula seperti awal membeli. Selain itu dapat menghilangkan error seperti ponsel yang sering restart sendiri, lag, dan juga lemot. Banyak cara yang bisa digunakan untuk melakukan flash pada ponsel Samsung J1, bisa menggunakan PC atau juga tanpa PC. Jika memilih menggunakan PC maka pastikan untuk mempersiapkan software tambahan seperti Odin. Namun jika memilih flash tanpa PC, tidak banyak yang perlu disiapkan karena melakukan proses flash hanya dengan menggunakan tombol volume dan power. Berikut ini beberapa hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu sebelum melakukan proses flash :

  • Backup semua data / file yang ada dalam ponsel Samsung J1 ke laptop, PC atau SD Card, karena proses flash akan menghilangkan semua data yang ada di dalam ponsel.
  • Siapkan ponsel Samsung J1 yang akan di flash dengan daya baterai minimal 30%.
  • Kabel data.
  • Laptop atau komputer.
  • Samsung USB Driver, cari di google dengan mengetikkan “samsung usb driver official site”. Download software tersebut.
  • Download firmware dengan tipe ponsel Samsung J1. Bisa melalui Sammobile.com atau samsung-firmware.org
  • Gunakan software Odin jika akan melakukan flash di PC.

 

Cara Flash Samsung J1

Samsung J1

Proses Flash Samsung J1

 

  1. Flash Menggunakan Komputer
  • Instal Samsung USB driver yang sudah di download tadi di komputer. Langkah ini berfungsi agar ponsel Samsung J1 terdeteksi di komputer. Namun ada beberapa komputer yang langsung bisa mendeteksi tanpa menginstal software USB Driver.
  • Instal software Odin di komputer, kemudian buka software tersebut.
  • Matikan ponsel Samsung J1 kemudian nyalakan kembali dengan cara menahan tombol Power + Home + Volume Bawah secara bersamaan. Cara ini digunakan untuk masuk ke mode download firmware.
Cara Flash Samsung J1

Cara Flash Samsung J1

  • Setelah masuk ke “mode download” maka lepaskan tombol tadi kemudian pastikan untuk tidak menekan tombol apapun.
  • Nanti akan ada tulisan Warning selanjutnya sahabat Detekno lanjutkan dengan menekan tombol Volume Atas, nantinya jika terdeteksi odin maka akan ada notifikasi yang muncul. Jangan hiraukan notifikasi tersebut dan lanjutkan saja dengan memilih pilihan terisi otomatis.
  • Hubungkan ponsel ke komputer menggunakan kabel data, tunggu hingga ponsel terdeteksi di layar desktop.
  • Jika belum terhubung mungkin ada kesalahan pada kabel data yang digunakan, namun jika sudah terhubung maka lanjutkan dengan mencari firmware yang sudah didownload tadi dan masukkan pada odin.
  • Biasanya file firmware yang terdownload berbentuk rar atau zip, ekstrak dulu file tersebut. Nanti ada file yang ber ekstensi MD5, file dengan ekstensi itulah yang akan ditanamkan pada ponsel Samsung J1.
  • Kembali ke software Odin dan pastikan enable ceklist pada pilihan Auto Reboot, F. Reset Time. Kemudian masukkan firmware hasil download dengan mengklik AP kemudian cari file beresktensi MD5. Jika sudah ketemu kemudian pilih Ok dan Start.
  • Proses flash akan berlangsung. Tunggu proses flash sampai selesai dan ponsel Samsung akan reboot/restart secara
  • Yang perlu sobat Detekno perhatikan adalah panah no.1 wajib muncul seperti pada gambar. Setelah itu pada panah no. 4 klik AP pilih file firmware (700mb) yang telah didownload tadi dan lanjutkan dengan centang bagian options seperti no.2 dan no.3 namun biasanya akan tercentang secara otomatis. Setelah semuanya sama persis seperti gambar diatas, lanjutkan dengan klik “Start” pada bagian no.5 dan proses instalasi akan berjalan.
Cara Flash Samsung J1

Cara Flash Samsung J1 dengan Odin

  1. Flash Samsung J1 Tanpa Komputer
  • Backup semua data / file yang ada dalam ponsel Samsung J1 ke laptop, karena proses flash akan menghilangkan semua data yang ada di dalam ponsel.
  • Simpan firmware/custom rom hasil download ke kartu memori/SD card. Simpan di direktori awal atau tidak usah dimasukkan ke folder manapun. Ingat, firmware yang dimasukkan masih dalam bentuk .Zip atau .Rar. (tidak usah di esktrak).
  • Masukkan kartu memori ke slot di ponsel Samsung J1 kemudian nyalakan ponsel ke dalam mode recovery dengan menekan tombol Power + Volume Bawah + Home secara bersamaan.
  • Masuk ke menu Wipe data/factory reset, kemudian pilih yes. Tunggu proses factory reset selesai. Proses ini bertujuan untuk mengembalikan ponsel ke pengaturan awal.
Cara Flash Samsung J1

Wipe Data Samsung J1

  • Setelah itu kembali ke menu awal dan pilih Instal zip from sd card, cari dan pilih file firmware di sd card yang sebelumnya telah disimpan.
  • Klik yes, dan tunggu proses flashing selesai. Jika sudah selesai maka ponsel Samsung J1 akan reboot/restart dengan otomatis.

Demikian beberapa informasi mengenai Cara Flash Samsung J1 yang sudah Detekno berikan. Cara ini bisa dilakukan sendiri dengan mudah dan cepat untuk membersihkan ponsel Samsung J1 dari masalah yang sering terjadi sepeti bug, sering restart sendiri ataupun lag/lemot. Semoga seluruh informasi diatas dapat dijadikan referensi bagi sobat Detekno yang ingin mengetahui bagaimana Cara Flash Samsung J1 langsung dari ponsel tersebut tanpa menggunakan PC ataupun bisa juga dilakukan dengan menggunakan PC. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba ya sobat!