Cara Cek Keaslian HP Samsung! Pastikan Ponsel Kamu Replika atau Asli?

Cara Cek Keaslian HP Samsung – Samsung adalah salah satu brand smartphone yang hampir dikenal orang semua orang di dunia. Samsung juga menjadi salah satu produk smartphone yang laris dan banyak diminati masyarakat di Indonesia. Ponsel buatan vendor Korea ini menjadi idola karena memiliki spesifikasi dan performa yang bisa diandalkan untuk kegiatan multitasking. Selain itu untuk dapat memiliki ponsel buatan Samsung, kini tidak perlu mengeluarkan banyak biaya karena harga yang ditawarkan cukup terjangkau dengan banyaknya varian ponsel yang tersedia.

Terus meningkatnya produk ponsel buatan Samsung, membuat beberapa pihak untuk memalsukan perangkat ini untuk meraup keuntungan.  yang cukup laris adalah J series karena ponsel ini tidak dibanderol dengan harga yang terlalu tinggi. Saat ini ponsel merk Samsung namun produk KW atau replika yang desainnya terlihat sama dijual dipasar dengan bebas namun dapat dipastikan jika hardware yang digunakan jauh berbeda dengan ponsel Samsung yang asli.

Mungkin bagi beberapa orang merasa bingung untuk mencari tahu bagaimana cara membeli ponsel Samsung yang asli. Banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengecek keaslian suatu ponsel mulai dari membandingkan harga, melihat spesifikasinya, kode IMEI dan masih banyak lagi cara yang bisa dilakukan. Berikut informasi Cara Cek Keaslian HP Samsung yang akan Detekno berikan, simak ulasan selengkapnya berikut ini :

 

Cara Cek Keaslian HP Samsung, Pastikan Ponsel Asli atau Palsu!

 

Produk palsu atau replika memang bisa jadi terlihat sama dengan produk yang aslinya. Hal tersebut bisa dilihat dari desain body maupun softwarenya, namun hal ini akan berbeda dari sisi hardware yang digunakannya. Maka dari itu ketika akan membeli ponsel Samsung pastikan untuk mengeceknya terlebih dahulu secara detail untuk mengetahui apakah ponsel tersebut asli atau tidak. Hal ini tidak hanya berlaku pada merk Samsung saja namun juga untuk semua merk ponsel yang beredar di pasaran. Cek keaslian ponsel Samsung dengan tips dibawah ini :

 

1. Harga

Jika menemukan HP Samsung baru namun dijual dengan harga yang jauh lebih murah, disarankan untuk tidak langsung membelinya. Ada dua kemungkinan sebuah ponsel dijual murah karena barang tersebut ilegal atau palsu (replika). Namun terkadang ponsel replika juga dijual dengan harga yang sama dengan ponsel yang asli. Untuk menghindari hal tersebut ada baiknya untuk membeli ponsel Samsung langsung dari Gallery Samsung atau bisa juga toko yang sudah terpercaya. Biasanya ponsel replika akan dijual secara online, karena calon pembeli tidak bisa melihat langsung kondisi barang tersebut.

Cara Cek Keaslian HP Samsung

HP Samsung Asli vs Palsu

2. Spesifikasi

Cara Cek Keaslian HP Samsung yang kedua adalah dengan melihat spesifikasi. Biasanya ponsel replika dibuat sama persis namun tidak untuk spesifikasinya. Sering kali terdapat perbedaan untuk spesifikasi yang digunakan maka dari itu coba untuk mencari informasi mengenai spesifikasi ponsel Samsung yang akan dibeli setelah itu coba bandingkan. Untuk informasi terpercaya bisa melihat di website resmi Samsung. Jika salah satu spesifikasi tidak sama dengan yang tertera di website maka bisa disimpulkan bahwa ponsel tersebut palsu atau replikau.

Cara Cek Keaslian HP Samsung

Spesifikasi HP Samsung

3. Cek IMEI

Fungsi utama dari kode IMEI adalah untuk identifikasi ponsel namun tidak hanya itu saja, karena kode IMEI juga bisa digunakan untuk pemblokiran ponsel ketika ada yang menyalahgunakan ponsel tersebut. Jadi, apabila ponsel tiba-tiba hilang atau dicuri, maka pengguna bisa segera melaporkan kode IMEI tersebut ke pihak provider untuk dilakukan pemblokiran agar pencuri tidak bisa mengakses ponsel. Fungsi lain dari IMEI adalah untuk mengetahui apakah ponsel yang pengguna miliki tersebut asli atau palsu. Jika ponsel Samsung asli maka nomor IMEI akan tertera dengan jelas dan jika ponsel tersebut palsu maka pada saat dilakukan proses pengecekan nomor IMEI pada ponsel tersebut tidak akan tampil.

Cara Cek Keaslian HP Samsung

Cek IMEI HP Samsung

Cara Cek IMEI pada Ponsel Samsung

a) Melalui Keypad

  • Buka tombol keypad dan tekan kode *#06#.
  • Setelah itu tekan tombol call.
  • Tunggu beberapa saat dan kode IMEI akan segera tampil di layar.
  • Cara Cek IMEI Samsung ini berlaku untuk semua jenis ponsel dengan berbagai tipe.

b) Melalui Setting

  • Pada menu aplikasi, buka menu
  • Kemudian cari menu About Phone.
  • Dan lanjutkan dengan mencari kode IMEI.
  • Setelah mengetahui kode IMEI Samsung, maka bisa melanjutkan dengan mengunjungi website IMEI.info. Situs ini akan menampilkan berbagai info yang lebih rinci mengenai kode IMEI, model ponsel, hingga perusahaan pembuat serta tahun dirilis.

c) Melaui Kotak Handphone (Dus Box)

Cara Cek IMEI Samsung terakhir yang bisa dilakukan dengan mudah adalah dengan melihat nomor IMEI pada kotak dus ponsel. Dus box ponsel ternyata memiliki manfaat yakni untuk mengetahui informasi mengenai IMEI. Pas dus box silahkan cari bagian yang memilki tanda barcode garis untuk melihat serial number IMEI.

 

4. Tes Hardware Ponsel

Cara Cek Keaslian HP Samsung yang terakhir adalah dengan mengetes komponen hardware yang digunakan ponsel tersebut. Coba lakukan pengetesan seperti pada layar LCD, getaran (vibration), sensitivitas (sentuhan) layar, tes kamera, suara speaker, dan juga seperti tampilan warnanya. Ikuti langkah-langkah dibawah ini untuk cara mengecek hardware pada HP Samsung :

  • Tekan *#0*#kemudian Call (tekan tombol telepon).
  • Setelah itu akan muncul beberapa menu yang bisa dicoba.
  • Red, Green, Blue dan Black : untuk mengetes warna primer pada layar.
  • Receiver dan Vibration : untuk mengetes jika ada panggilan dan getaran.
  • Dimming : untuk mengetes apakah layar HP dapat diredupkan atau tidak.
  • Mega cam dan Front cam : untuk mengetes kamera utama dan kamera depan berfungsi dengan baik.
  • Sensor dan Touch : untuk mengecek sensor seperti accelerometer dan touch digunakan untuk mengetes sensitivitas sentuhan pada laya
  • Sub key dan Low frequency : untuk mengetes apakah tombol Menu, Back, Volume, Power dan lain sebagainya bekerja secara normal.
Cara Cek Keaslian HP Samsung

Cara Cek Keaslian HP Samsung

Demikian informasi mengenai Cara Cek Keaslian HP Samsung yang telah Detekno rangkumkan dan cara ini bisa dilakukan dengan mudah, aman dan cepat untuk mengetahui nomor serial IMEI pada ponsel Samsung. Semoga informasi ini dapat dijadikan referensi bagi para pembaca yang ingin mengetahui bagaimana Cara Cek Keaslian HP Samsung. Semoga artikel ini bermanfaat dan selamat mencoba!