Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 Melalui Komputer


Detekno.com – Bagi deteknokers yang memiliki Sony Xperia M5 sobat sudah dapat mengupdate ke versi Android Lollipop terbaru. Untuk yang ingin tau caranya sobat dapat simak Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 dibawah ini. Dari sisi preparasi tentunya sangat penting sehingga ada beberapa hal yang memang harus diperhatikan. Jika sobat ingin melakukan Flashing Xperia M5 alangkah baiknya ikuti Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 berikut ini.

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5

1.Preparasi Alat Dan Kebutuhan Flashing
  • Ponsel Xperia M5 dan jangan lupa backup data yang sobat miliki
  • PC Desktop/ bisa juga laptop maupun netbook dengan spesifikasi minimal Intel Pentium 4 berkecepatan 3,6 GHz atau prosesor AMD yang setara, 5 GB ruang bebas hardisk dan RAM 2GB.
  • Charger terlebih dahulu Xperia M5 sampai kapasitas baterai diatas 80%
  • Install Sony PC Companion yang dapat diunduh DISINI
  • Disarankan menggunakan kabel data asli bawaan Sony agar pada saat proses Flashing berjalan lancar
  • Koneksi internet yang stabil. Jika sobat menggunakan modem usahakan kecepatan download berkualitas
  • Kopi dan cemilan sebagai teman menunggu.
2. Cek Ketersediaan Update Langsung Dari Smartphone

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 berikutnya adalah memastikan ponsel yang sobat miliki sudah memiliki support update dari ponsel secara langsung. Caranya cukup mudah yaitu Masuk ke Menu Settings -> Tentang Ponsel dan disitu langsung tertera versi bawaan awal Xperia M5 dimana masih memakai Android Lollipop 5.0 dengan build number 30.0.B.1.33.

Memang update ke Marsmallow Xperia M5 harus melewati Lollipop 5.1 terlebih dahulu sehingga beberapa bug dapat diatasi. Mungkin sebagian dari deteknokers ada yang memang mengalami kendala seperti auto shutdown, semoga dengan Kemudian Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 ini bug sudah dapat diatasi.

Kemudian Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 berikutnya adalah dengan masuk ke menu Software Update. Perlu dicatat bahwa saat sobat membuka menu ini harus ada jaringan internet dari wifi maupun data seluler. Dengan adanya jaringan internet maka secara otomatis update terbaru dapat langsung tampil di layar.

Tahap 1

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 selanjutnya adalah masuk ke menu kanan lalu lakukan refresh. Jika sobat mendapat notififikasi pembaharuan terbaru maka langsung saja install. File yang didownload berkisar 500 MB jadi sobat secara otomatis dapat mengkoneksikanya dengan wifi maupun download dengan kuota. Dan jika setelah direfresh hasilnya nihil maka sobat harus melakukan flashing melalui komputer

Tahap 14

3. Mengaktifkan Developer Option Dan Set USB Debugging Di Ponsel

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 selanjutnya adalah dengan mengaktifkan Developer Option. Developer option sama artinya dengan fitur pengembang yang memang memiliki beberapa fungsi seperti mengetahui Multitouch, kemudian batas maksimal Touch jari maupun usb debugging.

Tahap 4

Untuk menjadi pengembang sobat dapat masuk ke Menu Settings ->Tentang ponsel dan klik build number hingga terdapat notifikasi bahwa sobat sudah menjadi developer. Kemudian sobat dapat klik back lalu masuk ke Developer Option Alias Menu Pengembang. Setelah klik masuk sobat dapat menjumpai Fungsi USB Debugging dan langsung saja touch untuk melakukan ceklis.

Tahap 5

4. Flashing Melalui Sony PC Companion

Buka Sony PC Companion dan Gunakan kabel original Sony untuk menguhubungkanya dengan smartphone. Jangan lupa keadaan sobat harus online melalui wifi ataupun modem. Jika ponsel sudah dihubungkan maka secara otomatis software akan mendeteksi seri dan nomor model serta apkah ada pembaharuan software.

Jika sobat mendapatkan notifikasi update seperti dibawah ini tandanya Xperia m5 yang sobat miliki sudah support update Lollipop 5.1. Langsung saja klik bagian update untuk memulai proses flashing. Oh iya dalam tahap ini jangan lepas kabel USB karena akan mengalami failure.

Tahap 6

Secara otomatis Sony PC Companion akan mendownload support bahasa seperti dibawah ini. Tunggu sejenak hingga muncul notifikasi untuk memulai update. Setelah download support Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 berikutnya adalah dengan klik Accept sehingga proses akan dimulai.

Tahap 7

Deteknokers akan dibawa kedalam menu preparasi alias persiapan dimana ada beberapa ketentuan yang harus dipatuhi. Sony menyarankan kabel USB Original sehingga tak mengganggu dapat proses update firmware ini. Jika sobat sudah siap maka dapat melakukan ceklist dan langsung klik Continue.

Tahap 8

Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 berikutnya sobat akan dibawa kedalam tahap ketiga yaitu update dimana terdapat 2 fase. Fase yang pertama adalah mengunduh firmware ke komputer dan fase kedua mengupdate smartphone. Hal yang perlu diperhatikan pada proses ini adalah kecepatan jaringa. Semakin cepat akses data yang sobat miliki maka secara otomatis proses dapat cepat selesai.

Tahap 9

Jumlah unduhan dapat mencapai 500 – 600 MB jadi memang disarankan menggunakan Wifi yang lebih stabil. Jika sobat terpaksa menggunakan modem maka siapkan kuota yang lebih karena proses yang dijalankan memakan waktu agak lama tergantung kecepatan di tempat sobat tinggal.

Selalu ingat dalam proses ini jangan lepas kabel USB karena secara otomatis akan gagal update. Setelah proses unduhan firmware selesai sobat akan dibawa pada menu dibawah ini. Ini merupakan fase kedua dimana instalasi dilakukan secara offline melalui PC ke smartphone.

Tahap 10

Dan setelah proses update selesai terdapat notifikasi kurang lebih seperti dibawah ini yang menyatakan bahwa Sony Xperia M5 yang dimiliki sudah diupdate ke versi firmware terbaru. Oh ya diatas sudah dikatakan bahwa OS yang diusung adalah Lollipop 5.0 dengan build number 30.0.B.1.33 dan untuk versi terbarunya sudah menggunakan Androin Lollipop 5.1 dengan build number  30.1.B.1.33.

Tahap 11

Setelah sudah sampai proses diatas sobat dapat langsung mencabut kabel USB dan langsung menghidupkan ponsel. Untuk proses bootnya sendiri agak lama jadi sabar lah menunggu sambi ngopi sob. Setelah selesai sobat dapat langsung cek tentang ponselnya apakah versi build dan Androidnya sudah berubah. Kurang lebih tampilannya akan seperti dibawah ini.

Hasil Dari Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5

Hasil Dari Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5

Semoga Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 diatas dapat membantu sobat yang ingin meningkatkan operasi sistem terbaru. Untuk masalah bug kami belum dapat memberikan review kekurangan maupun kelebihan, semoga saja dikesempatan yang akan datang dapat kami ulas tuntas. Jika masih banyak sobat yang merasa kebingunan seputar Cara Flash Lollipop 5.1 Xperia M5 diatas dapat tanyakan langsung di Official Fanspage maupun twiteer detekno.


Advertisement